9 Tips Aman Solo Traveling ketika Pandemi, Patuhi Prokes Jadi Keutamaan

Sudahkah kamu tahu apa saja tips aman solo traveling ketika pandemi? Jika tertarik untuk mengetahuinya, yuk langsung cek info ter-update nya lewat artikel CekAja di bawah ini.

Solo traveling kini jadi salah satu aktivitas yang paling banyak diminati masyarakat Indonesia.

Hal itu bukan tanpa sebab, mengingat sekarang ini masyarakat masih mengkhawatirkan perihal pandemi Covid-19.

Selama pandemi masih terjadi, mereka menganggap bahwa bepergian dengan banyak orang bukanlah pilihan yang tepat. Apalagi seperti yang kita tahu, wabah virus Corona memiliki tingkat penularan yang cepat.

Daripada mengambil risiko, alangkah baiknya jika masing-masing individu mampu meminimalisir terjadinya penularan, dengan tidak memilih bepergian bersama banyak orang.

(Baca Juga: 10 Perlengkapan yang Wajib Dibawa saat Solo Traveling)

8 Tips Aman Solo Traveling ketika Pandemi

Nah, kalau kamu pun berpikiran lebih baik melakukan solo traveling, maka tak ada salahnya untuk kamu mengetahui tips aman solo traveling ketika pandemi, lewat artikel CekAja berikut ini.

1. Patuhi protokol kesehatan

Pertama, tips aman solo traveling ketika pandemi adalah kamu tetap harus mematuhi semua protokol kesehatan yang ada.

Hal itu tak hanya berlaku saat kamu sudah tiba di destinasi tujuan. Namun juga sebelum keberangkatan pun, kamu wajib mematuhi protokol kesehatan untuk diri sendiri.

Jangan sampai karena terlalu bersemangat untuk traveling, kamu melupakan tugas utamamu untuk melindungi diri dari risiko penyebaran virus Corona.

2. Bepergian dalam kondisi sehat

Meski sebelumnya telah melakukan pemeriksaan berupa test rapid antigen atau PCR, tapi ada baiknya jika kamu tidak menganggap sepele tips aman solo traveling ketika pandemi yang satu ini.

Ya, bepergian ke luar kota dalam kondisi yang kurang fit, justru akan membuat tubuh rentan terhadap segala risiko penyakit, termasuk pula virus Corona.

Sebab, seperti yang kita tahu, virus Corona ini dapat menular kala imun tubuh sedang melemah.

Jadi, jangan pernah menyepelekan kondisi tubuh, meskipun hanya dianggap batuk atau pilek biasa.

3. Wajib melakukan pemeriksaan sebelumnya

Tips aman solo traveling ketika pandemi yang selanjutnya mesti diketahui adalah kamu wajib melakukan pemeriksaan kesehatan.

Pemeriksaan ini berlaku untuk kamu yang bakal bepergian dalam negeri. Adapun ketentuan untuk pemeriksaan kesehatan diantaranya:

  • Perjalanan Udara

Untuk perjalanan udara, kamu wajib menunjukkan hasil negatif dari tes PCR dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam, sebelum keberangkatan.

Untuk hasil rapid test antigen berlaku dalam kurun waktu 2×24 jam sebelum keberangkatan.

  • Perjalanan dengan Kereta Api Antarkota

Untuk perjalanan kereta api antarkota, kamu wajib menunjukkan surat tes PCR atau rapid test antigen yang diambil maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan.

Bisa juga dengan mengandalkan hasil negatif pada tes GeNose C19 sesaat sebelym keberangkatan.

  • Perjalanan dengan Transportasi Darat

Untuk perjalanan transportasi darat, sebaiknya kamu melakukan tes PCR atau rapid test antigen yang diambil dalam kurun waktu 3×24 jam sebelum keberangkatan, atau menunjukkan hasil negatif tes GeNose C19.

  • Perjalanan dengan Transportasi Laut

Wajib menunjukkan surat hasil tes PCR atau rapid test antigen yang diambil dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan, atau menunjukkan hasil negatif tes GeNose C19.

4. Membawa peralatan kebersihan pribadi

Lalu, tips aman solo traveling ketika pandemi yang lainnya, dan wajib diterapkan pada diri sendiri adalah dengan membawa peralatan kebersihan pribadi.

Adanya peralatan kebersihan ini tentu akan sangat berguna kemanapun saat kamu membawanya.

Agar tak harus membeli lagi setibanya di tempat tujuan, usahakan untuk membawa peralatan kebersihan dalam jumlah yang cukup.

Misal, membawa sekotak tisu basah, hand sanitizer dan disinfektan berukuran sedang, serta beberapa masker sekali pakai. Kamu dapat memasukkan semuanya dalam sebuah tas kecil khusus peralatan kesehatan.

5. Membawa perlengkapan individu

Masih seputar tips aman solo traveling ketika pandemi, yang berikutnya adalah mengenai perlengkapan yang semestinya kamu persiapkan sendiri.

Artinya, seperti peralatan makan dan mandi, sebaiknya dibawa memang dari rumah guna mencegah penularan virus dari benda yang rentan dipegang oleh manusia.

Memang sih, biasanya hotel akan menyiapkan kedua peralatan tersebut, tapi untuk berjaga-jaga saja lebih baik gunakan milik pribadi.

Perlengkapan makan maupun untuk mandi ini, dapat kamu persiapkan dulu dari rumah dengan membuat daftar barang bawaan.

Jangan lupa pula untuk selalu membersihkan barang yang digunakan terutama seperti peralatan makan.

(Baca Juga: 11 Tempat Ngabuburit di Jogja Paling Asyik)

6. Selalu menjaga jarak

Tips aman solo traveling ketika pandemi yang keenam adalah mengenai kesadaran kamu untuk terus menjaga jarak saat berada di ruang publik.

Ya, tips yang satu ini enggak boleh disepelekan dan bahkan harus kamu patuhi. Ingat, penularan virus Corona itu rentan terjadi jika kita tidak menjaga jarak, apalagi dengan orang yang tidak dikenal.

Tak hanya menjaga jarak, saat berada di tempat umum, baik indoor ataupun outdoor, usahakan untuk selalu menggunakan masker, kecuali saat kamu akan makan.

7. Memilih destinasi wisata yang aman

Kalau tips aman solo traveling ketika pandemi yang satu ini sih, sudah pasti kamu pahami, bukan?

Ya, saat ingin bepergian, ada baiknya memang untuk memilih destinasi yang tidak terlalu ramai dikunjungi atau wilayah yang masuk zona hijau dan bukan merah.

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk traveling, tentukan terlebih dulu tujuanmu. Lakukan riset sebanyak-banyaknya guna mengurangi risiko penularan Covid-19.

Nah, setelah menentukan tujuan kota yang ingin didatangi, pastikan pula kamu sudah mengetahui akan penerapan protokol kesehatan serta syarat dan ketentuan yang berlaku bagi wisatawan.

8. Selalu menjaga kebersihan tangan dan kenakan masker

Meski sebelumnya kamu dinyatakan negatif saat melakukan tes PCR atau rapid test antigen, namun tetap mematuhi protokol kesehatan pada diri sendiri saat traveling juga penting untuk dilakukan.

Dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti mengenakan masker dan selalu menjaga kebersihan tangan, otomatis kamu enggak hanya meminimalisir penyebaran virus pada diri sendiri, tapi juga bagi orang lain.

9. Kurangi transaksi secara tunai

Tips aman solo traveling ketika pandemi yang terakhir ialah mengenai aktivitas transaksi yang dilakukan.

Seiring dengan campaign cashless yang sudah banyak diterapkan, maka aktivitas seperti itu pun rasanya patut kamu coba, terlebih saat bepergian di masa pandemi.

Dengan mengurangi transaksi secara tunai, maka risiko penularan virus lewat benda yang disentuh akan jauh lebih terminimalisir.

Sebagai gantinya, kamu dapat menggunakan transaksi non-tunai berupa kartu debit, kredit, atau bahkan dompet digital.

Sekarang ini pun, sudah banyak kok restoran maupun pusat perbelanjaan yang menerima transaksi non-tunai.

Meski begitu, kamu pun tetap harus menyiapkan beberapa lembar uang kertas, untuk transaksi yang kemungkinan tidak bisa dilakukan secara digital.

Nah, sebelum memutuskan untuk traveling, persiapkan dulu bujetmu, dan jangan lupa untuk memisahkan mana pengeluaran yang akan dilakukan secara non-tunai dan mana yang secara tunai.

Mau Jalan-jalan Lebih Hemat? Yuk, Gunakan Kartu Kredit!

Itu dia beberapa tips aman solo traveling ketika pandemi, yang bisa CekAja bagikan untuk kamu.

Selain memikirkan rasa aman dari segi kesehatan, kamu juga perlu lho memikirkan keamanan bepergian dari segi finansialmu.

Agar lebih hemat saat traveling, baiknya sih gunakan kartu kredit untuk beberapa transaksi besar seperti membayar tiket transportasi maupun penginapan.

Bukan hanya berlaku untuk bepergian, nantinya kartu kredit pun masih dapat kamu gunakan untuk membeli berbagai kebutuhan sehari-harimu.

Bahkan, penggunaan kartu kredit juga berlaku di saat bank penerbit mengeluarkan beragam promo menarik, yang bisa digunakan di merchant pilihan.

Gimana, tertarik punya kartu kredit? Yuk, langsung saja apply produknya yang sesuai kebutuhan kamu hanya dari CekAja.com.