Tips Anti Stres dan Menjaga Kesehatan Mental Selama di Rumah Aja

4 min. membaca Oleh CekAja on

Pandemi Corona atau Covid-19 telah membuat masyarakat terpaksa menjalani karantina dengan berada di rumah saja selama minimal 2 minggu. Segala kegiatan, mulai dari bekerja, belajar, bahkan berolahraga mesti dilakukan dari rumah masing-masing.

tips aman berolahraga di malam hari

Kondisi itu pun membuat beberapa orang rentan mengalami stres. Hal itu semakin diperparah dengan adanya pandemi Corona yang menimbulkan kepanikan tersendiri bagi masyarakat. Pandemi Corona tidak hanya mampu menyerang kondisi fisik, melainkan juga kesehatan mental seseorang.

Pasalnya, di era digital saat ini informasi tentang pandemi Corona berdatangan bak peluru keluar dari selongsongnya, cepat dan tanpa ampun. Bukan hanya itu, berita-berita palsu atau hoax pun tak kalah cepat berseliweran di media sosial. Hal ini yang kemudian menimbulkan rasa takut dan panik serta berujung pada perasaan gelisah dan stres.

Ada banyak hal lainnya yang bisa menjadi pemicu stres selama berada di rumah aja saat pandemi Corona berlangsung. Selain ketakutan terhadap Corona dan informasi yang simpang siur, stres juga bisa muncul akibat rasa terasing selama karantina, kesedihan karena jauh dari saudara dan teman, serta kecemasan terhadap kebutuhan hidup sehari-hari.

Beberapa faktor itu yang sebaiknya diminimalisir agar stres tidak muncul dan mengganggu kesehatan mental. Berikut ini beberapa tips guna menjaga kesehatan mental selama di rumah aja saat pandemi Corona.

1. Berolahraga

Berolahraga - Tips Anti Stres dan Menjaga Kesehatan Mental Selama di Rumah Aja

Tidak perlu olahraga yang rumit, kamu bisa melakukannya dengan cara lari-lari kecil atau sekadar lompat di tempat. Olahraga lain seperti push up, sit up, plank, dan lainnya juga bisa kamu lakukan dengan mudah ketika harus menjalani karantina di rumah akibat pandemi Corona.

Berbagai macam aktivitas fisik ringan tersebut akan membuat tubuh kamu memproduksi hormon endorfin yang mampu meredakan stres, memperbaiki mood, dan mengurangi rasa cemas atau khawatir.

2. Selektif dalam memilih sumber informasi

Selektif dalam memilih sumber informasi - Tips Anti Stres dan Menjaga Kesehatan Mental Selama di Rumah Aja

Selama pandemi Corona muncul, masyarakat diberikan asupan informasi yang begitu banyak. Segala informasi mulai dari update korban positif dan meninggal akibat Corona, cara pencegahan, dan segala macamnya menjadi makanan sehari-hari.

Oleh karena itu, masyarakat perlu lebih selektif dalam memilih mana informasi yang harus diterima dan dipercayai. Pasalnya, tidak semua informasi yang ada benar adanya dan dibutuhkan konfirmasi agar valid.

(Baca juga: Cek Situs Informasi Penyebaran Corona Real Time)

Ada baiknya, agar kesehatan mental tetap terjaga selama di rumah aja saat pandemi Corona, kamu memilih informasi dari sumber terpercaya seperti WHO, Kementerian Kesehatan, dan juga media-media yang memang sudah kredibel.

3. Mengonsumsi makanan bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi - Tips Anti Stres dan Menjaga Kesehatan Mental Selama di Rumah Aja

Selain berolahraga dan selektif dalam memilih sumber informasi, mengonsumsi makanan bergizi tinggi juga sangat disarankan agar kesehatan mental tetap terjaga di tengah pandemi Corona ini.

Oleh karena itu, kamu sebaiknya tetap mengonsumsi makanan yang mengandung protein, mineral, vitamin, lemak sehat, karbohidrat, mineral, dan serat secara rutin. Berada di rumah aja selama pandemi Corona tentunya membuat kamu lebih mudah mendapatkan makanan gizi tinggi tersebut.

Kamu tidak perlu jajan ke luar rumah untuk mendapatkan makanan tersebut, kamu pun cukup mengolahnya sendiri. Terlebih saat ini sudah banyak cara untuk bisa memasak makanan dengan gizi tinggi yang diperlukan tubuh.

Di sisi lain, makanan bergizi tinggi tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan mental, melainkan juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Makanan bergizi tinggi juga bisa meningkatkan sistem imunitas kita yang berguna untuk menepis segala virus yang mencoba masuk ke tubuh, seperti virus Corona atau Covid-19.

4. Menghentikan kebiasaan buruk

Menghentikan kebiasaan buruk - Tips Anti Stres dan Menjaga Kesehatan Mental Selama di Rumah Aja

Berada di rumah aja selama pandemi Corona rasanya menjadi momen yang tepat bagi kamu untuk berhenti melakukan segala kebiasaan buruk seperti merokok, minum minuman beralkohol, dan juga begadang.

Merokok membuat risiko kamu terinfeksi banyak kuman penyakit lebih besar, termasuk terinfeksi virus Corona. Kemudian batasi juga minum minuman beralkohol, jika perlu hentikan untuk selamanya. Kedua kebiasaan buruk itu selain tidak sehat bagi tubuh juga bisa memengaruhi kesehatan mental kamu.

Kebiasaan buruk lainnya yang bisa kamu tinggalkan adalah perilaku kurang istirahat malam atau sering begadang. Begadang membuat kamu bisa lebih cemas dan khawatir serta membuat mood kamu berantakan atau tidak stabil.

Maka dari itu, mulai sekarang hilangkanlah segala macam kebiasaan buruk tersebut demi menjaga kesehatan mental selama di rumah aja saat pandemi Corona.

5. Tetap berkomunikasi dengan keluarga dan teman

Tetap berkomunikasi dengan keluarga dan teman - Tips Anti Stres dan Menjaga Kesehatan Mental Selama di Rumah Aja

Kendati pemerintah dan WHO menyerukan untuk social distancing atau physical distancing, kamu tetap bisa berinteraksi dengan keluarga dan teman melalui teknologi yang ada.

Beragam aplikasi yang ada kini memungkinkan kamu untuk tetap terhubung dengan keluarga dan teman-teman kamu. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan mental kamu selama di rumah aja saat pandemi Corona.

(Baca juga: Dari ‘Swipe’ hingga Iklan, Cek Fitur Anyar di WhatsApp!)

Dengan menghubungi keluarga dan teman, kamu akan tahu bagaimana kabar mereka. Selain itu kamu tetap mendapatkan sosok untuk berbicara menyampaikan segala macam keluh kesah yang kamu rasakan.

Meskipun tagihan telepon atau paket data yang harus kamu bayarkan lebih besar selama pandemi Corona, paling tidak kamu bisa tetap berinteraksi dengan keluarga dan teman sehingga terhindar dari perasaan sendiri yang memicu stres ya.

Kalau mau lebih hemat, bayar semua tagihan telepon kamu dengan kartu kredit Citibank, yang bisa kamu pilih dan ajukan lewat CekAja.com. Melunasi tagihan dengan kartu kredit Citibank pastinya akan menghemat pengeluaran kamu, berkat promo dan diskon menarik yang selalu diberikan.

Tunggu apa lagi? Ajukan kartu kredit Citibank sekarang juga!

Tentang kami

CekAja

CekAja