Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Atasi Bayi Batuk Pilek dengan Empat Obat Berbahan Alami Berikut Ini

by Ayunindya Annistri on 26 December, 2019

Bayi batuk pilek sebetulnya sangat lazim terjadi, apalagi pada usia di bawah lima tahun. Hal ini karena sistem imun bayi yang masih dalam tahap penyesuaian terhadap lingkungan sekitar. Lantas, apa yang bisa ibu lakukan saat bayi mengalami batuk pilek?

Gejala batuk pilek sering kali membuat bayi tidak nyaman dan cenderung rewel. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa batuk pilek pada bayi dapat terjadi sebanyak 10 kali dalam setahun. Penyebabnya sendiri adalah infeksi atau alergi yang ditularkan lewat udara maupun sentuhan tangan.

Pada kasus normal, biasanya terjadi tiga hingga lima hari, lebih dari itu besar kemungkinan ia terkena infeksi bakteri lanjutan. Untuk mengobatinya, kamu bisa memberikan obat-obatan yang mampu menjaga sistem kekebalan tubuh dan pencernaan bayi selama proses tumbuh kembangnya.

Gejala Bayi Batuk Pilek

Meski batuk pilek dapat sembuh dengan cepat, namun bukan berarti kamu bisa menganggap remeh penyakit yang satu ini. Batuk pilek atau istilah medisnya common cold disebabkan oleh alergi, dan tak jarang penyakit ini dianggap sebagai ‘sakit langganan’ pada bayi.

Oleh karenanya, kamu harus cermat dalam melihat gejalanya hingga penanganan yang tepat dengan menggunakan obat-obatan alami saat buah hatimu mengalami batuk pilek.

Umumnya gejala batuk pilek membuat bayi cenderung lebih rewel. Mulai dari demam, batuk, susah bernafas, hidung mengeluarkan lendir, nafsu makan hilang, hingga tubuh melemah. Apabila gejala ini telah muncul, sebaiknya tangani dengan cara yang tepat seperti memberikan obat-obatan berbahan alami.

(Baca Juga: Tips Agar Bayi Tidur Pulas Semalaman, Ibu Wajib Tahu!)
Obat Berbahan Alami untuk Bayi Batuk Pilek

Mencegah memang lebih baik. Namun, bila penyakit batuk pilek telah dialami oleh bayi, sebagai seorang ibu, kamu bisa memberikannya obat-obatan alami terlebih dulu. Soalnya, tidak semua kondisi harus segera ditangani oleh dokter.

Karena batuk pilek sebetulnya merupakan mekanisme tubuh dalam melawan kuman penyakit. Berikut beberapa rekomendasi obat-obatan yang bisa kamu berikan saat bayi batuk pilek.

1. Air susu ibu (ASI)

Air susu ibu ASI - Atasi Bayi Batuk Pilek dengan Empat Obat Berbahan Alami Berikut Ini

ASI merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasi kondisi bayi batuk pilek, khususnya untuk yang berusia dibawah 6 bulan. Pasalnya, kandungan antibodi yang ada di dalam ASI dianggap mampu melawan virus yang menyerang sisitem kekebalan tubuh si kecil.

Meski begitu, kamu juga perlu untuk memberikan penanganan lebih lanjut, seperti mengeluarkan lendir akibat batuk pilek agar bayi tidak kesulitan dalam bernapas. Kamu bisa mencoba metode sauna sederhana dengan menggunakan baskom kecil berisi air hangat yang telah dicampur dengan cairan mint atau herbal lainnya.

2. Berikan larutan saline

Berikan larutan saline - Atasi Bayi Batuk Pilek dengan Empat Obat Berbahan Alami Berikut Ini

Larutan saline atau garam fisiologis bermanfaat untuk mengeluarkan lendir kering dari hidung. Kamu bisa mendapatkan larutan ini di apotek terdekat dengan kisaran harga Rp100 ribu.

Untuk meneteskan larutan saline, kamu bisa menggunakan pipet khusus lalu masukkan ke dalam hidung bayi dengan posisi kepala menengadah dan tunggu sekitar 30 detik. Setelah lendir mencair, isap kembali larutan saline dengan pipet dan bersihkan hidungnya menggunakan cotton bud. Mintalah petunjuk dari dokter terkait cara dan dosis pemakaian untuk mengatasi bayi yang terserang batuk pilek.

3. Lemon

Lemon - Atasi Bayi Batuk Pilek dengan Empat Obat Berbahan Alami Berikut Ini

Pilihan lainnya dalam mengatasi batuk pilek adalah dengan menggunakan lemon. Obat alami yang satu ini mengandung vitamin C, anti bakteri, serta anti inflamasi yang efektif untuk mengatasi batuk pilek maupun gejala radang tenggorokan.

Kamu bisa mengolah lemon sebagai obat alami dengan cara dikukus atau mencampurkannya dengan segelas air hangat. Tambahkan pula sedikit madu bila usia bayi lebih dai 1 tahun.

4. Bawang Putih

Bawang Putih - Atasi Bayi Batuk Pilek dengan Empat Obat Berbahan Alami Berikut Ini

Sudah sejak lama bawang putih dikenal sebagai obat alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit, tak terkecuali batuk pilek pada bayi. Kandungan alicin yang terdapat didalamnya mampu menyembuhkan bayi dari virus penyebab pilek yang ditularkan oleh orang lain.

Pada bayi yang terserang batuk pilek, bawang putih berperan sebagai dekongestan alami atau obat untuk meredakan hidung tersumbat. Kamu bisa memberikan beberapa siung bawang putih dan letakkan dalam piring kecil. Kemudian taruh di sekitar tempat tidur bayi, namun jangan sampai obat tersebut bisa dijangkau olehnya.

Selain itu, kamu juga bisa mengolah bawang putih menjadi minyak pijat untuk mengobati kondisi bayi batuk pilek. Caranya, kupas terlebih dahulu dua siung bawang putih dan buang kulitnya.

Kemudian bakar di atas bara api hingga warna bawang berubah menjadi kehitaman. Terakhir, tumbuk bawang putih bakar dalam mangkuk kecil lalu tambahkan minyak zaitun atau minyak kelapa.

Setelah bahan selesai diolah, pijat perlahan bagian leher dan dada bayi dengan tetesan minyak bawang putih. Lakukan cara ini ketika ia sudah dimandikan.

Untuk mengetahui apakah buah hatimu sensitif atau tidak terhadap minyak bawang putih, coba berikan sedikit saja minyak ini pada tubuhnya. Bila tidak terlihat adanya efek samping, kamu bisa menggunakan cara alami ini secara terus-menerus dengan takaran yang tepat.

Selain Obat, Ini Cara Atasi Bayi Batuk Pilek

Tidak hanya menggunakan obat-obatan berbahan alami saja, untuk mengatasi kondisi batuk pilek pada bayi, kamu bisa menerapkan beberapa cara, seperti meninggikan bantal dan meningkatkan kelembapan udara dengan humidifier.

Pemasangan humidifier bertujuan untuk meredakan batuk pilek, dimana semprotan pelembab udara ini berfungsi untuk mengencerkan lendir yang tersumbat dalam hidung bayi. Sebab cara kerjanya yang dapat menangkal virus dan debu di dalam ruangan.

Untuk digunakan saat bayi mengalami batuk pilek, kamu bisa menyalakan humidifier di kamar atau ruangan yang biasanya digunakan sebagai tempat untuk menghabiskan waktu bersama.

Itulah sedikit tips seputar cara mengatasi kondisi bayi batuk pilek. Setelah mengikuti tips diatas, kamu juga bisa memanfaatkan produk asuransi dari CekAja.com sebagai perlindungan ekstra untuk keluarga. Yuk, tunggu apalagi? Segera apply dan dapatkan manfaat dari produk asuransi yang ditawarkan.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau