Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Tips Belanja Kado Natal Tanpa Menguras Kantong

by Surtan Siahaan on 20 Desember, 2015

Natal tidak akan semarak tanpa acara berbagi atau saling bertukar kado. Namun, jangan karena ritual satu ini kamu harus bangkrut di awal tahun nanti.

Oleh karenanya, penghematan wajib dilakukan. Jangan takut Natal kamu kurang semarak lantaran berhemat. Ada banyak cara lho yang bisa kamu gunakan agar belanja kado natal berkurang tanpa melewatkan ritual berbagi kado. Masih bingung? Baca tips membeli kado Natal tanpa membuat kantong jebol:

Buat daftar penerima kado

Sebelum mulai berburu kado Natal, sebaiknya kamu mulai dengan membuat daftar penerima kado tahun ini. Lihat lagi siapa saja dalam daftar listmu yang sesungguhnya paling layak menerima kado Natal.

Coret yang tidak perlu seperti teman yang sudah pindah rumah dan pilih hanya mereka yang benar-benar dekat. Dengan daftar ini, kamu pun bisa menentukan jenis bingkisan yang cocok.

(Baca juga: Trik Menghindari Jebakan Diskon Saat Belanja Akhir Tahun )

Buat kado natalmu sendiri

Jika anggaran yang ada terbatas sementara daftar penerima hadiah cukup banyak, ada baiknya kamu mencoba membuat sendiri kado Natalmu. Kamu bisa memberikan makanan atau kerajinan tangan. Tanpa memerlukan bahan yang mahal, di youtube terdapat banyak tutorial membuat kerajinan tangan yang bisa kamu pelajari.

Daur ulang hadiah tahun lalu

Coba cek lagi isi lemarimu. Siapa tahu masih ada barang-barang layak kado yang bisa kamu berikan untuk teman atau orang terkasih. Tapi, pastikan barang tersebut tidak kamu butuhkan atau bukan pemberian orang penting.

Gunakan kartu kredit

Biasanya, menjelang Natal banyak penerbit kartu kredit mengeluarkan promo mulai dari diskon hingga cashback. Cari tahu juga promo dan merchant mana saja yang bekerja sama dengan kartu kredit Anda. Dengan diskon kartu kredit, kamu bisa menekan pengeluaran cukup banyak.

(Baca juga: Lima Tips Pakai Kartu Kredit Bebas Utang)

Belanja online

Untuk menghemat ongkos, ada baiknya mencari kado natal di situs belanja online. Jika kamu gigih, mungkin saja ada barang-barang menarik dengan harga murah bisa kamu beli.

(Baca juga: Pilihan Destinasi Libur Natal Terbaik Dengan Budget 1 Juta, 5 juta, dan 15 Juta)

Jangan hanya kunjungi satu toko

Agar penghematan bisa maksimal, cari toko dengan harga jual paling murah. Luangkan waktu khusus untuk membandingkan harga di sedikitnya tiga toko berbeda.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami