Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Tips Belanja Menu Sahur Praktis

by Satrya Agung on 27 Mei, 2017

belanja di bulan ramadhan_kartu kredit - CekAja.com

Pada bulan puasa Ramadhan menyantap makanan saat sahur merupakan hal yang cukup berat dilakukan. Ini disebabkan kondisi mata yang masih mengantuk sementara harus bangun dan sahur.

Beban terberat adalah para Ibu yang pastinya akan bangun lebih awal untuk memasak dan menyiapkan makanan sahur untuk keluarga. Agar tidak repot maka sebelumnya Ibu sudah belanja menu sahur di pagi hari sebelumnya. Dan ini ada beberapa tips yang bisa dicontek.

Memang tidak mudah memasak di pagi buta. Selain mata yang cenderung masing mengantuk serta waktu yang sedikit memaksa Ibu harus bergerak cepat dan praktis. Jika bangun terlambat saja maka alhasil menu sahur akan berantakan.

Rencanakan satu minggu

Ada baiknya direncanakan terlebih dahulu menu apa saja yang akan dipersiapkan saat sahur nanti. Baiknya perencanaan menu itu bukan hanya untuk 1 atau 2 hari saja. Tapi bisa untuk satu minggu kedepan.

Dengan demikian akan ada persiapan yang maksimal akan memasak apa saja dan tentunya bahan-bahan yang diperlukan pun sudah disiapkan. Selain memanfaatkan waktu yang lebih efisien.

Cek stok makanan

Hal ini juga berguna agar anggota keluarga tidak jemu dengan menu yang itu-itu saja. Tulislah menu-menu apa saja untuk 1 minggu kedepan dan tempelkan di pintu kulkas agar mudah terlihat.

Perhatikan juga stok kebutuhan pokok untuk satu bulan kedepan. Tentu saja kebutuhan pokok yang sifatnya tahan lama atau kering. Seperti beras, minyak, gula, mi instan, telur, dan lainnya. Karena ini akan membuat waktu kamu lebih efisien. Selain itu kamu juga bisa menyediakan daging dan ayam beku.

Sebelum belanja menu sahur, catatlah terlebih dahulu apa saja yang dibutuhkan. Periksa kembali ketersediaan bahan-bahan masakan yang ada di dapur. Dengan demikian tidak perlu berlama-lama di pasar dan berujung membeli yang tidak dibutuhkan. Selain menghemat waktu, juga akan menghemat tenaga.

Pastikan kebutuhan gizi terpenuhi

Sebelum tidur, baiknya kamu persiapkan segala bumbu yang dibutuhkan untuk menu sahur nanti. Tentu ini berkaitan dengan daftar menu yang telah disiapkan sebelumnya. Selain menyiapkan bumbu-bumbu tersebut akan lebih baik  sudah mengupas, mengiris dan menghaluskan bumbu. Sehingga saat bangun sahur bisa langsung menyantapnya.

Perhatikan tiap menu sudah mengakomodir gizi yang lengkap. Ini sangat dibutuhkan tubuh saat berpuasa nanti. Pastikan juga selalu menyediakan sayuran yang sangat baik membantu metabolisme tubuh.

Pilihlah menu yang praktis sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk dikelola. Tentu dengan tidak menghilangkan kandungan gizinya.

Widget TRV Insurance

Pilih yang tahan lama

Ada baiknya persiapkan menu yang tahan lama. Karena akan mengatasi jika terlambat bangun dan tidak mempunyai waktu untuk menyiapkan menu yang sesuai dengan yang sudah kamu rencanakan.

Ajak seluruh keluarga untuk terlibat dalam menyajikan santapan sahur. Terlebih pada anak-anak. Karena ini akan menjadi bahan pendidikan yang baik bagi mereka. Tentu dengan porsi yang sesuai. Seperti mencuci piring, menyiapkan peralatan makan, atau sekedar membantu membersihkan bahan-bahannya.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu jalani dalam menyiapkan belanja menu sahur. Jika artikel ini dianggap bermanfaat, bagikan di media sosial yang dimiliki. Semoga puasa kita tahun ini menjadi berkah.

 

Tentang Penulis

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami