Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Tips Belanja Oleh-oleh dalam Jumlah Banyak Ketika ke Luar Kota

by Tisyrin N. T on 27 April, 2017

belanja oleh-oleh hemat_kartu kredit - CekAja.com

Sudah menjadi kebiasaan di tengah masyarakat, untuk meminta oleh-oleh kepada orang yang sedang bepergian ke luar kota.

Karena itulah, membeli oleh-oleh seakan sudah menjadi agenda wajib saat berwisata. Sayangnya, harga oleh-oleh tak semuanya murah meriah. Padahal biasanya wisatawan harus membeli oleh-oleh dalam jumlah banyak. Simak beberapa tips membeli oleh-oleh agar tak menguras kantong berikut ini.

Selektif pilih oleh-oleh

Jangan terburu-buru dan asal comot saat membeli oleh-oleh. Kamu harus benar-benar selektif dalam memilih jenis-jenis oleh-oleh yang akan kamu beli. Hal ini akan mempengaruhi besar kecilnya pengeluaranmu.

Misalnya untuk keluarga di rumah, tentunya kamu sudah paham selera mereka. Pilihlah oleh-oleh makanan yang kemungkinan besar cocok di lidah, jangan sampai nantinya terbuang begitu saja.

Selain itu, jika ingin membelikan oleh-oleh dalam bentuk benda, ingat baik-baik apa yang mereka senangi. Kalau perlu, sebelum pergi, tanyakan dahulu oleh-oleh macam apa yang mereka inginkan.

Prioritaskan siapa yang akan kamu beri oleh-oleh

Selain selektif dalam memilih oleh-oleh, kamu juga harus selektif memilih siapa saja yang akan kamu beri oleh-oleh. Pilih orang-orang terdekat saja, tujuannya untuk menekan bujet pembelian oleh-oleh.

Misalnya, untuk orang-orang di kantor, cukup membelikan oleh-oleh untuk kawan-kawan satu tim. Selain itu, beli oleh-oleh untuk orang-orang satu rumah saja, tak harus membeli untuk seluruh keluarga.

Jika membeli makanan, cek tanggal kadaluarsa

Jika membeli oleh-oleh berupa makanan, jangan lupa untuk selalu mengecek tanggal kadaluarsa. Kalau tak tertera tanggalnya, tanyakan berapa lama makanan tersebut bisa bertahan di suhu ruang maupun jika tersimpan di dalam pendingin. Jangan sampai oleh-oleh yang kamu beli mahal-mahal terbuang begitu saja hanya karena sudah kadaluarsa.

Bayangkan terlebih dahulu jika kamu yang menerima itu

Sebelum membeli satu jenis oleh-oleh, bayangkan terlebih dahulu jika kamu yang menerima oleh-oleh tersebut. Apakah kamu akan senang atau tidak? Apakah kamu akan memakannya? Jika menurutmu oleh-oleh tersebut membuat senang dan tidak akan terbuang, tak ada salahnya untuk membeli.

Manfaatkan diskon atau promo kartu kredit

Kartu kredit kerap bekerjasama dengan gerai penjual oleh-oleh. Tanyakan terlebih dahulu pada penjaga toko apakah ada diskon dan promo kartu kredit, jika ada, jangan sungkan memanfaatkannya agar bisa lebih berhemat.

Jangan beli di bandara, mahal

Hindari membeli oleh-oleh di bandara mengingat harganya yang biasanya lebih mahal. Saat masih berada di toko oleh-oleh, perkirakan baik-baik apakah oleh-oleh yang kamu beli sudah cukup. Dengan begitu, kamu merasa tenang ketika sudah di bandara untuk kembali ke kota tempat tinggalmu.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami