Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tips Belanja Online Secara Cerdas dan Hemat Budget

by hanna on 9 Maret, 2016

Belanja memang sudah menjadi kegiatan rutin manusia sekarang. Apalagi memasuki tanggal muda seperti sekarang, gaji baru masuk dan keinginan untuk berbelanja semakin besar. Fasilitas belanja online sangat efisien dengan kemudahan bertransaksi dan harga yang variatif, sehingga membuat banyak orang lebih menyukainya. Tapi, tunggu dulu, tidak mau kan gaji langsung habis karena kalap waktu belanja online? Berikut tips belanja online secara cerdas dan hemat budget!

Buat Daftar Barang yang Akan di Beli

Saran ini terdengar klasik, tetapi memang sangat berpengaruh untuk menyelamatkan dompet dari belanja online secara impulsif. Untuk menghindari pembelian barang yang tidak terlalu diperlukan, buatlah daftar barang-barang yang ingin di beli sesuai dengan prioritasnya.

Bandingkan Harga di Website Pembanding Harga Sebelum Belanja

Guankan website pembanding harga yang bisa membantu pembeli untuk memilih produk dengan harga terbaik, tanpa harus membuka halaman web berbagai toko online secara  satu per satu. Cukup membuka dan mengetikkan nama produk yang dicari pada kolom pencarian, akan muncul produk yang dicari tersebut lengkap dengan harga yang berbeda-beda dan daftar toko online yang menjualnya. Praktis dan menghemat waktu!

Atur Budget untuk Belanja Online

Bagaimana sih mengatur budget belanja online? Cukup mudah! Pertama, tentukan berapa banyak budget yang akan dipakai untuk belanja online. Agar lebih efektif, sebaiknya pisahkan dulu budget untuk kebutuhan utama seperti tabungan, tagihan bulanan, kebutuhan sehari-hari, transportasi dll. nah, sisanya bisa kamu gunakan untuk belanja online.

Bijaksana dalam Penggunaan Kartu Kredit saat Belanja Online

Ini dia yang terkadang membuat tagihan kartu kredit membengkak. Melalui pembayaran kartu kredit terkadang pembeli kurang memperhatikan budget belanja online yang sudah dibuat tadi. Lalu, bagaimana cara menghindarinya? Pertama, stick to the budget. Usahakan selalu mencari toko online yang memberlakukan metode transfer, sehingga akan lebih mudah untuk memantau pengeluaran. Kalaupun terpaksa sekali, baru gunakan kartu kredit. Kedua, kamu cek bila ada promosi kartu kredit ketika berbelanja, ini dapat menghemat pengeluaran untuk belanja online.

Belanja online di Hari Gajian atau Payday

Mau belanja online dengan hemat? Biasanya, setiap akhir atau awal bulan, banyak toko online yang menawarkan promosi khusus. Website pembanding harga memiliki halaman khusus promosi dengan diskon-diskon yang cukup menggiurkan. Bukan hanya itu, ada juga halaman khusus yang berisi panduan berbelanja yang dapat membantu konsumen untuk membuat keputusan sebelum berbelanja.

Beli Barang di Satu Toko Online Sekaligus

Beberapa toko online menyediakan fasilitas free onkir atau gratis pengiriman barang jika membeli di atas jumlah tertentu. Masukkan barang-barang belanja online kamu ke dalam keranjang belanja terlebih dahulu agar terakumulasi totalnya sebelum kamu klik tombol pembayaran. Yang terpenting, cek juga return policy pada bagian syarat dan ketentuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti contohnya ukuran atau warna pakaian yang salah atau barang yang diterima tidak sesuai dengan deskripsi dan spesifikasi pada website.

Bergabung di Newsletter

Website pembanding harga juga memiliki fasilitas newsletter untuk anggotanya. Dengan berlangganan, pembeli dapat mengetahui update produk terbaru, promo dan diskon. Setelah mendaftar, anggota akan memiliki akses berlangganan newsletter dan juga menerima kode-kode voucher belanja khusus yang hanya diberikan kepada anggota.

Itu dia beberapa tips untuk belanja online secara cerdas dan hemat budget. Ketika mencari satu produk tertentu, jangan lupa untuk selalu membandingkan harganya terlebih dahulu sebelum membeli.

Artikel ini didukung oleh website pembanding harga:

logo priceza 120x50

 

 

Tentang Penulis

hanna

Social media writer, coffee lover, twenty-something.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami