Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tips Belanja Untung di Pekan Raya Jakarta 2016

by Surtan Siahaan on 10 Juni, 2016

Buat kamu yang doyan belanja, perayaan ulang tahun Jakarta bisa jadi momen yang ditunggu-tunggu. Sebab, bersamaan dengan hari lahir Kota Jakarta ini, ada banyak event belanja. Salah satu di antaranya yang sudah lama eksis adalah Pekan Raya Jakarta alias Jakarta Fair. Tiap tahun PRJ biasanya dipenuhi pengunjung lantaran event belanja ini memadukan hiburan musik, kuliner dan belanja.

Selama sebulan penuh, akan ada puluhan stan yang menjajakan pak elektronik, otomotif hingga kebutuhan rumah tangga sekalipun. Pengunjung juga semakin tertarik lantaran tawaran promo yang diberikan pada pengunjung Pekan Raya Jakarta 2016. Nah, untuk membantu agar tidak kalap belanja dan menghemat, berikut ini tips belanja di Pekan Raya Jakarta 2016 yang wajib kamu ketahui:

Gunakan parkir resmi

Saat Pekan Raya Jakarta 2016 dibuka, akan ada banyak sekali parkir liar di sekitar gedung PRJ. Memang untuk mendapatkan tempat parkir resmi, kamu harus rela mengantre. Maklum, pengunjung biasanya membeludak. Hal ini membuat banyak orang ingin praktis dan memilih memarkir kendaraan di luar gedung.

Tapi, jika kamu memilih solusi ini, bisa-bisa biaya perjalanan kamu membengkak karena tarif parkir liar yang semena-mena. Oleh karena itu, untuk menghindari biaya parkir yang mahal, sebaiknya kamu menggunakan fasilitas yang sudah disediakan pemilik gedung. Lagipula kendaraan kamu juga lebih terjamin keamanannya di area parkir resmi. (Baca juga: 7 Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Saat Puasa)

Belanja menjelang akhir PRJ 2016

Pekan Raya Jakarta 2016 memang menarik pengunjung karena tawaran diskon. Namun, buiat kamu yang ingin belanja sesuatu, terlebih yang harganya cukup mahal, disarankan untuki memilih waktu belanja di akhir pameran. Sebab, menjelang pentuupan PRJ, diskon yang diberikan akan jauh lebih besar sehingga kamu bisa lebih menghemat uang.

Bawa uang tunai

Di Pekan Raya Jakarta 2016, banyak stan akan melayani transaksi secara non tunai. Kamu bisa menggunakan kartu debit atau kartu kredit. Namun, untuk menghindari belanja berlebihan, sebaiknya bawa uang tunai. Dengan bertransaksi secara tunai, kamu akan terpaksa membeli sesuai dengan perencanaan dan uang yang ada dalam dompet.

Buat daftar belanjaan

Sebelum berangkat ke Pekan Raya Jakarta 2016, sebaiknya tentukan dulu apa yang akan kamu beli. Coba riset sejak sekarang berapa harga normal untuk barang incaran kamu seperti gadget atau perlengkapan rumah tangga.

Setelah itu bandingkan dengan harga yang ditawarkan di Pekan Raya Jakarta 2016. Dengan demikian, barang yang kamu beli pasti lebih murah dan kamu tidak menambah keranjang belanja dengan hal-hal yang tidak direncanakan sebelumnya. (Baca juga: Masih Susah Bangun Sahur? Pakai 7 Trik Ini untuk Mengatasinya)

Jangan datang saat akhir pekan

Saat akhir pekan, tiket masuk Pekan Raya Jakarta 2016 akan jauh lebih mahal dibandingkan saat hari biasa. Bila kamu datang beramai-ramai, nilai yang bisa dihemat pasti lumayan untuk tambahan bujet belanja.

Oleh karena itu, coba rencanakan hari kunjungan ke Pekan Raya Jakarta 2016 jauh-jauh hari sebelumnya. Keuntungan lain memilih hari biasa pergi ke Pekan Raya Jakarta 2016 adalah parkiran yang lebih lengang dan jalan menuju lokasi yang tidak macet.

Tentang Penulis