Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Tips Beli Furniture di Toko Online Dengan Aman Tanpa Takut Zonk

by Estrin Vanadianti Lestari on 12 Desember, 2019

Kemudahan dalam berbelanja saat ini, membuat banyak orang beralih ke toko online. Tidak hanya sekadar membeli produk fashion atau gadget, kamu pun juga bisa beli furniture di toko online lo. Terlebih, membeli barang di toko online, juga memiliki beberapa keuntungan, seperti menghemat waktu, tenaga, hingga biaya. Pasalnya, jika kamu membeli barang di toko online, tentunya akan ada banyak penawaran menarik, mulai dari diskon hingga cashback.

Namun, ketika kamu berniat membeli barang lewat online, termasuk beli furniture di toko online, kamu juga perlu memperhatikan hal-hal yang detil, demi mendapatkan hasil yang diharapkan. Tidak hanya itu, dengan metode membeli di toko online, kamu juga bisa membandingkan harga dari satu toko ke toko lainnya. Sehingga, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah, dengan jenis barang yang sama.

Tips Beli Furniture di Toko Online

Nah, agar proses beli furniture di toko online bisa berjalan dengan lancar, aman, tanpa zonk, yuk simak beberapa tips berikut ini:

1. Tentukan dan Pilih Toko Online yang Tepat

Tentukan dan Pilih Toko Online yang Tepat - Tips Beli Furniture di Toko Online Dengan Aman Tanpa Takut Zonk

Tips beli furniture di toko online yang pertama adalah dengan menentukan toko online yang tepat. Pasalnya, dari sekian banyak toko online yang menjual produk furniture, mulai dari produk yang memiliki brand hingga yang tidak, atau produk lokal sekalipun, kamu juga perlu memperhatikan toko mana yang paling terbaik.

Selain itu, disarankan untuk mencari toko online yang sudah terkenal, atau memiliki reputasi yang baik. Kamu juga menilai sebuah toko online bagus atau tidak, dari ulasan, testimoni dan komentar pembeli sebelumnya. Tidak hanya itu, untuk lebih memastikannya lagi, kamu bisa melacaknya dari sosial media, artikel blog, atau forum tanya jawab.

Setelah menentukan beberapa toko yang terpercaya, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan ketika membeli furniture adalah, membandingkan furniture yang ingin kamu beli. Mulai dari jenis, variasi, material, harga, promosi, jenis pembayaran, hingga pelayanan dari setiap toko.

2. Memperhatikan Detil Produk yang Akan Dibeli

Memperhatikan Detil Produk yang Akan Dibeli - Tips Beli Furniture di Toko Online Dengan Aman Tanpa Takut Zonk

Tips beli furniture di toko online dengan aman selanjutnya adalah perhatikan detil produk yang akan kamu beli. Pasalnya, ketika kamu membeli barang online, pastinya pembeli tidak bisa melihat langsung barang yang dijual. Sehingga, kamu harus memiliki bayangan visual yang baik, terkait sebuah produk. Berikut poin-poin yang harus kamu perhatikan secara detil:

  • Pahami dimensi atau ukuran furniture
  • Sesuaikan dengan ukuran ruangan rumah kamu
  • Jika perlu ukur dengan sangat detil, mulai dari panjang, lebar dan tingginya.
  • Perhatikan ketersediaan warna produk
  • Perhatikan desain produk dengan cermat. Karena mungkin ada beberapa jenis produk yang bisa dipasang dengan berbagai macam desain.
  • Pahami material yang digunakan, dan pastikan harga sesuai dengan material produk tersebut.
  • Pilih bahan atau material yang sekiranya bisa bertahan lama, berkualitas dan awet.
  • Perhatikan berat produk furniture yang akan kamu beli. Karena, berat barang akan menyangkut ke proses pengiriman barang.
(Baca Juga: 5 Pisau Chef Tajam yang Wajib Kamu Punya di Dapur)
3. Sistem Pengiriman Barang

Sistem Pengiriman Barang - Tips Beli Furniture di Toko Online Dengan Aman Tanpa Takut Zonk

Sudah memilih toko yang terpercaya, memilih produk furniture yang diinginkan, hingga memperhatikan informasi mendetil terkait produk, selanjutnya hal yang tidak boleh terlewatkan dalam proses beli furniture di toko online adalah sistem pengiriman barang.

Jika perlu, kamu bisa bertanya langsung kepada penjual atau bagian customer service terkait pengiriman, mulai dari pengemasan, total berat, menggunakan jasa ekspedisi atau tidak, lokasi toko, hingga harga ongkos kirim.

Untuk harga ongkos kirim, terutama dalam pembelian furniture di toko online, tentunya akan dikenakan harga yang cukup mahal. Nah, untuk meminimalisir harga ongkos kirim yang besar, kamu juga bisa lo mengomparasi harga ongkos kirim, dari berbagai ekspedisi. Atau, kamu juga bisa memilih toko yang menawarkan ongkos kirim secara gratis.

Tidak hanya pengiriman, jika bisa kamu juga sekaligus menanyakan apakah mereka juga menawarkan jasa pemasangan barang ketika sudah sampai. Jika tidak, pastikan juga mereka memberikan petunjuk pemasangan yang mudah, untuk bisa diterapkan sendiri.

4. Garansi Pembelian

Sistem Pengiriman Barang - Tips Beli Furniture di Toko Online Dengan Aman Tanpa Takut Zonk

Meski proses beli furniture di toko online dan offline berbeda, namun untuk urusan garansi, tetap harus disertakan. Untuk jangka waktu garansi, hal tersebut mungkin akan berbeda-beda sesuai kebijakan setiap toko atau bawaan dari produk itu sendiri.

Pasalnya, surat garansi dalam proses pembelian barang adalah hal yang penting, terlebih dalam proses pembelian di toko online. Karena, dalam proses pengiriman, biasanya sangat mungkin terjadi kerusakan barang yang menyebabkan cacat produk tanpa disengaja. Nah, sehingga kamu bisa menggunakan kebijakan garansi tersebut, untuk ditukarkan kembali dengan barang baru.

Ada satu hal penting lainnya lagi, yang perlu kamu tanyakan juga kepada pihak penjual, terkait pengembalian barang jika barang tak sesuai harapan, gambar, atau material, meski tidak cacat. Karena, bisa saja mereka memasang gambar yang bukan aslinya, melainkan hanya sebuah ilustrasi. Karena, hal tersebut sudah sering terjadi, ketika seseorang melakukan pembelian barang apapun di toko online, yang menyebabkan kekecewaan dan kerugian.

Rekomendasi Toko Online Furniture

Nah, itu dia beberapa tips ampuh beli furniture di toko online dengan aman tanpa takut zonk. Untuk lebih meyakinkan lagi, kini sudah banyak toko online yang menjual furniture dengan koleksi yang lengkap, harga standar, banyak promo dan tentunya aman terpercaya. Langsung saja simak deretan toko online furniture, yang paling direkomendasikan buat kamu:

  • Fabelio

Tempat beli furniture di toko online paling direkomendasikan yang pertama adalah Fabelio.com. Dimana perusahaan mebel ini adalah perusahaan desain pertama di Indonesia, yang mendapat bantuan dana dari Sillicon Valley.

Tidak hanya memiliki koleksi furniture yang beragam, dengan desain minimalis dan kualitas prima. Namun, harga mebel di sini juga dikenal cukup terjangkau.

  • Dekoruma

Tempat beli furniture di toko online selanjutnya adalah Dekoruma.com. Situs yang sudah dikenal banyak orang ini juga menyediakan jasa desain interior, untuk membantu kamu merancang rumah impian.

Koleksi berbagai furniture di sini juga sangat lengkap dan tentunya bagus. Tidak hanya mebel, kamu juga bisa menemukan berbagai kebutuhan rumah lainnya, seperti alat masak, alat berkebun, dan lain-lain.

  • Ifrunholic

Ifurnholic.com adalah tempat beli furniture di toko online selanjutnya. Toko yang berlokasi di Sidoarjo, jawa Timur ini menyediakan berbagai desain mebel dengan gaya yang berbeda-beda dan sangat modern.

Selain itu, toko ini juga menggunakan material yang terbilang cukup awet dan berkualitas. Pilihan warnanya pun tergolong netral dan beragam. Tidak hanya itu, mereka juga sering mengadakan promosi berupa diskon, kuis, give away, dan lain-lain di akun Instagram.

  • IKEA

Tempat beli furniture di toko online yang juga memiliki toko offline besar ini adalah IKEA. Jika kamu malas beli furniture langsung ke toko IKEA offline, kamu juga bisa membeli barang-barang IKEA melalui online.

Toko furniture asal Swedia ini menjual berbagai jenis mebel, dengan gaya Scandinavian. Dimana koleksi hingga pilihan warnanya juga sangat bagus dan berkualitas. Sebagai informasi tambahan, toko offline IKEA Indonesia sendiri baru ada di daerah Alam Sutera, Tangerang, dan akan dibuka kembali di kawasan Sentul City.

Nah, dengan hadirnya layanan toko online, kamu jadi lebih mudah untuk membeli barang yang dibutuhkan, tanpa harus membuang waktu dan tenanga lebih banyak. Karena tinggal klik, barang pun bisa langsung sampai di depan rumah, ditambah dengan sistem pembayaran yang tak kalah mudah.

Nah, untuk lebih menguntungkan lagi, kamu bisa loh beli furniture di toko online dengan menggunakan kartu kredit. Karena, akan ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan kartu kredit. Yuk, ajukan kartu kredit pilihanmu sekarang juga, hanya di Cekaja.com!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk