Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Tips Berburu Diskon Mobil Baru di IIMS 2019

by Tisyrin on 25 April, 2019

Datang ke pameran otomotif bisa jadi pilihan jitu buat kamu yang ingin punya mobil terbaru. Karena selain mendapatkan tunggangan baru, kamu juga punya kesempatan dapat diskon besar. Lumayan kan?

Nah, salah satu pameran otomotif bergengsi yang bisa kamu datangi akhir pekan ini adalah Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 yang berlangsung 25 April hingga 5 Mei 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Sederet brand kendaraan roda empat dan roda dua akan meramaikan ajang tersebut.

Saking banyaknya pilihan kendaraan baru yang diluncurkan selama pameran, bisa jadi kamu malah tak mendapatkan apa-apa karena kebingungan memilih dan kurang persiapan.

Sebelum membuang waktu dan tenaga, sebaiknya persiapkan diri agar kedatangan kamu ke pameran tersebut tidak sia-sia. Simak tips berburu diskon besar di ajang pameran otomotif seperti IIMS berikut ini:

1. Cari informasi sebanyak mungkin

Jangan datang ke pameran dengan kepala kosong. Carilah informasi sebanyak mungkin tentang mobil idaman kamu. Yang tak kalah penting, dapatkan informasi mengenai promo yang sedang ditawarkan.

Dengan berbekal informasi yang cukup, kamu juga akan lebih menghemat waktu dan tenaga saat mengunjungi pameran. Selain itu, jika sudah mengetahui informasi promo yang berlaku selama pameran, kamu punya lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan diskon besar.

2. Pilih tenaga penjual senior

Selain selektif memilih mobil, kamu juga harus selektif memilih tenaga penjual. Rupanya, hal itu berpengaruh terhadap kesempatanmu mendapatkan diskon besar. Tenaga penjual senior biasanya lebih leluasa untuk memberikan diskon yang lebih besar ketimbang tenaga penjual yang masih muda atau junior.

(Baca juga: Ngebet Beli Mobil? Perhatikan Dulu 5 Hal Penting Ini)

Jadi, cobalah untuk mencari tenaga penjual yang terlihat lebih senior ketika kamu akan bertanya tentang mobil incaran di booth merek mobil tersebut. Siapa tahu kamu hoki dan bisa bawa pulang mobil impian dengan harga miring!

3. Serius beli

Ya, kamu harus memperlihatkan keseriusan untuk membeli mobil baru. Biasanya, keseriusan konsumen jadi salah satu pertimbangan bagi tenaga penjual untuk sepakat saat bernegosiasi tentang diskon.

Artinya, kamu harus tampil meyakinkan dan percaya diri. Perlihatkan bahwa kamu benar-benar sanggup untuk membayar mobil yang kamu incar dan memang membutuhkan mobil tersebut. Kalau kamu terlihat sekedar basa-basi saat bertanya, tentunya tenaga penjual juga akan merasa buang-buang waktu bersamamu.

4. Datang hari terakhir

Memilih untuk datang di hari-hari pertama pembukaan pameran biasanya akan ramai. Tentunya kurang leluasa bukan memilih mobil dalam kondisi yang terlalu ramai? Karena itulah, hindari datang ke pameran di hari pertama.

Kamu bisa mencoba datang di hari terakhir pameran. Mengapa? Karena di hari-hari terakhir kamu punya kesempatan mendapatkan diskon lebih besar. Ingat, para peserta pameran sedang mengejar target penjualan sebelum acara usai.

5. Tenang dan sabar

Jangan berharap kamu akan langsung mendapatkan mobil impian dengan potongan harga yang lumayan dalam waktu singkat. Ingat, datang ke pameran memerlukan kondisi fisik yang prima. Selain itu, butuh waktu tak sebentar untuk berkeliling.

Kamu harus sabar selama proses berburu. Dengarkan baik-baik penjelasan tenaga penjual. Lakukan negosiasi dengan tenang. Dengan berbekal informasi yang kamu punya, kamu bisa banyak bertanya khususnya tentang tawaran promo yang sedang berlangsung.

IIMS 2019

Sebanyak 36 brand roda kendaraan roda empat dan roda dua akan meramaikan ajang IIMS 2019. Kebayang kan betapa banyaknya pilihan mobil yang bisa kamu incar? Ini beberapa fakta tentang IIMS 2019:

  • Brand premium

Sejumlah brand kendaraan roda empat yang turut serta dalam IIMS 2019 antara lain Honda, Jeep, BMW, Chevrolet, Mitsubishi, Datsun, DFSK, FIN Komodo, Hyundai, Mazda, MINI, Nissan, Suzuki, Toyota, dan Wuling. Kamu bisa menemukan brand premium di Hall D1 JIExpo Kemayoran. Untuk kendaraan roda empat, brand yang turut serta adalah Audi, Mercedes-Benz, dan Volkswagen.

Untuk brand kendaraan roda dua, kamu bisa menjumpai Harley-Davidson, Honda, Husqvarna, Aprilia, BMW Motorrad, Gesits, Benelli, Suzuki, Kawasaki, Vespa, KTM, Kymco, Moto Guzzi, Piaggio, Royal Enfield, dan Triumph.

  • Truk raksasa dan kapal

IIMS 2019 akan menampilkan truk berukuran raksasa yaitu Caterpillar 777E. Truk tersebut memiliki panjang 10 meter dan lebar 6 meter, dengan kekuatan mesin sebesar 1.004 tenaga kuda. Kendaraan yang merupakan Off-Highway Truck, yaitu truk besar yang biasanya hanya ditemui di area pertambangan ini diprediksi akan jadi primadona untuk foto.

(Baca juga: Ini Beberapa Mobil Terlaris di IIMS 2018, Cek Daftarnya!)

Selain itu, untuk pertama kalinya di IIMS, pengunjung akan bisa melihat kapal motor boat, kapal layar, dan personal water craft dari Indonesia Boating Gathering. Seru sekali bukan?

  • Harga tiket masuk

Kamu bisa mendapatkan tiket untuk kategori Weekdays Experience (Senin – Kamis) dengan harga Rp50.000 per pengunjung. Sedangkan tiket untuk kategori Weekends Experience (Jumat – Minggu, dan hari libur) adalah Rp70.000 per pengunjung.

Bagi pengunjung yang tak membawa kendaraan pribadi, tersedia pula shuttle bus dari 11 mal di Jabodetabek. Mal-mal tersebut yaitu FX Sudirman, Puri Indah Mall, Tamini Square, Neo Soho Mall, Bintaro Xchange, Margo City, Cibubur Junction, Metropolitan Mall Bekasi, Pondok Indah Mall, Mega Glodok Kemayoran, dan Lippo Mall Kemang. Selain itu, ada pula shuttle bus dari Stasiun Kemayoran untuk menuju JIExpo.

Nah, sudah siap punya mobil baru? Selain mengunjungi pameran otomotif, kamu juga bisa mengunjungi CekAja.com yang akan memberikan panduan dalam mendapatkan kredit kendaraan bermotor serta asuransi kendaraan terbaik sesuai kebutuhan kamu.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.