Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Tips Berburu Tiket Pesawat Murah yang Dijanjikan Pemerintah

by Gentur Putro Jati on 12 Juli, 2019

Mulai Kamis (11/7) kemarin, masyarakat Indonesia bisa menikmati harga tiket pesawat murah kelas Low Cost Carrier (LCC) dengan diskon 50 persen dari tarif batas atas (TBA).

Tiket Pesawat Murah

Sesuai kesepakatan pemerintah dan perusahaan terkait di industri aviasi nasional, harga tiket pesawat murah itu bisa didapatkan khusus penerbangan di hari Selasa, Kamis, dan Sabtu pukul 10.00 – 14.00 waktu setempat.

I Ktut Hadi Priatna, Kabiro Hukum Persidangan dan Hubungan Masyarakat Kemenko Perekonomian, menjelaskan pemerintah membuat perjanjian tersebut dengan seluruh badan usaha terkait.

Yaitu maskapai Garuda Indonesia Grup, maskapai Lion Air Grup, AP I dan AP II sebagai pengelola bandara, Pertamina, dan Perum LPPNP/AirNav Indonesia.

“Penerbangan murah dengan diskon tarif sebesar 50 persen dari TBA LCC disepakati berlaku efektif mulai 11 Juli dan seterusnya untuk 30 persen dari total kursi pesawat yang telah disediakan,” ujar Ktut Hadi Priatna.

Untuk mencegah kisruh harga tiket pesawat rute domestik yang mahal terulang kembali, Kemenko Perekonomian meminta semua pihak untuk mematuhi ketentuan dan mendukung pelaksanaan kebijakan tersebut.

“Ini merupakan wujud komitmen pemerintah dan wujud keberpihakan seluruh pelaku industri terkait untuk bersama-sama menanggung beban dalam penyediaan penerbangan murah yang terjangkau masyarakat,” tegasnya.

Citilink dan Lion Air

Dua maskapai yang berjanji akan menyediakan penerbangan murah untuk tiga hari dalam seminggu itu adalah Citilink dan Lion Air. Citilink melaporkan siap menyediakan sebanyak 62 flight atau 3.348 seat per hari, dan Lion Air sebanyak 146 flight atau 8.278 seat per hari.

Ktut juga menjelaskan, beban penurunan tarif sebesar 50 persen itu akan ditanggung renteng (sharing  the pain) antara Garuda Indonesia dan Lion Air Group, pengelola bandara (Kementerian Perhubungan, AP 1 dan AP 2), Pertamina, dan AirNav Indonesia.

“Pembagian beban dilakukan atas Total Loss akibat penurunan harga, yang dibagi secara proporsional kepada pihak terkait, dengan mendasarkan pada proporsi peran pada struktur biaya penerbangan,” ungkap Ktut.

Tips Berburu Tiket Pesawat Murah

Buat kamu yang hobi traveling, kepastian penerapan kebijakan tiket pesawat murah tentu bagaikan oase di gurun pasir bukan?

Yaah meskipun terbatas pada penerbangan kelas LCC, harga tiket pesawat yang dijanjikan pemerintah maksimal hanya separuh dari TBA LCC jelas menarik untuk diburu.

Apalagi jumlah kursi yang dibanderol dengan harga miring itu cuma 30 persen dari total kursi pesawat yang disediakan Citilink dan Lion Air.

Jadi ada baiknya kamu teruskan membaca tips membeli tiket pesawat murah untuk penerbangan khusus di hari Selasa, Kamis, dan Sabtu itu ya.

  1. Beli jauh hari

Karena jumlah kursi murah yang terbatas, kamu sebaiknya memesan tiket untuk liburan atau bepergian jauh-jauh hari.

Untuk itu kamu harus memastikan jadwal kepergian kamu sudah pasti dan tidak berubah. Setelah memilih waktu keberangkatan yang tepat, kamu bisa langsung membayar tiket pesawat murah yang sudah dipesan.

  1. Jangan lebay bawa barang

Kamu yang sering plesir, pasti sudah paham aturan main ini bukan? Sejak tahun lalu, maskapai LCC mengenakan biaya tambahan untuk penumpang yang membawa barang melebihi ketentuan.

(Baca juga: Harga Bagasi Mahal? 5 Tips Ini Bisa Menyiasatinya)
  1. Cek harga termurah Citilink atau Lion Air

Karena baru ada dua maskapai yang berpartisipasi dalam kebijakan harga tiket pesawat murah, kamu bisa membandingkan harga tiket Citilink dan Lion Air pada hari dan jam yang kamu inginkan sebelum membeli. Lumayan kan.

  1. Pesan jam 11 siang

Sudah menjadi rahasia umum di kalangan agen perjalanan wisata, bahwa maskapai penerbangan melakukan seat control setiap pukul 11.00. Kontrol yang dimaksud adalah, maskapai melakukan pembatalan reservasi bagi tiket yang sudah dipesan tetapi tidak dibayar.

Jadi tiket yang dibatalkan itu, akan dijual ulang pada pukul 11.00. Hmmm.. menarik.

  1. Manfaatkan Promo Online Travel Agent (OTA) atau Kartu Kredit

Jika harga yang terpampang pada situs Citilink dan Lion Air masih mahal, tidak ada salahnya membeli tiket tersebut lewat OTA yang rajin memberi promo tambahan untuk setiap pembelian tiket lewat mereka.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kartu kredit. Bank-bank penerbit kartu kredit biasanya memiliki promo pembelian tiket yang bisa membuat harga tiket lebih murah.

(Baca juga: Resmi Beroperasi, Ini Rute dan Harga Tiket Kereta Bandara Baru Yogyakarta yang Perlu Kamu Tahu)

Untuk mengetahui kartu kredit apa saja yang menawarkan promo tiket penerbangan terbaik, langsung cusss ke CekAja.com deh. Toko finansial ini juga bisa jadi fasilitator untuk mengajukan aplikasi kartu kredit yang kamu inginkan dengan syarat yang mudah.

Tentang Penulis

Ego in debitum, ergo sum

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami