Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tips Berburu Tiket Pesawat Murah

by JTO on 12 Juli, 2014

Ada yang bilang, hampir 60 persen anggaran perjalanan liburan digunakan untuk membeli tiket. Bisa dibenarkan juga, sebab jadi tidaknya kita pergi liburan atau melakukan perjalanan memang tergantung dari apakah kita dapat tiket pesawat atau tidak.

Nah, karena alasan ini, pastinya Anda ingin tiket pesawat yang murah, bukan? Apalagi, liburan lebaran sudah di depan mata. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk berburu tiket murah ini. Apa saja, berikut beberapa tipsnya.

Siapkan dokumen

Tiket murah selalu jadi rebutan. Bahkan, tidak jarang ketika setiap promo tiket murah suatu maskapai penerbangan dibuka, maka banyak orang yang mengakses situs dari maskapai tersebut. Pada akhirnya, baru saja dibuka promo, dalam beberapa jam tiket sudah ludes terjual.

Nah disinilah kecepatan Anda dibutuhkan. Saat memesan tiket ada beberapa dokumen yang dibutuhkan dan dokumen ini sama seperti saat membeli tiket pada umumnya, yaitu kartu kredit sebagai alat pembayaran, nomor KTP atau paspor. Saat Anda sudah mempersiapkan dokumen ini di awal, maka hal itupun akan memudahkan dan mempercepat Anda saat melakukan perburuan tiket.

Waktu yang tepat

Banyak yang mengatakan, kalau ingin membeli tiket pesawat murah maka belilah jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, maksimal 3 bulan sebelum keberangkatan. Biasanya, dengan cara ini Anda bisa membeli tiket yang dijual lebih murah 10-30 persen. Bahkan, bila beruntung Anda akan mendapatkan tiket yang 50 persen lebih murah. Sebab, faktor kapan Anda ingin berangkat dan pulang juga berpengaruh untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah.

Tujuan yang tepat

Terkait dengan tips nomor 2 diatas, apakah bila menganut cara tersebut, maka strategi itu artinya tidak bisa dilakukan untuk tujuan mudik lebaran yang tinggal 2 minggu lagi? Jawabannya, belum tentu. Mengapa?

Sebab, tiket murah itu juga tergantung dari daerah tujuan yang akan Anda datangi. Bila rute yang ingin diambil adalah rute yang paling banyak dilayani oleh maskapai penerbangan, maka Anda harus pintar-pintar membaca harga. Sebab, untuk rute ini biasanya harganya akan fluktuatif. Jadi, bila menemukan sebuah maskapai yang kira-kira menurut Anda sudah menawarkan harga murah, maka langsung beli tiket itu saat itu juga. Namun, bila rute yang ANda pilih adalah rute yang sedikit dilayani oleh maskapai, maka itulah saatnya ANda harus menggunakan strategi nomor 2.

Maskapai yang tepat

Apakah maskapai murah merupakan maskapai yang harus selalu Anda pilih? Jawabannya belum tentu. Sebab, bila kebutuhan Anda mendesak atau cepat, kadang maskapai umum lebih menguntungkan. Cobalah hitung dan bandingkan beberapa biaya yang ada pada tiket Anda, seperti harga bagasi, asuransi, dan lainnya. Nah, dengan cara ini Anda akan temukan, biasanya maskapai umum akan lebih menguntungkan dengan selisih sedikit dari maskapai murah. Padahal, pelayanan maskapai umum jauh lebih nyaman dan penuh fasilitas.

Ikuti Promo

Agar selalu tahu kapan sebuah tiket murah dikeluarkan oleh sebuah maskapai, cobalah untuk rajin cari tahu promo sebuah maskapai penerbangan. Cobalah untuk langganan newsletter atau keanggotaan dari maskapai penerbangan. Atau, cobalah ikuti akun media sosial yang dimiliki. Sebab, disitulah informasi akan diperoleh, dan dengan cepat Anda juga akan mendapatkan informasi tiket murah. Bila Anda pengguna kartu kredit, biasanya Anda pun akan sering menerima pemberitahuan tentang promo yang dikeluarkan oleh suatu maskapai penerbangan yang bekerjasama dengan kartu kredit yang Anda gunakan.

 

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami