Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Tips Berhemat Jutaan Rupiah Saat Hamil

by Surtan Siahaan on 19 Desember, 2015

Perencanaan keuangan keluarga pasti akan berubah begitu seorang istri dinyatakan mengandung. Sudah terbayang dalam benak, biaya yang harus dikeluarkan selama istri mengandung.

Soalnya, pada saat seperti inilah kebutuhan perempuan akan bertambah banyak. Mulai dari baju, makanan hingga biaya kesehatan akan membengkak. Tapi tidak perlu stres menyikapi kondisi ini. Jika disiasati dengan cerdas, kamu bisa lho menghemat banyak biaya selama mengandung. Berikut ini tips yang bisa kamu terapkan:

Biaya pemeriksaan rutin kehamilan

Pemeriksaan kehamilan adalah rangkaian pemeriksaan yang dilakukan secara rutin oleh dokter kandungan. Tujuannya agar akan perkembangan janin dan kesehatan ibu selalu terkontrol.

Biaya kontrol dokter spesialis kandungan di Jakarta bervariasi antara Rp 125 ribu hingga Rp 300 ribu. Karena pemeriksaan ini sangat penting sehingga direkomendasikan semua dokter, tidak mungkin untuk menghilangkan biaya satu ini. Tapi kamu bisa kok melakukan penghematan.

Caranya dengan mengunjungi dokter dan rumah sakit paling murah di sekitar kamu. Untuk bisa memperbandingkan harganya, kamu bisa bergabung dengan forum-forum ibu hamil dan kehamilan di dunia maya. Jika ingin biaya kesehatan lebih murah, kamu bisa mengantisipasi dengan asuransi kesehatan yang dibeli saat menikah.

(Baca juga: 3 Perlindungan Asuransi Kesehatan yang Wajib Dimiliki Wanita)

Vitamin ibu hamil

Tidak semua vitamin dan susu disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil lho. Kamu bahkan bisa kelebihan berat badan jika mengkonsumsi susu dan vitamin tambahan padahal kebutuhan gizi dan nutrisi sudah tercukupi dari makanan.

Nah, ketimbang membeli susu hamil yang harganya bisa mencapai Rp 30 ribu per 250 gram, konsumsi saja susu sapi segar. Selain murah, kandungan gizi yang terkandung seperti protein, gula susu (laktosa), kalsium dan mineralnya sudah cukup bagi ibu hamil.

Pakaian khusus ibu hamil

Kalau sedang mengandung kamu tidak harus, lho, membeli pakaian khusus ibu hamil. Sebelum memutuskan berbelanja, lihat dulu koleksi pakaian kamu di lemari. Soalnya, harga pakaian hamil lumayan lho berkisar antara Rp 50 ribu hingga Rp 150 ribu.

Jika ada yang bisa dimanfaatkan setidaknya hingga menunggu trisemester kedua, saat bentuk perut makin terlihat. Jika perut sudah makin besar, ada baiknya membeli pakaian baru. Nah, agar baju yang kamu beli bisa terus dipakai setelah melahirkan seperti baju terusan.

Agar lebih terlihat trendi saat hamil, kumpulkan semua koleksi jaketmu. Selain bisa dipadankan dengan banyak pakaian, jaket juga cocok menyiasati bentuk badan yang makin membesar.

(Baca juga: Strategi Persiapkan Tabungan Biaya Kesehatan Kehamilan dan Persalinan)

Senam hamil online

Semua ibu hamil pasti menginginkan melakukan persalinan secara normal. Nah, agar bisa bersalin dengan normal, salah satu cara yang dilakukan adalah senam hamil. Senam satu ini memiliki manfaat agar melatih sejumlah otot dan bagian tubuh yang berperan penting dalam proses persalinan.

Tapi kelas senam cukup mahal lho. Harganya berkisar antara Rp 120 ribu hingga Rp 600 ribu per lima kali senam. Agar kamu tetap sehat dan hemat, bisa juga kok berlaih senam sendiri dengan mengikuti video tutprial di youtube. Selain irit biaya senam, kamu juga bisa mengehmat biaya ongkos menuju tempat senam.

Tentang Penulis