Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Tips Berhemat Kuota Internet XL Agar Tidak Menguras Isi Dompet

by CekAja on 24 April, 2019

Kuota internet telah menjadi salah satu kebutuhan bagi masyarakat modern. Smartphone, laptop, dan aneka jenis gadget lainnya membutuhkan kuota internet yang memadai untuk dapat digunakan.

paket internet murah _ CekAja.com

Apalagi bila tugas sekolah atau pekerjaan kamu sangat membutuhkan internet. XL adalah salah satu provider yang bisa diandalkan untuk urusan kuota internet. Cara cek kuota internet XL juga sangat praktis dan membuat kamu lebih cermat mengelola paket kuota tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek kuota internet XL, yaitu:

  • Aplikasi MyXL

Aplikasi MyXL bisa diunduh di Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna Apple. Selanjutnya, lakukan proses registrasi dengan nomor HP pada aplikasi tersebut. Selain bisa mengecek jumlah pulsa, kamu juga bisa mengecek kuota internet melalui opsi cek kuota.

  • Cek Lewat Panggilan Telepon

Cara mengecek kuota internet XL yang satu ini merupakan yang paling sering dilakukan pengguna XL. Kamu tinggal menghubungi *123*7*1# melalui smartphone. Kemudian pilih nomor 1 untuk opsi cek kuota internet. Sisa kuota internet XL kamu pun akan segera muncul di layar smartphone.

  • Cek Kuota via SMS

Tak banyak yang tahu kalau proses pengecekan kuota internet XL bisa dilakukan melalui SMS. Ketik saja KUOTA lalu kirim ke 868. Maka kamu akan segera mendapatkan SMS balasan berisi informasi jumlah kuota internet yang tersisa.

  • Cek via Website XL

Mengecek kuota internet melalui website XL, juga bisa dilakukan dengan klik link ini:

https://my.xl.co.id/pre/index1.html#/profile

Selanjutnya, kamu tinggal menentukan bahasa pengantar dan memasukkan nomor HP. Sistem XL akan mengirimkan SMS berisi kode verifikasi ke nomor HP kamu. Setelah memasukkan kode verifikasi tersebut ke website, informasi detail mengenai nomor HP kamu akan ditampilkan. Termasuk sisa kuota internet, jumlah pulsa, dan sejumlah informasi penting lainnya.

(Baca juga: 8 Cara Mudah Menghemat Kuota Internet)

Selain harus mengecek kuota internet secara teratur, kamu juga harus mahir menghemat kuota internet agar tidak menguras isi dompet. Lakukanlah beberapa hal ini agar penggunaan kuota internet kamu tetap hemat:

1. Batasi penggunaan mobile data

Matikan fitur mobile data smartphone jika tidak digunakan. Alangkah lebih baik bila kamu menon-aktifkannya saat berada di kawasan dengan fasilitas wifi atau ketika sedang beristirahat. Selain itu, smartphone canggih biasanya punya fitur khusus untuk memberikan peringatan penggunaan kuota. Aktifkan fitur tersebut supaya kamu bisa mengidentifikasi penggunaan kuota yang mulai berlebihan.

2. Pilih paket internet sesuai kebutuhan

Banyak orang merasa bahwa paket internet yang kuotanya kecil membuat pengeluaran jadi lebih hemat. Padahal belum tentu demikian. Kuota yang habis sebelum waktunya malah membuat kamu merogoh kocek lagi supaya bisa tetap menggunakan fasilitas internet. Kamu harus cermat menghitung rata-rata kebutuhan kuota internet per bulan.

3. Manfaatkan Wifi

Demi menghemat kuota internet, kamu juga wajib memanfaatkan wifi semaksimal mungkin. Bila perlu, catatlah aplikasi dan informasi lainnya yang ingin kamu unduh ketika sedang menggunakan wifi. Sehingga kamu tidak lupa memanfaatkan wifi tersebut secara maksimal. Namun, pastikan bahwa kamu menggunakan akses wifi yang aman dari risiko peretasan. Jangan sampai data-data pribadi kamu dicuri dan disalahgunakan melalui jaringan wifi yang rawan peretasan.

4. Menon-aktifkan fitur lokasi

Fitur lokasi penting ketika kamu berkendara atau memesan layanan ojek online. Namun, bukan berarti fitur tersebut harus diaktifkan terus-menerus selama 24 jam. Sebaiknya non-aktifkan fitur tersebut ketika sudah tidak menggunakannya. Sehingga kuota internet kamu jadi lebih hemat karena tidak tersita oleh fitur lokasi yang senantiasa aktif.

5. Matikan fitur sinkronisasi otomatis

Fitur sinkronisasi otomatis akan melakukan update aplikasi saat smartphone kamu terhubung dengan jaringan internet. Sehingga tidak mengherankan bila hal tersebut membuat kuota internet lebih cepat habis. Sebaiknya non-aktifkan fitur tersebut ketika menggunakan mobile data. Fitur sinkronisasi bisa diaktifkan saat kamu terhubung dengan jaringan wifi.

6. Perhatikan kualitas sinyal

Tak banyak yang tahu bahwa kualitas sinyal juga mempengaruhi penggunaan kuota internet yang jadi lebih mudah terkuras bila kamu berada di kawasan yang kualitas sinyalnya buruk. Alangkah lebih baik bila kamu menon-aktifkan paket data saat berada di tempat yang sinyalnya buruk. Gunakanlah paket data tersebut secara hemat untuk hal-hal yang bersifat mendesak. Apalagi bila kamu harus berada di tempat yang kualitas sinyalnya buruk dalam waktu cukup lama.

7. Tutup aplikasi yang tidak digunakan

Sejumlah aplikasi yang sedang aktif pada background smartphone kamu juga turut memperbesar pemakaian kuota internet. Tutup sejumlah aplikasi yang tidak dibutuhkan. Selain efektif meminimalkan penggunaan baterai, jumlah kuota internet kamu pun tak akan berkurang drastis.

(Baca juga: 8 Jurus Hemat Anak Kos untuk Bertahan Hidup di Tanggal Tua)

Hampir semua orang pernah punya pengalaman buruk dengan kuota internet yang tiba-tiba habis. Kalau kamu pernah mengalaminya, jadikan pengalaman tersebut sebagai pelajaran berharga. Jangan sampai kuota internet habis untuk hal-hal yang tidak penting. Batasi pengeluaran bulanan untuk kuota internet agar kamu terlatih untuk hidup hemat.

Jangan sampai menggunakan smartphone membuat kamu jadi lebih boros. Jadilah pengguna smartphone yang cerdas, teliti, dan tetap mampu menghemat pengeluaran secara efektif.

Untuk mengetahui tips pengelolaan keuangan lainnya atau mencari produk finansial yang kamu butuhkan, jangan ragu untuk melayangkan pandangan ke CekAja.com. Kami akan menyajikan beragam perbandingan produk keuangan sesuai yang kamu butuhkan.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami