Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Tips Berhemat untuk Pasangan Muda yang Baru Menikah

by Vera Khairifah on 10 Februari, 2020

Memimpikan pernikahan idaman dan kehidupan rumah tangga yang mandiri secara finansial pasti pernah kamu lakukan. Eits, jangan hanya mimpi, kamu harus terapkan tips berhemat untuk pasangan muda.

Tips Berhemat untuk Pasangan Muda yang Baru Menikah

Hal ini sering kali dianggap remeh. Padahal, sebagian besar pertikaian rumah tangga disebabkan karena masalah ekonomi. Ya, jika kamu dan pasangan tidak bijak mengatur uang, maka banyaknya kebutuhan yang belum terpenuhi bisa jadi sumber masalah. Waduh!

Manfaat Berhemat untuk Pasangan Muda

Apa sih sebenarnya manfaat dari tips berhemat untuk pasangan muda? Setidaknya, kamu akan merasakan beberapa manfaat seperti yang berikut ini:

  • Modal nikah cepat terkumpul

Buat pasangan yang baru merencanakan pernikahan, berhemat sangat membantu untuk mengumpulkan modal nikah. Karena biaya pernikahan saat ini makin mahal, sangat disarankan untuk bijak mengatur keuangan.

Kamu dan pasangan bisa sama-sama menyisihkan sebagian dana dari penghasilan di satu rekening khusus. Tetapkan juga besaran tabungan per bulan dan target jumlah tabungan yang mau dicapai dalam beberapa bulan atau tahun.

  • Lebih mandiri secara finansial

Nah, jika sudah menikah dengan modal sendiri alias tanpa hutang, kamu pun akan lebih lega memulai kehidupan rumah tangga.

Kondisi finansial yang kini makin mandiri bikin kalian fokus meraih target di masa depan. Misalnya keinginan untuk membeli perabotan rumah, menyiapkan dana Pendidikan anak, dan lain sebagainya.

(Baca Juga: 10 Cara Buat Hubungan Cinta Makin Dalam dengan Pasangan)
  • Lebih cepat investasi atau memulai usaha

Dengan berhemat, pasangan muda juga bisa sesegera mungkin mencoba investasi atau memulai usaha. Cara menaikkan nilai harta akan lebih cepat dipelajari.

  • Makin mantap siapkan dana untuk anak

Sebagian pasangan muda yang baru menikah biasanya memilih untuk tidak menunda momongan. Kebiasaan berhemat akan berdampak baik pada kondisi dana tabungan untuk menyambut si kecil hadir.

Sebab biaya perawatan, kebutuhan harian, kesehatan, hingga fasilitas sekolah tidak murah.

  • Mengasah kebijakan mengatur uang

Tips berhemat untuk pasangan muda yang diterapkan akan mengasah kemampuan berhemat. Kamu dan pasangan jadi lebih bijak mengatur pemasukan dan pengeluaran.

Mengutamakan kebutuhan prioritas, serta terbiasa membeli yang dibutuhkan bukan malah menuruti keinginan saja.

Tips Berhemat untuk Pasangan Muda

Menikah di usia muda memang harus disertai dengan kedewasaan dan kebijakan. Termasuk dalam hal memilih produk finansial dan mengatur uang.

Berikut tips berhemat untuk pasangan muda yang bisa diterapkan bagi kalian yang baru saja menikah:

1. Bicarakan Tujuan yang Ingin Dicapai

Sebelum mengaplikasikan tips berhemat untuk pasangan muda. Bicarakan dulu tujuanmu dengan pasangan. Hal apa sih yang mau diraih bersama setelah kalian berdua menghemat?

Misalnya ingin segera membuka usaha, mencukupi kebutuhan perabotan dan alat elektronik, dan hal lainnya. Samakan tujuan kalian dalam menabung, sehingga usaha untuk berhemat tak terlalu berat dijalankan.

2. Tentukan Pemasukan Bersih

Saat memulai kehidupan baru, tips berhemat untuk pasangan muda yang perlu kamu lakukan adalah membuat anggaran belanja. Kamu dan pasangan harus mendiskusikan besaran uang yang akan menjadi pemasukan bulanan.

Jika kedua pihak sama-sama masih bekerja, tentukan apakah penghasilan akan digabung atau tidak, serta siapa yang mengelola uang tersebut.

Pemasukan yang diterima untuk belanja kebutuhan dan tabungan tentu saja adalah pemasukan bersih. Dimana sudah dikurangi oleh setoran pajak, tagihan asuransi, dan lain sebagainya.

3. Utamakan Pengeluaran Wajib

Jika besaran pemasukan sudah disepakati, maka kurangi dana itu dengan pengeluaran wajib. Di antaranya seperti biaya makanan, perabotan rumah, cicilan alat elektronik (jika ada), biaya air dan listrik, dan lain-lain.

Pengeluaran wajib adalah pengeluaran yang tidak bisa kamu tunda kepemilikannya atau pembayarannya. Lalu, apakah kebutuhan hiburan dan liburan bukan pengeluaran wajib?

Jawabannya tergantung pada kebutuhan dan kesepakatan mu dengan pasangan. Jika kamu ingin pergi berlibur setidaknya 6 bulan sekali, maka kamu dan pasangan tetap harus memasukkan dana liburan sebagai pengeluaran wajib setiap bulan.

Walau sedikit dana yang disisihkan tiap bulannya, ya tak apa. Yang penting cukup untuk agenda liburan mu bareng pasangan.

4. Pastikan Barang yang Dibeli Dibutuhkan

Untuk kebutuhan primer dan sekunder, kamu harus detil memilih barang yang sangat dibutuhkan. Godaan yang umum datang adalah promo barang fashion dan retail. Ingat, jika kamu hanya sekadar menginginkan barang tersebut, sebaiknya tak usah dibeli.

Sebab, dikhawatirkan barang-barang itu akan mubazir karena tidak terlalu sering dipakai. Agar makin fokus untuk belanja barang yang dibutuhkan, coba deh buat daftar belanja.

Beli lah hanya barang-barang yang ada di daftar itu. Belanja bulanan dalam jumlah besar juga lebih disarankan, karena lebih menghemat (jika menemukan produk serupa yang diskon). Serta membuatmu lebih jarang ke supermarket.

5. Pilih Hiburan yang Murah

Untuk urusan hiburan, kamu bisa melakukan aktivitas sederhana yang irit biaya. Tips berhemat untuk pasangan muda ini cukup efektif lho. Misalnya menyiapkan dinner romantis di rumah, alih-alih makan di restoran.

Atau pergi berlibur ala backpacker. Kamu bisa pergi ke pantai terdekat dan tidur di tenda, bukan menyewa hotel. Pengalam baru seperti itu pasti akan berkesan dan seru.

Kamu juga bisa movie marathon dengan streaming online di rumah, beserta popcorn dan jajanan yang dibuat sendiri. Yang terpenting adalah menjaga kualitas saat menghabiskan waktu bersama.

(Baca Juga: Feng Shui Jodoh 2020, Tips Menemukan Pasangan yang Langgeng)
6. Sisihkan Tabungan

Jika kebutuhan sudah dicukupi dengan cara yang bijak, tanpa mengesampingkan hal hiburan, tentukan besaran tabungan yang mau disisihkan. Jika ini kali pertama mu dan pasangan untuk mengatur keuangan, diperbolehkan untuk menyisihkan sedikit dana dulu.

Jika sudah terbiasa, coba naikkan besaran tabungan dengan memangkas lebih banyak kebutuhan yang tidak terlalu perlu.

7. Siapkan Dana Darurat

Seiring berjalannya waktu, tips berhemat untuk pasangan muda akan lebih mudah diterapkan. Jika kamu dan pasangan sudah terbiasa, coba untuk sisihkan dana darurat.

Dana darurat adalah dana yang hanya boleh digunakan untuk kebutuhan mendesak. Seperti akibat risiko terkena PHK, kecelakaan, dan hal darurat lainnya.

8. Mulai Investasi

Terakhir, kamu bisa coba mulai investasi dengan cara mudah. Untuk pasangan muda, disarankan memilih investasi reksadana yang minim resiko. Pilihan investasi ini lebih disarankan, terlebih jika kamu masih ragu dalam membuka usaha.

Tak usah bingung memilih produk investasi yang tepat untukmu dan pasangan. Cek dan ajukan langsung ke situs CekAja.com sekarang juga.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast