Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Tips Beri Pinjam Duit Pada Orang Lain

by Satrya Agung on 16 September, 2016

Siap atau tidak, suka atau pun tidak, kita akan menemukan situasi dimana seseorang datang dan berkata “Boleh pinjam duit gak?”

Dalam kondisi yang seperti ini, pikiran pun akan berkecamuk antara mau dikasih pinjam atau tidak. Jika dikasih nanti bayar hutangnya “Ntar” dan “Besok”. Tidak dikasih kok jadi gak enak hati. Agar kamu tidak semakin bimbang, coba perhatikan tips-tips berikut:

  1. Pastikan apakah kamu cukup kenal dengan orang tersebut.

Kenal bukan yang asal kenal saja. Tapi kamu harus tahu persis kebiasaan orang tersebut jika sedang berhutang. Apakah orang tersebut akan langsung membayar hutangnya saat sudah ada rejeki atau malah selalu menghindar jika ditagih.

Kamu juga bisa mencari informasi dari orang-orang sekitar yang kenal juga dengan orang tersebut. Gak ada salahnya jika kamu juga meminta pendapat dari mereka. Ketika informasi yang kamu dapat bahwa dia adalah orang yang bertanggung jawab dengan hutangnya, maka segeralah memberikan pinjaman kedapa orang tersebut.

promo kejutan 25 hari - CekAja.com

Tetapi jika dia adalah tipe orang yang selalu berkelit maka kamu harus pikirkan cara yang baik untuk menolak permintaannya. Karena banyak kesalahan yang dilakukan orang saat meminjam uang

  1. Berikan pinjam duit tersebut dengan uang dingin

Maksudnya adalah, uang yang akan kamu pinjamkan ialah uang yang tidak akan digunakan untuk keperluan apa pun. Bisa jadi uang tabunganmu namun tentu dengan jumlah yang kamu rasa masih cukup aman untuk dikeluarkan.

Hal ini agar untuk berjaga-jaga, seandainya orang yang meminjam uang tersebut masih belum bisa membayar di waktu yang telah disepakati atau kondisi terburuk malah tidak bisa membayar hutangnya sama sekali, maka kamu telah siap dengan konsekuensi uang yang kamu pinjamkan itu tidak kembali dan hal tersebut tidak mengganggu keadaan finansialmu.

Sebagai ilustrasi, teman kamu meminjam uang sebesar 1 juta rupiah. Dan menurut perhitungan dan kondisi keuanganmu pinjaman yang bisa kamu kasih hanya sebesar 500 ribu rupiah saja. Maka sampaikan kondisi tersebut bahwa kamu hanya mampu memberi pinjaman sebesar 500 ribu saja.

Atau dari pinjaman 1 juta yang diharapkan temanmu, dan kamu punya tabungan 10 juta rupiah, maka seharusnya tidak masalah kamu berikan pinjaman sesuai dengan yang dia harapkan.

Ingin pinjam duit, pinjaman wang berlesen melayu, pinjaman wang segera tanpa dokumen? Ajukan segera di CekAja.com.

  1. Ketahui tujuan pinjaman tersebut

Sesuatu yang wajar jika si pemberi pinjaman menanyakan akan digunakan untuk apa uang pinjaman tersebut. Dengan demikian kamu akan tahu apakah si peminjam benar-benar membutuhkan dan memang dalam keadaan yang sulit, atau ada maksud lain.

Sebagai contoh, kita tentu akan segera membantu orang yang meminjam karena harus berobat atau kondisi urgensi lain ketimbang peminjam yang tujuannya untuk membeli handphone baru. Dari segi kebutuhannya saja sudah berbeda.

Dan kamu juga harus pastikan bahwa orang tersebut tidak berbohong. Ngakunya untuk berobat tapi ternyata untuk hal lain yang tidak penting. Dan masih banyak alasan lain yang dibuat agar pinjaman tidak akan dikembalikan

  1. Buat perjanjian yang jelas

Memang kita tidak perlu membuat perjanjian yang formal seperti bank. Cukup perjanjian secara Gentlemen agreement saja. Dimana kamu sebagai pemberi pinjaman mengajukan ketentuan kapan hutang tersebut harus dibayar. Atau bisa juga si peminjam yang mengajukan kapan waktu pembayaran.

cekaja-daftar-kartu-kredit-belanja-online-harbolnas-CekAja.com

Dan ingat, jangan sertakan bunga, karena jika ini kamu lakukan, maka kamu akan dinamakan rentenir atau lintah darat. Selain akan semakin menyusahkan si peminjam, hubungan relasi kalian pun akan rusak dan pasti akan menimbulkan masalah lain di kemudian hari.

Walau kamu dan si peminjam tidak membutuhkan perjanjian secara tertulis, tapi akan berbeda cerita jika jumlah yang dipinjamkan cukup besar. Misal uang yang akan dipinjamkan sebesar 10 juta. Sebaiknya ada pernyataan tertulis atau surat hutang piutang dan ada saksi. Tapi jika kamu akan membuat surat hutang piutang ini walau jumlah pinjaman tidak besar, maka akan lebih baik lagi.

Demikian tips saat kamu akan beri pinjam duit pada orang lain. Dan jika kamu tidak bisa memberikan pinjaman kamu bisa sarankan pada orang tersebut untuk mengajukan pinjaman tanpa jaminan di CekAja.com. Setidaknya walau orang tersebut tidak mendapat bantuan pinjaman dari kamu, tapi mendapat solusi harus mengajukan pinjaman ke mana. Semoga bermanfaat.

Pinjaman along segera bisa diperoleh dengan mengajukan pinjaman segera online. Sementara untuk pinjaman wang tanpa slip gaji mirip dengan pinjaman segera 2016 begitupun dengan pinjaman wang segera untuk pelajar dan pinjam wang tanpa dokumen.

 

 

Tentang Penulis

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.