Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tips Bikin Toko Offline dengan Modal Mini

by Surtan Siahaan on 22 Januari, 2016

pinjaman ukm_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Bagi pelaku bisnis online, suatu saat tentu memimpikan punya toko offline agar usaha yang dijalankan semakin berkembang. Namun, banyak pebisnis online engggan berspekulasi untuk mendirikan toko offline karena khawatir dengan biaya yang mahal.

Namun, dengan sedikit kreatifitas, sebenarnya pelaku usaha masih bisa menyiasatinya. Tanpa perlu keluar modal besar, berikut sejumlah trik yang bisa kamu terapkan untuk memiliki toko offline dengan biaya murah:

Bagi hasil dengan pemilik tempat

Jika ada tempat yang kamu incar namun tidak yakin dananya cukup, tawarkan sistem bagi hasil dengan pemilik tempat itu. Jelaskan apa saja keuntungan yang diperoleh pemilik lokasi jika mau memberikan tempatnya untuk dijadikan toko.

Buat pemilik tempat yakin bahwa usahamu milikmu sudah punya nama baik secara online. Yang jelas, kamu sendiri akan mendapat keuntungan karena tidak perlu membayar di muka untuk tempat usaha tersebut. Namun, jika perkembangan bisnis offlinemu semakin pesat, sudah pasti bagian yang kamu sisihkan untuk pemilik tempat makin banyak.

(Baca juga: Tips Bisnis Online Jersey Bola Ori untuk Pemula)

Buka di pasar modern

Harga sewa kios di pasar modern Masih lebih murah dibandingkan di mall. Padahal, dari sisi pengunjung, pasar modern tidak kalah dengan mall. Saat ini kategori pengunjung yang berbelanja di pasar modern sudah lebih beragam mulai dari kelas menengah ke bawah hingga orang-orang berduit.

Pasar modern juga memiliki imej yang bersih dan nyaman untuk berbelanja sehingga jangan takut lokasinya tidak cocok dengan imej standar barang jualanmu.

Sharing tempat usaha

Ini alternatif yang bisa kamu pilih jika punya saudara atau kenalan yang sudah lebih dulu membuka toko offline. Tapi, pastikan jangan sampai produk yang kamu pasarkan sama dengan usaha toko saudara atau kenalan itu.

Akan lebih baik jika segmen yang disasar pemilik toko tersebut sejenis dengan segmen usahamu. Jelaskan keuntungan yang akan diperoleh pemilik tempat jika mau berbagi tempat seperti biaya sewa, barang yang semakin lengkap dan pengunjung yang semakin ramai.

Cari mall yang sepi

Untuk menghemat biaya, mencari lokasi usaha di mall atau pertokoan yang sepi juga bisa dilakukan. Namun, syaratnya bisnis online yang kamu jalankan memang sudah punya nama dan pelanggan. Meskipun toko offline didirikan di tempat yang sepi, para pelanggan tetap akan datang.

Keuntungan lain, kepercayaan pelanggan terhadap toko onlinemu akan semakin tinggi karena sudah memiliki lokasi usaha yang bisa didatangi.

(Baca juga: Tips Marketing Murah Meriah untuk Bisnis Skala UKM)

Cari tempat yang tidak startegis

Sama seperti trik yang di atas. Cara ini juga bisa menghemat biaya karena ongkos sewa pada lokasi yang tidak strategis relatif lebih murah. Namun, ingat syaratnya: bisnis online yang kamu jalankan memang sudah punya nama dan pelanggan.

Nah, untuk memancing minat pembeli agar datang berkunjung, gunakan strategi marketing seperti diskon lebih besar dan bonus lebih banyak jika transaksi dilakukan langsung di toko offline.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami