Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Tips Cara Mengatur Keuangan Mingguan Paling Mudah dan Ampuh

by Kyla Damasha on 10 November, 2019

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan kian meningkat dari waktu ke waktu, yang membuat pengeluaran pun menjadi bertambah.

Membeli aneka ragam barang yang kita butuhkan dan inginkan, mulai dari yang terencana hingga yang tidak direncanakan memang sering kali menjadi kepuasan pribadi. Namun apabila terlalu berlebihan, tentu akan memberikan dampak tidak baik kepada diri kita sendiri.

Mulai dari kehabisan uang sebelum akhir bulan hingga tidak sempat mensisihkannya untuk ditabung atau diinvestasikan merupakan beberapa hal yang bisa kamu alami apabila terlalu boros dalam menggunakan uang tersebut.

Nah, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, maka kamu perlu mengetahui cara mengatur keuangan mingguan yang baik dan tepat.

Memang belajar dan mengetahui cara mengatur keuangan mingguan itu akan terasa sedikit sulit bagi sebagian orang. Tetapi jika kamu sudah menerapkannya secara konsisten, tentu kamu juga bisa turut menikmati segudang manfaat yang dihasilkan.

Sebelum kita membahas mengenai tips mudah cara mengatur keuangan mingguan paling ampuh, yuk kita ketahui dulu beberapa manfaat dari mengatur keuangan mingguan yang akan kamu dapatkan. Apa sajakah itu?

Manfaat Mengatur Keuangan Mingguan
1. Perencanaan Masa Depan yang Lebih Baik

Dengan mengetahui cara mengatur keuangan mingguan yang baik, kamu menjadi bisa memiliki perencanaan masa depan yang lebih matang dan baik. Terbebas dari hutang bahkan bisa mulai menabung ataupun berinvestasi demi mewujudkan impianmu di masa yang akan datang.

Tentu kita semua tidak ada yang tahu apa saja yang akan terjadi di masa depan, dan dikarenakan hal itulah kamu juga harus memiliki perencanaan yang matang sejak dini, baik itu perencanaan yang berhubungan dengan masa tua maupun perencanaan yang telah lama kamu ingin lakukan.

Sebagai contoh, uang kamu tabung dapat kamu gunakan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, membeli rumah, biaya pernikahan, hingga menjadikan sebagai modal usaha.

2. Mengatasi Biaya Tak Terduga

Mengetahui cara mengatur keuangan mingguan yang baik juga akan memberikanmu ilmu mengenai dana darurat. Nah, perlu diketahui bahwa dana darurat bersifat wajib di dalam perencanaan keuangan yang tengah kamu lakukan, meskipun hanya sebatas mengatur keuangan mingguan.

Seperti yang telah disinggung di poin sebelumnya bahwa kita tidak ada yang tahu mengenai hal-hal apa saja yang akan terjadi di masa depan, begitu pula dengan hal-hal yang bersifat darurat, seperti biaya rumah sakit,  pengobatan, biaya renovasi rumah, hingga biaya bengkel karena mobil yang mengalami kecelakaan.

Jangan sampai kamu malah mengorbankan keluarga atau orang terdekat karena berhutang dan tidak memiliki simpanan dana darurat ketika dibutuhkan.

3. Menghindari Hutang

Semakin kesini, kebutuhan hidup setiap orang sepertinya semakin meningkat saja. Ditambah lagi dengan hadirnya berbagai fasilitas keuangan masa kini, bahkan sudah tak jarang banyak orang yang memiliki gaya hidup melebihi penghasilan yang mereka hasilkan setiap bulan.

Perlu diingat bahwa meskipun kartu kredit ataupun berbagai aplikasi pinjaman online memang memberikan kita kemudahan dalam memenuhi seluruh kebutuhan sehari-hari, hal yang tak boleh terlupakan ialah bahwa dengan menggunakan fasilitas keuangan tersebut kita justru membuat sebuah hutang baru, yang tentu saja wajib dibayarkan.

Jika kamu menggunakannya secara bijak, kamu pasti juga bisa membayarnya secara teratur. Tetapi saat ini kasus terlilit hutang bahkan sudah tidak asing lagi di Indonesia, dan hal inilah yang harus kamu hindari.

Menggunakan kartu kredit atau pinjaman online memang tidak dilarang, tetapi apabila kamu mengetahui cara mengatur keuangan mingguan dengan baik, maka kasus terlilit hutang pasti tidak akan pernah terjadi.

(Baca Juga: Tips Cara Mengelola Gaji 3 Juta Agar Tetap Hidup Layak di Jakarta

4. Berlatih Pola Hidup Hemat

Pola hidup hemat bukan berarti kamu harus mengorbankan kebahagian dan hidup pas-pasan, melainkan yaitu dengan menjalani hidup yang serba berkecukupan dan bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

Mempelajari cara mengatur keuangan mingguan dengan baik secara tidak langsung juga akan mengajarkanmu mengenai pola hidup hemat yang sebenarnya.

Tidak hanya itu saja, cara mengatur keuangan mingguan juga akan membuatmu belajar dalam mengontrol hutang. Hutang dalam hal ini ialah bukan hutang dalam bentuk konsumtif, tetapi dalam bentuk produktif.

Tips Cara Mengatur keuangan Mingguan Paling Mudah

Setelah mengetahui beberapa manfaat dari mengatur keuangan mingguan yang bisa kamu dapatkan, sekarang saatnya kamu belajar bagaimana cara mengatur keuangan mingguan itu sendiri.

1. Menyusun Perencanaan Anggaran

Cara mengatur keuangan mingguan yang harus kamu lakukan pertama kali yaitu menyusun perencanaan anggaran. Buatlah perencanaan anggaranmu menjadi dua bagian, hal-hal yang paling kamu butuhkan dan hal-hal yang kamu ingin memilikinya namun tidak bersifat darurat.

Selain itu, menyusun perencanaan anggaran juga harus kamu pisahkan dengan kebutuhan harian, mingguan, hingga bulana, sehingga setidaknya seluruh kebutuhanmu selama satu bulan penuh tidak akan mengalami kekurangan. Sebagai contoh, cobalah membuat list perencanaan anggaran seperti berikut ini:

  • Membayar cicilan kartu kredit
  • Pulsa internet dan telfon
  • Ongkos untuk pergi ke kantor setiap harinya
  • Biaya makan siang selama satu bulan
  • Kebutuhan sehari-hari (pasta gigi, shampoo, sabun, dan lain-lain)
  • Sisihkan sebagian untuk ditabung atau investasi

Jangan lupa bahwa perencanaan anggaran juga harus sesuai dengan penghasilanmu setiap bulannya, dan jangan sampai berlebih. Setelah kamu tulis seluruh kebutuhanmu di secarik kertas, maka hal pertama yang harus kamu lakukan ketika mendapatkan gaji yaitu memenuhi seluruh kebutuhan tersebut.

Jika perlu kamu juga bisa memasang reminder di ponsel agar seluruh perencanaan bisa terlaksana dengan baik.

(Baca Juga: 7 Tips Belanja Hemat Bulanan Bagi Karyawan Kantor)

2. Sisihkan untuk Tabungan

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, tabungan dan investasi merupakan kebutuhan yang harus kamu utamakan untuk saat ini sekaligus termasuk salah satu cara mengatur keuangan mingguan paling ampuh.

Tidak hanya bisa dijadikan sebagai perencanaan masa depan, menabung dan investasi juga bisa kamu jadikan sebagai simpanan apabila suatu saat kamu membutuhkannya untuk suatu keperluan darurat.

Usahakan langsung menyisihkan sebagian uang untuk ditabung sesegera mungkin ketika gaji bulanan telah masuk ke rekening. Banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk menabung, seperti mengikuti program tabungan yang disediakan oleh pihak bank, membuka rekening baru yang tidak mengenakan biaya administrasi, hingga mengalokasikan uang tabungan ke dalam bentuk investasi.

Untuk pemula, jenis instrumen investasi paling aman yang bisa kamu jadikan pilihan yaitu investasi emas. Hal tersebut dikarenakan nilai emas yang cenderung stabil membuat jenis investasi satu ini memiliki risiko yang paling rendah dibandingkan jenis investasi lainnya.

3. Hindari Belanja Berlebih

Masih berhubungan dengan poin-poin sebelumnya. Meskipun kamu sudah membuat perencanaan anggaran diawal bulan, tetap saja berbelanja keinginan pribadi tidak bisa dilakukan secara berlebihan, jika kamu tidak ingin bersedih di tanggal tua.

Cobalah untuk mengontrol diri dalam berbelanja apapun. Sebagai contoh, selama satu bulan kamu hanya membeli satu pasang baju atau sepatu saja, dan lakukanlah hal yang sama untuk bulan-bulan berikutnya. Apabila uang mu masih tersisa cukup banyak di akhir bulan, maka kamu bisa memasukannya ke tabungan.

4. Evaluasi Pengeluaran Setiap Bulan

Setelah membelanjakan dan menggunakan uangmu untuk berbagai kebutuhan, jangan lupa untuk selalu melakukan report dan evaluasi setiap akhir bulan. Apakah pengeluaranmu sesuai dengan anggaran yang telah ditentukan, kurang dari anggaran, atau justru melebihi anggaran.

Dengan rajin membuat catatan evaluasi secara berkala, kamu jadi bisa menilai kelemahanmu dalam mengelola keuangan. Cara mengatur keuangan mingguan selanjutnya yang harus kamu lakukan, yaitu dengan mencari tahu cara yang tepat untuk menanggulangi kelemahan yang kamu miliki.

Mengetahui cara mengatur keuangan mingguan yang baik penting untuk kamu ketahui agar kedepannya kamu bisa belajar untuk lebih hemat dan memiliki kesempatan dalam mewujudkan impian di masa yang akan datang.

Meskipun terkadang hal ini akan sedikit sulit dilakukan bagi sebagian orang, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba. Ingin mulai berinvestasi? Yuk pilih dan bandingkan instrumen investasi apa yang paling baik di CekAja.com.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda