Tips Cara Menghemat Kuota Internet Agar tidak Cepat Habis

5 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Menurutmu, apa yang paling penting dan wajib dimiliki ketika kamu menggunakan smartphone? Mungkin sebagian besar orang akan menjawab kuota internet.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa hadirnya kuota internet sangat membantu dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Ditambah lagi bahwa hampir sebagian masyarakat saat ini sudah menggunakan smartphone dalam menjalankan kehidupan.

Hanya saja, penggunaan yang salah sering kali menjadi penyebab kebutuhan kuota internet menjadi semakin membengkak, yang mengakibatkan pengeluaranmu menjadi lebih boros karena harus membeli kuota internet itu sendiri. Dikarenakan hal inilah, penting bagimu untuk mengetahui cara menghemat kuota internet agar tidak cepat habis.

Tetapi, sebelum kita mengarah langsung ke pokok pembahasan mengenai cara menghemat kuota internet, sepertinya penting sekali untuk mengetahui kira-kira apa saja sih yang menyebabkan kuota internet menjadi cepat habis?

Penyebab Kuota Internet Cepat Habis

1. Game Online

Mungkin sebagian besar dari kamu harus mengakui sebagai salah satu orang yang sering menggunakan smartphone untuk bermain game online, seperti mobile legend dan PUBG. Nah, perlu diketahui bahwa game-game tersebut ternyata merupakan penyebab kuota internetmu cepat habis lho.

Meskipun kedua game tersebut sangat bersifat adiktif, tetapi akan lebih baik jika kamu tidak memainkannya menggunakan kuota internet sendiri jika tidak mau penggunaan kuota internetmu menjadi membengkak.

2. Streaming Video

Penyebab kedua yang membuat kuota internet menjadi cepat habis yaitu streaming video atau musik yang bersifat online. Meskipun menonton video atau mendengarkan musik sangat ampuh dalam mengisi kebosanan, tetap saja dua hal tersebut harus mulai kamu batasi.

Tidak hanya melalui youtube, streaming video seperti melalui Dramald.com dan layarkaca21 juga bisa membuat kuota internetmu menjadi cepat habis. Selain itu, aplikasi streaming musik seperti Joox dan Spotify juga tidak boleh dilupakan sebagai salah satu pemicu kuota internet yang cepat habis.

Maka dari itu, jika kamu ingin menonton video atau mendengarkan musik, akan lebih baik jika kamu mendownload nya saja, sehingga bisa ditonton maupun didengarkan berulang kali.

3. Video Call

Saat ini sudah semakin banyak fitur-fitur video call yang bisa kamu gunakan, seperti melalui Whatsapp dan Instagram. Nah, perlu diketahui bahwa meskipun fitur video call sangat membantmu dalam berkomunikasi, tetapi ternyata tanpa disadari fitur tersebut juga menjadi salah satu penyebab kuota internet yang cepat habis.

(Baca Juga: Rekomendasi Channel YouTube Terbaik Buat Belajar Nyetir Mobil)

Tips Cara Menghemat Kuoata Internet

Meskipun terdapat beberapa hal yang bisa memicu habisnya kuota internet, bukan berarti kamu dilarang untuk melakukan kegiatan-kegiatan tersebut lho. Kamu masih bisa bermain game ataupun melakukan video call asalkan tidak berlebih. Selain itu, kamu juga bisa melakukan kegiatan-kegiatan tersebut dengan bebas ketika kamu memiliki koneksi wifi.

Nah, selain dengan memanfaatkan koneksi wifi, kamu juga bisa melakukan beberapa cara menghemat kuota internet agar tidak cepat habis. Lalu, apa saja sih cara menghemat kuota internet yang bisa kamu lakukan?

1. Ubah Fitur Maps ke Mode Offline

Ubah Fitur Maps ke Mode Offline - Tips Cara Menghemat Kuota Internet Agar tidak Cepat Habis

Tips pertama di dalam cara menghemat kuota internet yang cukup ampuh yaitu penggunaan maps. Ketika tengah di perjalanan, mungkin terkadang kamu akan membutuhkan peta sebagai penunjuk jalan. Perlu diketahui bahwa google maps yang terdapat di Hp mu memiliki mode offline yang bisa kamu gunakan.

Selama di perjalanan, maps akan memberikan arah baik itu melalui suara maupun penunjuk visual sehingga akan mempermudahmu dalam mencapai ke lokasi tujuan. Saat ini ternyata masih banyak yang tidak menyadari bahwa fitus maps itu sendiri bisa menjadi pemicu terkurasnya kuota internet.

Ditambah lagi jika kamu menggunakan layanan built-in navigation, turn-by-turn direction dan melihat traffic atau kemacetan jalanan secara real-time. Maka dari itu, agar tidak cepat habis salah satu cara menghemat kuota internet yang bisa kamu lakukan yaitu dengan merubah pengaturan maps, dari mode online ke offline.

Untuk pengguna android, cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan klik ‘search bar’ yang terdapat di atas aplikasi maps dan geserlah hingga kamu menemukan pilihan ‘save map to use offline’. Sedangkan untuk pengguna IOS, kamu hanya perlu merubah pengaturan ke flight mode.

2. Perhatikan Penggunaan Browser

Perhatikan Penggunaan Browser - Tips Cara Menghemat Kuota Internet Agar tidak Cepat Habis

Ternyata tanpa kita sadari penggunaan browser juga bisa mempengaruhi habisnya kuota internet lho. Terutama bagi yang sering menggunakan browser default yang merupakan bawaan dari smartphone itu sendiri, sebaiknya kamu tidak menggunakannya lagi karena diyakini bisa mengambil kuota internet secara ekstrem.

Sebaliknya, cara menghemat kuota internet yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mengunduh aplikasi browser yang lebih efisien, seperti Opera Mini, yang sudah banyak terbukti mampu menyimpan kuota internet secara primer dengan mengompres situs yang kamu kunjungi.

3. Identifikasikan Aplikasi yang Banyak Menyedot Kuota Data

Identifikasikan Aplikasi yang Banyak Menyedot Kuota Data - Tips Cara Menghemat Kuota Internet Agar tidak Cepat Habis

Cara menghemat kuota internet lainnya adalah dengan melakukan identifikasi mengenai aplikasi-aplikasi apa saja yang banyak menyedot kuota data. Lalu, bagaimana cara mengetahuinya? Caranya yaitu kamu bisa mengunjungi menu Setting > Data Usage dan scroll kebawah hingga menemukan daftar-daftar aplikasi yang sekiranya memakan banyak kuota.

Nah, cara menghemat kuota internet yang bisa kamu lakukan dalam hal ini yaitu dengan uninstall aplikasi-aplikasi yang banyak menyedot kuota tersebut.

(Baca Juga: Provider Internet Rumah Terbaik dan Cara Berlangganannya, Cek Yuk!)

4. Tidak Melakukan Update Otomatis

Tidak Melakukan Update Otomatis - Tips Cara Menghemat Kuota Internet Agar tidak Cepat Habis

Aplikasi-aplikasi yang terdapat di smartphone biasanya membutuhkan update secara berkala untuk pembaharuan sistem dan sebagainya. Nah, terkadang kita sering kali lupa merubah pengaturan sehingga aplikasi tersebut justru ter-update secara otomatis ketika kita menyalakan paket data.

Tanpa disadari pengaturan update otomatis tersebut ternyata mampu membuat penggunaan kuota internet semakin boros. Maka dari itu, cara menghemat kuota internet yang bisa kamu lakukan yaitu dengan men-nonaktifkan update otomatis di smartphone. Ataupun jika kamu ingin update otomatis, pilihlah update otomatis dengan menggunakan wifi saja,

Bagi pengguna android, kamu bisa melakukannya dengan cara masuk ke Play Store dan pilih menu Setting > Auto-Update Apps > Auto-Update Apps Over Wifi Only. Dengan demikian pembaharuan apps hanya bisa dilakukan dengan menggunakan wifi saja tanpa menguras kuota internet.

5. Batasi Mobile Data dan Aktifkan Peringatan

Batasi Mobile Data dan Aktifkan Peringatan - Tips Cara Menghemat Kuota Internet Agar tidak Cepat Habis

Cara menghemat kuota internet lainnya yang bisa kamu lakukan yaitu dengan membatasi penggunaan mobile data dan aktifkan peringatan. Ketika kamu tengah berada di luar rumah, usahakan untuk tidak mengaktifkan mobile data secara terus-menerus dan aktifkanlah jika kamu memang membutuhkannya, seperti ketika sedang janjian dengan teman sehingga kamu membutuhkan koneksi internet untuk berkomunikasi.

Selain itu, kamu juga bisa mengaktifkan fitur peringatan agar apabila penggunaan kuota internet telah melebihi limit, maka kamu akan mendapatkan notifikasi peringatan. Cara mengaktifkan notifikasi peringatan tersebut yaitu dengan cara masuk ke menu Setting > Data Usage > Cellular Data > Set Cellular Data Limit dan klik untuk mengaktifkan fitur peringatan. Sangat aman, bukan?

Jadi, apabila pengeluaran bulananmu dirasa cukup boros, mungkin saja hal tersebut dikarenakan penggunaan internet yang berlebihan. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengikuti beberapa langkah dari cara menghemat kuota internet yang baru saja kita bahas guna meminimalisir pengeluaran bulanan.

Selain itu, jika kamu tidak ingin pengeluaran bulanan menjadi membengkak, kamu juga bisa lho memanfaatkan berbagai promo dan diskon menarik dari produk kartu kredit kesayangan. Yuk segera ajukan kartu kreditmu di CekAja.com.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha