Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Tips dan Trik Memborong Barang di Harbolnas 2018

by Sindhi Aderianti on 6 Desember, 2018

Di akhir tahun ini, ratusan e-commerce tengah gencar menebar diskon besar-besaran. Puncaknya akan ada di tanggal 12 Desember yang biasa disebut dengan Harbolnas. Nah, bagi Anda yang ingin ikut berpartisipasi simak tips dan trik memborong di Harbolnas 2018.

Diselenggarakan pertama kali pada tahun 2012 melalui inisiatif dari Lazada, Berrybenka, Zalora, Blanja, PinkEmma, dan Bukalapak. Hingga detik ini, Harbolnas telah menginjak tahun keenam, dengan lebih dari 250 e-commerce yang berpartisipasi.

Berburu diskon saat Harbolnas memang sangat menyenangkan. Anda bisa mendapat banyak keuntungan selagi memborong banyak barang dengan harga jauh lebih murah dari biasanya.

Sebut saja barang elektronik, fashion, kosmetik, perabot rumah tangga, makanan, kebutuhan bayi, buku, sampai buku. Semua bisa Anda temukan pada Harbolnas 2018.

Namun di sisi lain Anda juga perlu berhati-hati, karena ada saja beberapa diskon yang mungkin sedikit ‘menjebak’. Misalnya harga setelah diskon yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan aslinya.

Agar Harbolnas 2018 ini tetap menguntungkan momen belanja Anda, yuk simak tips dan trik berikut ini terlebih  dahulu!

1. Belanja di jam 12 malam

Tips dan trik memborong di harbolnas yang pertama, pastikan Anda mengecek aplikasi atau website e-commerce incaran tepat pada jam 12 malam. Sebab biasanya deal paling bagus justru ada di waktu tersebut. Deal yang dimaksud dapat berupa flash sale atau diskon terbatas.

Sistem “siapa cepat dia dapat” juga berlaku dalam Harbolnas, mengingat stok yang tersedia umumnya tidak terlalu banyak, terutama untuk kategori barang berharga seperti elektronik atau gadget.

(Baca juga: Siasat Belanja Hemat Saat Liburan di Luar Negeri)
2. Perhatikan reputasi toko

Ada banyak penjual dan toko resmi dalam e-commerce. Meski telah memiliki sistem keamanan yang dapat menghindari konsumen dari penipuan, Anda tetap perlu memperhatikan reputasi toko. Cek melalui fitur rating dan ulasannya baik-baik.

Ulasan yang jujur dari pembeli serta tinggi rendahnya rating pada toko tersebut, otomatis akan membantu Anda membuat keputusan untuk jadi membeli barang tersebut atau tidak. Hindari toko yang sudah lama tidak aktif, karena akan sedikit diragukan keberadaannya sekarang.

3. Cari ongkos kirim gratis

Lalu, usahakan cari e-commerce yang memberikan ongkos kirim gratis. Terkadang yang membuat diskon jadi sedikit ‘menjebak’ adalah ongkir yang justru mahal. Padahal barang belanjan Anda sudah termasuk murah.

Di sinilah pentingnya promo tersebut. Anda bisa lebih berhemat 10 rupiah hingga 25 ribu rupiah dalam sekali transaksi. Cek kembali pula dimana lokasi pemilik toko di e-comerce yang berpartisipasi dalam Harbolnas. Pastikan Anda memiliih yang paling dekat dengan tempat Anda tinggal.

(Baca juga: Kiat Belanja Hemat di IKEA, Cek di Sini!)
4. Manfaatkan promo bank

Untuk Anda pemilik kartu kredit, manfaatkan berbagai keuntungan yang biasanya diberikan oleh sejumlah perusahaan bank. Bank-bank ini memang sudah bekerjasama dengan e-commerce tertentu sebelumnya. Contoh promo bank yang sering diberikan adalah bunga 0 persen. Jadi, Anda bisa menyicil barang dengan lebih ringan setiap bulannya.

Tenor cicilannya pun beragam, mulai dari 3,6,12, sampai 24 bulan. Selain itu, biasanya ada juga promo cashbak sebesar Rp200.000 di semua e-commerce yang menjadi peserta Harbolnas 2018. Menarik, bukan? Jika belum punya kartu kredit, apply sekarang juga di CekAja.com!

5. Pakai kupon diskon

Sebelum check out dan membayar, jangan lupa untuk memeriksa terlebih dahulu potongan kupon diskon yang disediakan oleh e-commerce pilihan Anda. Beberapa e-commerce ternama biasanya akan memberi berbagai potongan kupon.

Sebut saja potongan diskon tambahan mulai 10 persen, kupon cashback, atau gratis ongkos kirim tanpa minimum pembayaran. Ini tentu akan membuat momen belanja Anda semakin untung.

Kupon diskon tersebut umumnya berupa kode dalam beberapa huruf, contohnya PROMO10. Masukkan kode tadi ketika check out pada kolom “voucher”, baru lakukan pembayaran dengan metode yang Anda inginkan.

 (Baca juga: 5 Tips Hemat Belanja Bahan Pokok)

Banyaknya promo menarik yang ditawarkan tentu amat menggoda bagi semua orang untuk membeli segala barang yang mereka suka. Sehingga Harbolnas 2018 sayang bila dilewatkan. Apalagi diskon besar-besaran seperti ini hanya sekali dalam setahun. Kapan lagi?

Bahkan ada sisi positifnya untuk negara, lho. Sebab secara tidak langsung, belanja produk lokal Anda  membantu tingkatkan perekonomian Indonesia.

Mengingat e-commerce yang menjadi peserta Harbolnas 2018 rata-rata merupakan karya anak bangsa sendiri. Namun tetap ingat satu hal, selalu prioritaskan mana barang yang lebih Anda butuhkan saat berbelanja ya, agar pengeluaran di akhir tahun tidak membengkak.

Tentang Penulis

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.