Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tips dari Meowholic Agar Tidak Boros Saat Memelihara Kucing

by Tisyrin N. T on 12 November, 2016

biaya hewan peliharaan_kartu kredit - CekAja.com

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan favorit. Sebanyak 76% responden dalam survei Cats Protection mengatakan stres mereka berkurang karena berinteraksi dengan kucing. Pantas saja ya kucing memiliki banyak penggemar, bagaimana denganmu?

Jika kamu memelihara kucing, kamu juga harus pandai-pandai mengatur pengeluaranmu. Belum lama ini CekAja.com berbincang dengan Ketua Komunitas Pecinta Kucing Meowholic, Eko Wratmoyo. Khusus untuk pembaca CekAja.com, Eko dan tim CekAja memberikan tips mengatur keuangan bagi para cat lover. 

Tak perlu berlebihan memberi makan kucing

Apabila kucing makan secara berlebihan, bisa terancam obesitas seperti halnya manusia lho. Sebaiknya, kamu berikan makan kucingmu secara teratur, seperti pada pagi dan sore hari dengan porsi secukupnya.

Kamu juga tidak harus membeli makanan yang paling mahal untuk kucingmu. Yang terpenting, kucingmu suka dan lahap memakannya. Untuk mengetahui kualitas makanan dari berbagai brand, kamu bisa cari tahu dari review makanan kucing di internet.

Jika kamu hanya punya satu ekor ekor, cukup membeli makanan re-packaging yaitu yang dikemas dalam ukuran kecil, tak perlu membeli satu karung. Karena jika kamu merasa punya banyak stok dan kucingmu lahap saat makan, kamu akan mudah tergoda memberikannya makan kapan saja. Ujung-ujungnya kamu pun jadi boros dalam hal membeli makanan untuk kucingmu. (Baca juga: Kamu Mungkin Tak Sadar, Ternyata Donald Trump Pernah Muncul di Film film Berikut)

Pelihara kebersihan

Agar kucingmu tak mudah terkena penyakit, kamu harus perhatikan betul kebersihannya. Mandikan kucing secara teratur serta perhatikan pula kebersihan kandangnya. Jangan lupa ya untuk membersihkan kotorannya setiap hari. Jika kucing sakit, selain merasa sedih, kamu juga harus rela mengeluarkan uang untuk membawanya ke dokter.

Manfaatkan layanan kesehatan hewan gratis

Cobalah cari informasi tentang layanan kesehatan hewan yang memasang tarif lebih murah atau bahkan gratis. Di Bandung misalnya, terdapat layanan kesehatan hewan gratis milik Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertapa) Kota Bandung.

Buat mainan sendiri untuk kucingmu

Kamu mungkin gampang tergoda membeli berbagai macam mainan untuk kucingmu. Padahal kamu bisa lho membuat sendiri mainan untuknya, lihatlah tutorial cara membuatnya di YouTube. Atau, kamu bisa gunakan cara lain membuat kucingmu senang dan terhibur yakni dengan mengajaknya jalan-jalan.

Beli peralatan grooming dan mandikan sendiri kucingmu

Belilah peralatan grooming dan belajarlah untuk memandikan sendiri kucingmu. Biaya memandikan kucing di petshop mulai dari Rp 50.000. Padahal kamu bisa membeli sendiri peralatannya seperti blower seharga Rp 250.000, sisir Rp 90.000. gunting kuku kucing Rp 50.000, dan sebagainya.

Meski cukup banyak biaya yang harus kamu keluarkan untuk membeli peralatan grooming, kamu bisa memakainya berkali-kali bukan? (Baca juga: Perlengkapan yang Harus Dimiliki jika Ingin jadi Vlogger Profesional)

Titipkan ke sesama pecinta hewan ketika kamu bepergian

Biaya untuk menitipkan kucing ketika kamu berpergian sekitar Rp 50.000 per hari, coba bayangkan jika kamu travelling selama tiga hari, kamu harus mengeluarkan Rp 150.000. Padahal biaya itu bisa kamu alokasikan untuk keperluan lain misalnya membeli asuransi perjalanan atau tambahan uang sakumu.

Carilah saudara atau teman pecinta kucing yang bersedia secara ikhlas merawat dan menjaga kucingmu selama kamu pergi.

Butuh kartu kredit yang berikan diskon belanja dan cashback hingga jutaan rupiah setiap transaksi? Daftar sekarang juga di sini

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami