Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Tips Finansial Buat yang Mau Travelling Akhir Tahun Ini

by Tisyrin on 9 November, 2016

liburan akhir tahun - CekAja.com

Bila rasa jenuh sudah menghinggapi hari-hari kamu, pelesir ke tempat-tempat baru akan mampu menyingkirkan penat.

Bersantai di pantai yang sepi atau duduk di puncak gunung memandang keindahan ciptaan-Nya, akan mengembalikan semangatmu. Agar travelling semakin lancar, ini tips liburan hemat yang bisa kamu terapkan.

Lindungi diri dengan asuransi perjalanan

Tahukah kamu asuransi perjalanan memiliki premi yang sangat murah jika dibandingkan dengan nilai pertanggungan yang diperoleh?

Asuransi perjalanan akan memberikan berbagai benefit ketika penerbangan dibatalkan seperti bagasi rusak atau hilang, paspormu hilang, sakit, hingga melindungi harta bendamu ketika kamu bepergian. Kamu hanya perlu membayar premi asuransi perjalanan mulai dari puluhan ribu rupiah.

Widget TRV Insurance

Bawa kartu kredit untuk jaga-jaga

Saat di luar negeri, kamu mungkin hanya menyiapkan mata uang asing dalam jumlah terbatas. Untuk berjaga-jaga, bawalah kartu kredit selama berlibur. Kartu kredit juga bisa digunakan saat menyiapkan liburan, misalnya untuk mendapatkan diskon tiket pesawat dan hotel, atau agar kamu bisa mencicil biaya tiket pesawat dan hotelmu.

Kartu kredit juga bisa membuatmu menikmati kenyamanan airport lounge. Namun, setiap akan melakukan transaksi, kamu harus yakin akan mampu melunasi tagihannya kelak. Jangan gunakan kartu kredit di luar kemampuanmu untuk membayar.

Jangan terlalu banyak bawa uang tunai

Batasi jumlah uang tunai yang kamu bawa. Tujuannya agar kamu tidak menggunakannya secara berlebihan. Jika ada transaksi yang bisa menggunakan kartu debit, manfaatkanlah. Saat kartu debitmu hilang, kamu bisa langsung memblokirnya bukan? Namun, jika uangmu yang hilang, kamu akan kesulitan.

Letakan uang tunai secara terpisah di beberapa tempat

Kamu harus meletakan uang tunai secara terpisah di beberapa tempat. Sebar uangmu di dompet, tas, dan kopermu. Tujuannya untuk meminimalisir risiko ketika kamu kecopetan. Sebaiknya kamu juga meletakan kartu debit dan kartu kredit secara terpisah. (Baca juga: Hobi Berikut Ini Bisa Lebih Murah Asal Gunakan Keuntungan Kartu Kredit)

Minimalisir pembelian oleh-oleh

Biaya untuk membeli oleh-oleh tergolong menguras kantong. Oleh karena itu, kamu harus lebih selektif dalam memilih oleh-oleh dan menentukan siapa yang akan kamu berikan oleh-oleh. Pertimbangkan baik-baik masalah ini, karena tak jarang oleh-oleh yang kamu belikan malahan tak terpakai atau tak termakan.

Kamu juga harus berani menolak ketika ada orang yang menitip sesuatu tanpa memberikan uangnya. Selain kamu harus mengorbankan waktu untuk mencari titipan tersebut, belum tentu orang itu akan memberikan uang ganti karena menganggap itu adalah pemberian gratis untuknya.

Butuh kartu kredit yang berikan keuntungan travelling seperti tiket pesawat gratis dan voucher hotel? Daftar sekarang juga di sini

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami