10 Tips Hadapi Pandemi untuk Ibu Hamil Agar Kesehatan Terjaga

Tips hadapi pandemi untuk ibu hamil perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan fisik maupun mental. Dalam kondisi tersulit sekalipun, ibu hamil harus mengupayakan yang terbaik demi buah hati, agar keduanya senantiasa sehat hingga waktu kelahiran tiba.

10 Tips Hadapi Pandemi untuk Ibu Hamil Agar Kesehatan Terjaga

Pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai membuat kita semua harus bersabar menghadapinya. Cara menjaga kesehatan jadi harus dilakukan ekstra, agar kita tidak ikut terinfeksi virus corona. Tak terkecuali bagi ibu hamil yang sedang dalam kondisi kesehatan yang lemah dan rentan terserang penyakit.

Selain berusaha untuk selalu di rumah saja dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, ibu hamil juga perlu mengetahui tips hadapi pandemi untuk ibu hamil. Bukan hanya kesehatan fisik yang harus diprioritaskan, melainkan kesehatan mental juga.

Kali ini, CekAja akan berikan sepuluh tips hadapi pandemi untuk ibu hamil yang bisa dilakukan. Simak informasinya berikut ini.

Risiko Ibu Hamil Terpapar Covid-19

Sebelum mengetahui tips hadapi pandemi untuk ibu hamil, kamu juga harus memahami risiko ibu hamil terpapar virus.

Ibu hamil masuk ke dalam golongan orang yang rentan terinfeksi virus dan bakteri. Hal ini disebabkan oleh melemahnya sistem imun pada wanita yang sedang hamil.

Ada beragam sebab menurunnya imunitas ibu hamil. Di antaranya karena aktivitas sel pengontrol infeksi virus yang berkurang, dan melemahnya kekuatan fisik (energi) saat hamil. Sistem imun kinerjanya akan semakin lemah jika ibu hamil tidak mencukupi kebutuhan nutrisinya, atau mengalami stres.

Maka dari itu, sangat penting bagi ibu hamil lebih menjaga kesehatannya, bahkan hingga saat masa menyusui anak.

Dilansir dari CNN Indonesia, hingga awal Juli 2021, jumlah ibu hamil yang positif Covid-19 sudah mencapai 536 orang dan 3 persen di antaranya meninggal dunia. Mayoritas ibu hamil yang terkena Covid-19 adalah orang tanpa gejala (OTG), sehingga penanganan medis yang harusnya disegerakan justru jadi terlambat dilakukan.

Virus Covid-19 pada ibu hamil memang tidak melulu langsung diturunkan pada bayi yang dilahirkan. Masih besar kemungkinan bayi lahir dengan selamat tanpa tertular virus yang menginfeksi sang ibu.

Namun, virus yang menginfeksi ibu hamil tentu saja akan lebih berpotensi merusak jaringan dan organ tubuh, mengingat sistem imun ibu hamil sedang berada dalam kondisi yang lemah.

Berusaha untuk selalu berada di dalam rumah menjadi hal penting, agar risiko penularan virus pada ibu hamil bisa dicegah.

Tips Hadapi Pandemi untuk Ibu Hamil

Berada di dalam rumah mungkin akan memicu stres pada sebagian orang, tak terkecuali untuk ibu hamil. Jangan terlalu khawatir, kamu bisa menerapkan beberapa tips hadapi pandemi untuk ibu hamil berikut ini.

1. Selalu Konsumsi Makanan Bergizi

Pertama, selalu ingat bahwa kebutuhan nutrisi dan gizi sangat dibutuhkan ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Selain agar sang calon ibu selalu memiliki energi untuk menjalani aktivitas, gizi lengkap juga akan membantu janin berkembang dengan baik.

Penuhi kebutuhan gizi seimbang, yang terdiri dari karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral, asam folat, serta kebutuhan cairan dengan minum air putih 2,5 liter per hari.

2. Minum Vitamin Kehamilan

Tips hadapi pandemi untuk ibu hamil yang kedua adalah jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin selama masa kehamilan yang diresepkan dokter atau bidan. Sebab tidak kebutuhan semua vitamin dan mineral bisa dipenuhi hanya lewat makanan yang dikonsumsi.

Berbagai jenis vitamin yang dibutuhkan janin untuk dapat berkembang dengan baik antara lain asam folat, kalsium, zat besi, vitamin B kompleks, vitamin K, dan lain sebagainya.

3. Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Di masa pandemi ini snagat penting untuk menjaga kebersihan. Ibu hamil harus rajin mencuci tangan, mandi dua kali sehari, rutin memotong kuku, dan keramas.

Jika kamu terpaksa beraktivitas di luar rumah, gunakan masker dan segera mandi begitu pulang ke rumah. Tidak disarankan memakai ulang pakaian atau jaket yang dikenakan setelah beraktivitas di luar rumah.

(Baca Juga: 9 Cara Mencegah Bayi Lahir Cacat, Ibu Hamil Wajib Tahu!)

4. Hindari Stres

Menjaga kesehatan fisik juga harus dibarengi dengan menjaga kesehatan mental. Tips hadapi pandemi untuk ibu hamil ini tidak boleh dianggap sepele, karena stres yang dirasakan ibu hamil berakibat buruk bagi kondisi janin.

Meskipun dalam kondisi sulit untuk bepergian ke luar rumah, namun kamu bisa melakukan beberapa hal yang menghibur. Misalnya mengerjakan hobi, nonton film, masak makanan favorit, mendengarkan musik, olahraga ringan, atau meditasi dengan prenatal yoga.

Kamu juga bisa jalan-jalan di dalam mobil saja mengelilingi kota, atau memesan makanan dengan layanan drive thru.

5. Jangan Kontak Fisik dengan Orang Sakit

Di masa pandemi, penting untukmu juga agar menghindari orang yang sedang sakit. Jika dalam satu rumah ada anggota keluarga yang sakit, sebaiknya ibu hamil menghindarinya dulu.

Menjaga kondisi kesehatan dari risiko penyakit menular penting, karena saat ini fasilitas kesehatan sedang berfokus menangani pasien Covid-19. Sehingga jumlah fasilitas kesehatan pun terbatas.

6. Gunakan Waktu Luang untuk Quality Time

Tips hadapi pandemi untuk ibu hamil lainnya yakni memanfaatkan waktu untuk quality time dengan pasangan, keluarga, maupun sahabat.

Ibu hamil sangat mungkin merasa stres karena selalu di rumah di masa pandemi ini. Maka dari itu, waktu yang berkualitas bisa digunakan untuk dijadikan sharing session mengenai keluh kesah selama hamil, sekadar membicarakan topik yang ringan dan menghibur, meminta dukungan dari orang terdekat, atau menanyakan kabar terkini.

7. Pelajari Cara Pantau Kesehatan Ibu dan Janin

Selama hamil, calon ibu juga disarankan mempelajari segala materi tentang cara memantau kesehatan ibu dan janin. Banyaknya pengetahuan yang didapat akan membuat ibu lebih sigap menangani keluhan fisik jika sewaktu-waktu terjadi, apalagi bagi ibu hamil yang memasuki usia kandungan trimester akhir.

Misalnya mempelajari gejala Covid-19, ciri-ciri kontraksi, frekuensi munculnya gerakan janin per hari sesuai usia kandungan, dan lain sebagainya.

(Baca Juga: 9 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Anak)

8. Ketahui Hak Ibu Hamil Sebagai Pekerja

Apabila ibu hamil harus bekerja di masa pandemi, maka kamu juga harus mengetahui hak pekerja yang sedang hamil.

Saat masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang diberlakukan pemerintah, maka hanya perusahaan yang bergerak di bidang esensial saja yang harus bekerja dari kantor. Selebihnya, maka semua karyawan wajib bekerja dari rumah saja.

Ibu hamil sebagai orang dengan imunitas yang lemah berhak mengajukan sistem bekerja dari rumah, jika pekerjaannya memang memungkinkan dikerjakan di rumah.

Sedangkan bagi ibu hamil yang harus bekerja di luar rumah bukan sebagai karyawan suatu perusahaan, maka berlakukanlah protokol kesehatan yang ketat.

9. Manfaatkan Telemedicine untuk Kontrol Kehamilan

Ibu hamil pasti memiliki jadwal kontrol kehamilan ke bidan atau dokter spesialis kandungan. Untuk kebutuhan ini, tips hadapi pandemi untuk ibu hamil yang harus dilakukan adalah dengan memanfaatkan layanan telemedicine atau layanan konsultasi dokter secara online.

Dengan begitu, kamu tidak perlu pergi ke luar rumah untuk konsultasi ke klinik atau rumah sakit. Mengingat peluang penularan penyakit sangat tinggi di fasilitas kesehatan tersebut.

10. Rencanakan Persalinan di Klinik atau RSIA

Kemudian untuk ibu hamil yang sudah mendekati Hari Perkiraan Lahir (HPL), rencanakan persalinanmu dengan matang. Disarankan untuk bersalin di klinik kecil atau di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) yang tidak menjadi rumah sakit rujukan pasien Covid-19.

Hal ini juga akan melindungi ibu hamil dari risiko penularan virus. Nantinya, sebelum persainan, ibu hamil wajib menjalani swab test atau PCR test untuk mendeteksi keberadaan virus.

Itu dia beberapa tips hadapi pandemi untuk ibu hamil yang bisa kamu lakukan. Jaga kesehatanmu dan keluarga dengan berusaha selalu berada di rumah, dan menaati protokol kesehatan jika memang harus bepergian.

Selain itu, berikan perlindungan ekstra dengan memiliki asuransi kesehatan agar biaya kesehatan bisa ter-cover tanpa rasa khawatir.

Pilih produk asuransi kesehatan terbaik di marketplace produk finansial terpercaya seperti CekAja.com. Kami akan membantumu memilih produk yang pas sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Proses pengajuan asuransi kesehatan juga sangat mudah, karena kamu hanya perlu mengisi formulir pengajuan online dan membayar premi bulan pertama.

Yuk, segera nikmati jaminan kesehatan dari asuransi terbaik di masa pandemi. Bandingkan dan ajukan asuransi hanya melalui CekAja.com!