Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tips Hemat Berbelanja Keperluan Natal dan Tahun baru

by Ariesta on 24 Desember, 2015

Natal dan tahun baru bisa menjadi momen yang cukup menguras kantong. Membeli hadiah, liburan bersama teman, kumpul bersama keluarga, atau belanja diskon di mall bisa membuat tabungan jebol kalau tidak membuat perhitungan secara cermat. Tapi jangan khawatir karena dengan tips berikut, Anda bisa menikmati momen natal dan tahun baru sambil tetap berhemat.

Membuat anggaran

Buat anggaran dan patuhi anggaran yang telah Anda buat. Ini merupakan cara paling ampuh untuk mencegah pengeluaran berlebihan di musim liburan. Lebih baik jika Anda benar-benar merincikan apa saja yang harus dibeli dan mana saja yang tidak.

Pilihan kartu kredit banyak diskon bisa didapatkan di sini.

Hindari pergi ke mall

Mall merupakan teritori berbahaya yang harus dihindari jika ingin berhemat. Apalagi jika Anda merupakan tipe orang mudah tergoda oleh diskon. Namun jika terpaksa mengunjunginya demi membeli hadiah tahun baru untuk kerabat, Anda harus patuh pada anggaran yang telah dibuat. Misalnya jika ingin membelikan bibi Anda peralatan masak dan hanya punya anggaran Rp 200 ribu, maka jangan membeli lebih dari itu.

(Baca juga: 4 Tips Berburu Diskon Natal dan Tahun Baru)

Manfaatkan diskon

Ada banyak diskon menjelang akhir tahun. Namun agar tidak mudah terkecoh, sebelumnya Anda harus teliti dan sebaiknya mengetahui harga asli dari barang yang akan dibeli. Tak jarang toko menaikkan harga sekian persen sebelum dipotong diskon agar terkesan murah. Padahal harga yang Anda bayar sama dengan harga aslinya.

Manfaatkan kartu kredit

Banyak toko bekerja sama dengan perusahaan kartu kredit dengan memberikan cicilan nol persen bahkan cash back. Jangan malas mecari informasi yang bisa didapatkan dari kartu kredit Anda.

Belanja online

Malas keluar rumah karena jalanan pasti macet dengan orang yang berlibur? Mala mencari parkiran saat berbelanja hadiah? Online shop solusinya. Dengan berbelanja online, Anda bisa menghemat waktu, tenaga, dan uang transportasi. Diskon di berbagai situs e-commerce tak kalah menggiurkan. Online shopping juga solusi untuk Anda yang malas membungkus dan mengirim hadiah natal karena Anda bisa memanfaatkan sistem dropship.(Baca juga: Cara Aman Berbelanja Online)

Selalu cek situs kupon

Cara berhemat lain yang bisa Anda lakukan adalah membeli kupon diskon. Kupon diskon ini bisa berupa potongan harga dan cash back mulai dari pakaian, tiket tempat wisata, sampai hotel untuk berlibur. Banyak situs kupon bekerja sama dengan banyak merchant dan membuat penawaran menarik untuk konsumen. Tak hanya itu, Anda juga harus jeli menemukan kode dikson saat berbelanja online.

(Baca juga: Trik Menghindari Jebakan Diskon Saat Belanja Akhir Tahun)

Cari e-commerce yang menawarkan free shipping

Tak jarang ongkos kirim lebih mahal dari harga barang yang Anda beli. Bahkan ada perusahaan e-commerce yang memberlakukan ongkos satu harga dengan memperhitungkan provinsi paling jauh. Kalau sudah begini, coba cek situs tetangga untuk jenis produk yang sama. Jangan kahwatir karena sekarang sudah banyak toko online yang menawarkan ongkos kirim gratis.

Pilihan kartu kredit banyak diskon bisa didapatkan di sini.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami