Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Tips Hemat Berlibur Saat Kondisi Keuangan Buruk

by Miftahul Khoer on 3 Desember, 2018

Biasanya, banyak orang yang menghabiskan waktu akhir pekan untuk berlibur bersama keluarga, kerabat hingga sahabat. Namun, salah memilih tempat liburan juga bisa menyebabkan keuangan Anda menipis. Nah, bagi Anda yang ingin berlibur tetapi kondisi keuangan buruk, ada baiknya coba ikuti beberapa tips berikut ini. Yuk simak!

Liburan Hemat Keluarga - CekAja

Pilih wisata air

Tak usah pergi ke luar pulau atau ke luar negeri jika ingin berlibur yang seru dan menyenangkan. Anda bisa coba mencari lokasi wisata air terdekat. Jika Anda berada di wilayah Jabodetabek, ada banyak pilihan wisata air yang tersedia hampir di semua wilayah tersebut.

Di Jakarta, ada banyak pulau yang eksotis di Kepualauan Seribu. Dengan bujet di bawah Rp100.000, Anda bisa menikmati pulau indah. Ada banyak travel tour yang menyediakan tiket ke Kepulauan Seribu yang bisa Anda nikmati dengan buket di bawah Rp100.000.

Jika Anda tinggal di Bogor, ada banyak wisata air terutama air terjun yang berada di berbagai kecamatan di Kabupaten Bogor. Anda bisa pilih Air Terjun Nangka Indah, Curug Luhur, Curug Cilember, Curug Bidadari dan banyak air terjun lainnya dengan tiket di bawah Rp50.000.

Buat warga Depok, Anda bisa menikmati wisata air yang terkenal yakni kolam renang Paragon, Tirtaria, Ceria dan banyak lagi kolam renang lain dengan tiket di bawah Rp50.000. Begitu juga di Bekasi, Anda bisa menikmati wisata air di Curug Parigi, Bumi Restu hingga Wet Waterpark Grand Wisata Bekasi.

(Baca juga: Trik Liburan Hemat Menggunakan Air Miles)
Rekreasi di taman bisa dicoba

Wisata satu ini terkenal sangat hemat, murah meriah bahkan gratis. Hampir di semua kota-kota besar saat ini telah dibangun taman-taman yang bisa dinikmati semua warga.

di Jakarta, ada banyak taman yang cocok untuk berlibur bersama keluarga seperti taman Suropati, Tabebuya, Waduk Pluit, Menteng hingga Taman Kalijodo.

Di Depok, Anda bisa ajak keluarga liburan di taman Merdeka, taman Gurame hingga taman Lembah Mawar. Di Bogor, Anda bisa berlibur di taman Heulang, taman Kencana hingga Lapangan Sempur.

Bosan berlibur di area taman Jabodetabek, Anda bisa menikmati liburan di taman-taman yang ada di Bandung seperti taman Sejarah, taman Panda hingga taman di Balaikota yang menjadi favorit warga setempat.

Berkemah ceria jadi alternatif

Jika Anda dan keluarga bosan dengan wisata air dan taman, Anda bisa mengajak keluarga untuk berkemah ceria. Ada banyak lokasi untuk kemah ceria yang ramah keluarga.

Ya, tempat kemping yang indah, aman dan nyaman beberapa di antaranya memang berada di Bogor dan Bandung. Di Bogor, Anda bisa ajak keluarga kemping di Suaka Elang Loji. Tempat berkemah satu ini berlokasi di Desa Loji, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Ada juga bumi perkemahan Sukamantri, Gunung Pancar dan Gunung Bundar.

Adapun, tempat berkemah yang hemat di Bandung antara lain berada di Bumi Perkemahan Rancaupas, Bukit Moko dan hingga di Kaki Gunung Manglayang atau Batu Kuda. Tiket masuk ke semua tempat kemah di atas di bawah Rp50.000.

(Baca juga: Siasat Belanja Hemat Saat Liburan di Luar Negeri)
Bawa bekal dari rumah

Untuk tetap berhemat saat berlibur, Anda sebaiknya membawa semua perbekalan dan logistik dari rumah. Hindari belanja di lokasi kemah untuk semua kebutuhan selama kemping. Sebab, harga yang dibebankan kepada pengunjung biasanya lebih mahal.

Perbekalan dan logistik selama kemping yang dibutuhkan antara lain tenda, tikar, senter, peralatan masak, makanan dan kebutuhan lainnya.

Lakukan perjalanan malam

Jika Anda berencana berlibur di luar kota, pilihlah lokasi wisata yang berdekatan dengan daerah tinggal. Misalnya Anda tingga di Jakarta atau Depok, berencana liburan di Bandung, maka sebaiknya lakukan perjalanan saat malam hari. Jika Anda merencanakan liburan dua hari, Anda bisa berangkat dari Jumat malam.

Sebab, perjalanan siang saat Sabtu dari Jakarta ke Bandung biasanya padat dan menyebabkan macet. Ini tentu bakal merugikan secara finansial dan waktu Anda. Niat berhemat, Anda malah rugi banyak karena macet-macetan di jalan. Nah, itulah kiat-kiat hemat berlibur saat kondisi keuangan sedang tidak bersahabat. Anda berencana liburan ke mana?

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.