Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tips Hemat Mengelola Sumber Dana Menjelang Hari Raya

by JTO on 21 Juni, 2015

cara atur uang_kartu kredit - CekAja.com

Pengeluaran saat Ramadhan dan jelang Hari Raya Idul Fitri biasanya meningkat 25-50 persen dibandingkan bulan-bulan lain. Penyebabnya, kenaikan harga kebutuhan pokok, budaya buka puasa bersama, persiapan kue-kue dan makanan menjelang lebaran, serta mudik. Pos-pos kebutuhan ini bakal menguras anggaran belanja rumah tangga.

Tunjangan Hari Raya atau THR kerap menjadi penyelamat. Tetapi, alangkah bijak jika pendapatan kita tetap bisa disisihkan bekerja maka ada THR yang dinanti-nanti, yang bisa membantu menambah penghasilan bulan ini. THR biasanya diterima dua minggu sebelum lebaran. Hal itu haruslah dibuatkan budgeting secara proporsional, sehingga uang tunjangan dapat mencukupi kebutuhan hingga Lebaran selesai.

Sisihkan 50%

Salah satu cara penetapan anggaran yang ideal adalah menyisihkan 50 persen dana THR untuk kebutuhan belanja di luar belanja konsumsi Lebaran. Jadi jika Anda mendapatkan THR sebesar Rp 10 juta, sisihkan sebagiannya untuk persiapan dana keluarga Anda misalnya pendidikan, pajak kendaraan bermotor, dan lain-lain. (Baca juga: Strategi Jitu Agar THR Tahun Ini Bisa Ditabung)

Pisahkan THR pasangan

Jumlah dana THR bisa jadi lebih besar untuk pasangan yang telah bekerja. Bisa jadi dibuat kesempakatan bersama bahwa THR suami digunakan untuk keperluan Lebaran sementara THR istri untuk ditabung. Yang terpenting, tetapkan anggaran keperluan Lebaran yang tepat, jangan sampai Anda membeli barang-barang kebutuhan yang ternyata tidak sesuai dengan tingkat kemampuan Anda.

Atur dana mudik

Untuk keperluan mudik, Anda bisa mengatur duit dengan menyisihkan pendapatan bulanan Anda. Biasanya dana mudik bisa dibutuhkan lebih cepat jika Anda ingin menggunakan moda transportasi umum seperti pesawat atau kereta api yang tiketnya semakin murah saat dibeli jauh-jauh hari sebelumnya. Dengan begitu, Anda bisa mengatur keperluan Lebaran Anda di luar dana mudik.

Jangan lupa zakat

Biasanya kebutuhan yang akan datang saat lebaran adalah zakat, infak, dan sedekah (ZIS), hidangan Ramadhan dan Lebaran, pakaian, dan THR asisten rumah tangga. Anda bisa menetapkan besaran kebutuhan dana ini sejak awal, atau disesuaikan dengan jumlah pos anggaran yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Komitmen anggaran

Saat Anda sudah menetapkan kebutuhan ini dipenuhi dengan 50 persen THR Anda, buatlah anggaran yang pas sehingga tidak kebablasan. Dengan begitu, Anda bisa tetap pada jalur pengeluaran yang tepat sehingga masih bisa menyisakan dana untuk tabungan dan biaya lainnya. (Baca Juga: Cara Bijak Gunakan Uang THR)

Dana pendidikan sangat mungkin mendesak mengingat masa lebaran berdekatan dengan pergantian tahun ajaran baru. Namun, memang alangkah baiknya jika dana pendidikan juga sudah dipersiapkan jauh-jauh hari. Dana tambahan untuk pendidikan bisa diambil 25-30 persen dari jumlah sisihan dana THR Anda. Sisanya bisa disiapkan untuk kebutuhan zakat dan menabung.

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami