Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Tips Kreatif Menyiapkan Menu Buka Puasa

by lhmdi on 16 June, 2016

makanan buka puasa-CekAja.com

Terdapat banyak pilihan menu untuk menikmati buka puasa di bulan Ramadhan.

Mulai dari datang ke restoran atau lounge bagi yang ingin berbuka puasa bersama teman-teman, atau memasak sendiri di rumah dan menghidangkannya untuk keluarga. Bagi kamu yang mendapatkan tawaran berbuka puasa bersama, tentunya datang ke restoran merupakan sebuah pilihan.

Namun, bila ternyata kondisi keuangan sedang tidak bersahabat, jangan kecewa dahulu, kamu tetap bisa menikmati berbagai menu buka puasa yang bervariasi dan lezat. Apa saja kira-kira yang perlu kamu siapkan jika ingin menikmati menu buka puasa bersama dengan teman-teman?

Yuk! Ikuti tipsnya berikut ini:

  1. Temukan restoran dengan berbagai macam promo

restaurant

Hampir semua restoran biasanya punya paket khusus yang menawarkan promo kartu kredit atau potongan harga selama bulan Ramadhan. Tentu saja cara ini dilakukan pihak restoran agar pengunjung ramai-ramai datang untuk menikmati berbagai macam aneka ragam menu berbuka.

Nah! Manfaatkan cara sebagai siasat kamu agar tetap hemat menikmati buka puasa dengan berbagai macam tawaran atau undangan buka puasa bersama. Jangan lupa untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang restoran yang menawarkan promo atau paket-paket khusus selama berbuka.

  1. Manfaatkan porsi besar dengan patungan

makanan porsi besar

Selain diskon dan berbagai macam promo, tidak jarang pula berbagai macam restoran menawarkan porsi ekstra pada pengunjung. Nah! Momen ini bisa kamu manfaatkan dengan mengajak satu atau dua orang teman untuk memilih menu ini.

Membayarnya pun lebih murah, karena kamu bisa patungan dengan teman-teman bersama porsi yang lebih ekstra!

  1. Jangan tinggalkan makanan yang tersisa

Makanan sisa

Tidak usah gengsi kalau seandainya masih ada menu yang belum habis saat buka puasa bareng teman-teman kamu. Menu yang tersisa tersebut bisa kamu tanyakan kepada pramusaji restoran untuk dibungkus dan dibawa pulang.

Menu ini nantinya bisa kamu gunakan kembali untuk sahur, dan bahkan jika kamu lebih teliti, menu tersebut masih bisa dipanaskan lagi untuk dinikmati sebagai menu berbuka di hari berikutnya.

Bikin sendiri menu buka puasa kamu

puasa ramadhan

Lalu, bagaimana jika kamu memilih berbuka puasa dengan menyiapkan menunya sendiri di rumah? Caranya pun mudah. Terdapat berbagai macam jenis resep makanan dan minuman yang dapat dihidangkan saat menikmati waktu berbuka puasa. Apa saja ya menu yang bisa kamu siapkan?

  1. Aneka jus

Sebagai menu pelepas dahaga, kamu bisa menyiapkan jus sebagai menu pertama. Kamu bisa mencoba jus semangka yang dicampurkan dengan mentimun. Hanya dengan mencampurkan buah semangka dan satu buah mentimun yang sudah dikupas dan dipotong, kamu bisa langsung memasukkannya ke dalam blender.

Menu ini sangat sederhana, dan tentu saja menyehatkan, mengingat semangka memiliki kandungan air yang sangat banyak sehingga mampu mengganti cairan tubuh kamu yang hilang selama berpuasa.

  1. Menyiapkan capcay

Sayuran yang satu ini biasanya akan banyak ditemukan di pinggir jalan atau warung kaki lima. Namun, ternyata kamu bisa membuatnya sendiri dengan mudah, dan tentu saja menu ini juga menyehatkan karena memiliki banyak sayuran di dalamnya.

Hanya dengan menyiapkan wortel, kembang kol, sawi putih, daun bawang, daun seledri, sayur sawi, tomat, buncis bawang putih, plus tambahan seperti udang atau fillet ayam, kamu sudah bisa membuat capcai.

Cara membuatnya pun mudah. Mulai dari menumis bawang putih, tambahkan minyak wijen, sedikit saus tomat, dan kemudian lanjutkan dengan menumiskan ayam atau udang. Setelah itu campurkan semuanya dengan semua sayuran serta tumis hingga matang. Tambahkan sedikit air, garam, merica dan gula secukupnya dan sajikan nasi, maka akan membuat menu berbuka kamu jadi lebih sehat.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami