Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tips Kumpulkan Biaya Nikah Buat Pekerja Kantoran

by Rafly Aditia on 20 Mei, 2016

biaya nikah_kredit tanpa agunan- CekAja.com

Sebagai pekerja kantoran, tentunya gaji tetap yang diterima setiap bulan harus bisa mengatasi segala kebutuhan dan keperluan untuk menabung. Lalu bagaimana cara atur uangnya bila kamu ada rencana untuk menikah?

Bukan cuma itu, terutama bagi kamu para pria tentu harus mengumpulkan uang lebih banyak demi mengumpulkan uang untuk modal menikah dengan si dia.

Namun, mengingat gaji yang bisa dibilang tidak tergolong besar tentu kamu harus mengatur keuangan dengan baik. Dengan asumsi gaji bulanan Rp 8 juta per bulan, berikut ini tips bagi para pekerja kantoran untuk mengumpulkan biaya nikah dalam setahun:

Tabungan nikah Rp 2,5 juta

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyisihkan uang untuk tabungan menikah. Besarannya sekitar 1/3 dari gaji bulananmu atau sekitar Rp 2,5 juta. Kumpulkan terus uang ini selama setahun sehingga total kamu akan memiliki uang tabungan sebesar Rp 30 juta. Untuk jaga-jaga, agar uang tidak terpakai bikin tabungan khusus.

Kamu bisa menggunakan fitur tabungan rencana yang nantinya akan melakukan autodebet dari rekening utama.

Biaya konsumsi cukup Rp 2,5 juta

Untuk meraih sesuatu pasti dibutuhkan pengorbanan, maka dari itu kamu juga harus rela mengorbankan gaya hidupmu. Caranya simpel, tekan pengeluaran makan harian sampai dengan mengurangi frekuensi jalan-jalan bersama teman atau pasangan. Hal ini mau tidak mau harus dilakukan agar tujuan untuk menikah tahun depan bisa terealisasi.

Anggarkan pengeluaran bulanan cukup sebesar Rp 2,5 juta saja per bulannya. Kalau biasanya kamu pergi nonton bioskop setiap minggu, kurangi jadi sekali per dua minggu atau sekali per bulan.

(Baca juga: Gaji 5 Juta Ingin Menikah dalam 8 Bulan? Ini Strateginya)

Investasi Rp 1,5 juta

Investasi adalah hal yang penting, dengan berinvestasi kamu bisa mengembangkan uang yang kamu miliki saat ini. Banyak instrumen investasi yang dapat dipilih, mulai dari investasi emas sampai investasi reksadana. Namun, mengingat uang yang dimiliki untuk investasi tidak begitu besar kamu bisa memilih investasi reksadana sebagai pilihan yang tepat.

Dengan asumsi mendapatkan keuntungan sebesar 20%, maka selama setahun kamu bisa mengumpulkan uang sebesar Rp 21,6 juta lewat investasi reksadana.

Nabung Rp 1 juta

Menabung adalah hal yang wajib, kali ini bukan untuk menikah atau apapun. Tetapi, benar-benar untuk menabung. Uang tabungan ini bisa kamu gunakan ketika ada urusan mendadak atau hal-hal penting yang bersifat darurat. Mulai dari kecelakaan, atau misalnya membantu teman yang sedang kesulitan dan sebagainya.

Sedekah Rp 500 ribu

Jangan lupa bersedekah! Orang bijak mengatakan “Dengan sedikit memberi, kamu tidak akan miskin” bahkan banyak yang mempercayai bahwa dengan bersedekah Tuhan akan memberikan balasan berkali-kali lipat. Untuk itu, gak perlu ragu ketika ingin bersedekah. Dari pendapatan sebesar Rp 8 juta, tidak ada salahnya menyisihkan Rp 500 ribu untuk mereka yang membutuhkan.

(Baca juga: Baru Nikah dan Ingin Beli Perabotan? Begini Cara Bikin Anggaran Belanjanya)

Cari waktu yang tepat

Dengan asumsi kamu memiliki Rp 30 juta dari hasil menabung, dan Rp 21,6 juta dari investasi yang dilakukan selama tahun. Total kamu punya modal untuk menikah sebesar Rp 51,6 juta. Uang sebesar ini sudah bisa membuat pernikahan impian tercapai.

Berdasarkan pantauan tim CekAja.com di situs wedding organizer ternama Weddingku.com, ada beberapa paket pernikahan yang dilaksanakan di restoran, atau bahkan hotel dengan budget kurang dari Rp 50 juta. Kalau ingin lebih mewah, sementara dana yang dimiliki kurang bisa pinjam KTA dengan mudah disini.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami