Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Tips Lebaran Asyik Meski Tak Terima THR

by Surtan Siahaan on 28 Juni, 2016

Momen pembagian Tunjangan Hari Raya (THR) Lebaran adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu para pekerja di Indonesia.

Sayangnya, tidak semua orang mendapatkan uang THR sebagai tambahan belanja Lebaran tersebut. Para pekerja sektor informal dan freelancer adalah kalangan orang yang tidak kebagian THR.

Tapi, bukan berarti Lebaran kali ini jadi kurang menyenangkan karena tidak dapat membeli berbagai macam kebutuhan hari raya. Semua keperluan mulai dari tiket mudik  lebaran bisa dibeli dengan sejumlah trik berikut ini:

Gunakan dana darurat

Emergency fund atau dana darurat bukan cuma bisa digunakan untuk keperluan yang berkaitan dengan risiko finansial seperti kecelakaan, sakit atau kehilangan pekerjaan.

Kebutuhan yang sifatnya wajib dipenuhi seperti tiket mudik lebaran atau pakaian Lebaran anak juga bisa dibiayai dari pos dana darurat. Tapi ingat, jangan habiskan semuanya. Tetap sisihkan sebagian untuk keperluan lain yang bisa saja terjadi di hari depan. (Baca juga: 7 Tips Sewa Mobil Murah Buat Mudik)

THR - Promo Pinjaman Kredit Kebutuhan Lebaran

Gunakan kartu kredit untuk belanja

Anggap saja fasilitas pembiayaan kartu kreditmu sebagai uang pengganti THR. Tapi ingat, kamu harus cermat menggunakannya agar tidak membebani keuanganmu setelah Lebaran.

Pertanyaannya kenapa memilih kartu kredit untuk belanja keperluan Lebaran? Sebab kamu bisa mendapatkan promo pada kartu kredit milikmu seperti diskon untuk belanja pakaian, bahan makanan hingga tiket mudik Lebaran.

Gadai barang untuk sementara

Meski tidak memperoleh THR berhubung statusmu sebagai freelancer, kamu tetap dapat berlebaran kok. Caranya mencairkan dana melalui pegadaian. Kamu bisa pilih barang berharga yang mudah digadaikan seperti emas, kendaraan bahkan elektronik untuk mendapatkan suntikan uang segar untuk berhari raya.

Tapi ingat, selalu gunakan jasa pegadaian resmi agar barang yang kamu gadai aman dan mendapatkan bunga pinjaman yang tidak mencekik leher. (Baca juga: Info Penting, Inilah Harga Sewa Mobil Untuk Mudik Lebaran 2016)

Ikut kuis Ramadan

Tanpa modal sekalipun, sebenarnya kamu bisa mendapatkan uang tambahan sebagai THR Lebaranmu. Salah satu caranya dengan mengikuti kuis. Saat bulan puasa, banyak sekali acara televisi, radio bahkan website di internet yang mengadakan kuis. Nah, biasanya kuis ini memberikan hadiah yang bisa dibilang cukup menggiurkan.

Apalagi kalau bulan puasa, hadiah yang diberikan kepada penonton akan lebih banyak dan biasanya memiliki nilai yang lebih tinggi dibanding biasanya. Kalau tidak ingin repot, ikuti saja kuis di televisi saat sahur atau saat berbuka puasa.

Acara-acara tersebut biasanya mengadakan kuis yang bisa diikuti hanya dengan menjawab pertanyaan mudah via telepon. Mulai dari uang jutaan rupiah hingga tiket pergi umroh bisa  didapatkan

Tentang Penulis