Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tips Liburan Akhir Tahun ke Luar Negeri Tanpa Kuras Kantong

by Ariesta on 20 Desember, 2015

paspor online _ asuransi perjalanan - CekAja.com

Cuti tahun baru semakin dekat. Jika kamu belum memiliki rencana apapun untuk menghabiskan akhir tahun, mengapa tidak liburan ke luar negeri bersama keluarga atau teman? Jangan langsung membayangkan harga yang mahal. Intip tips berikut agar kamu bisa tetap menikmati liburan ke luar negeri tanpa menguras kantong.

Pilih negara yang dekat

Semakin dekat lokasi negara tersebut dari Indonesia, maka bisa semakin murah harga tiketnya. Kendati demikian, tiket ke Singapura mungkin lebih murah, namun biaya hidupnya lebih mahal. Sedangkan tiket ke Thailand bisa lebih mahal namun biaya hidupnya hampir sama dengan Indonesia. Semuanya tergantung pilihanmu.

cekaja-daftar-kartu-kredit

Berburu tiket murah

Sudah menjadi rahasia umum jika maskapai penerbangan terbagi menjadi dua jenis yakni fullboard airlines dan low cost carrier (LCC). Fullboard airlines biasanya menyediakan makanan, traveling kit, entertainment, dan ruang kabin yang lebih luas. Kenyamanan lain yang ditawarkan adalah direct flight untuk destinasi jarak jauh sehingga Anda tidak perlu repot-repot transit dan check in ulang.

(Baca juga: Rayakan Tahun Baru di Rumah Itu Bisa Lebih Hemat, Bener Gak?)

LCC memang sering menawarkan harga tiket lebih murah. Tapi kamu masih harus membayar ekstra untuk mekanan, asuransi, bagasi, bahkan seringkali harga tiket belum termasuk fuel charge. Jika kamu tidak masalah dengan ruang kabin yang sempit asalkan sampai di tempat tujuan, LCC memang pilihan pas. Cara untuk tetap update harga termurah baik fullboard maupun LCC adalah dengan mendaftarkan email kamu di situs resmi maskapai-maskapai tersebut.

Tapi jangan buru-buru langung memilih LCC ya. Karena terkadang fullboard airlines juga sering mengadakan tiket promo dengan harga bersaing.

Membuat jadwal perjalanan

Biaya transportasi yang lebih mahal dari Indonesia menjadi salah satu faktor yang membuat budget membengkak. Cara menyiasatinya adalah dengan membuat jadwal perjalanan (itinerary) selama liburan. Jika kamu sudah mempelajari mau ke mana dan naik apa, pengeluaran tambahan akibat nyasar bisa diminimalisir. Lokasi penginapan yang dekat dengan stasiun atau tempat wisata juga bisa membuat kamu lebih menghemat waktu dan ongkos.

(Baca juga: 6 Pulau Terindah di Indonesia yang Cocok Jadi Tujuan Liburan Akhir Tahun)

Menginap di Guest House atau Hostel

Kalau kamu punya jadwal perjalanan yang padat atau istilahnya hanya menggunakan penginapan sebagai tempat istirahat, lupakan hotel berbintang dan pilihlah  guest house atau hostel. Hostel cocok untuk yang berjiwa muda karena kamu bisa menempati kamar asrama bersama teman-teman traveler lain dari mancanegara.

Fasilitas guest house atau hostel tergantung dari harga yang dibayarkan. Hostel umumnya menghitung tarif perorang permalam, bukan perkamar. Selain harus sharing kamar, kamu juga harus sharing kamar mandi dan toilet. Kalau guest house atau hostelmu tidak menyediakan sarapan, jangkan khawatir karena kamu bisa menggunakan pantry untuk memasak. Biasanya mereka juga menyediakan teh atau kopi secara gratis.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami