Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

6 Cara Manajemen Keuangan ala Miliarder Agar Makin Kaya

by Rafly Aditia on 10 September, 2017

kebiasaan miliarder kaya _ investasi - CekAja.com

Menjadi seorang miliarder mungkin impian setiap orang. Namun mimpi untuk menjadi kaya raya tidak akan bisa didapatkan tanpa manajemen keuangan yang baik.

Ya, banyak sekali orang yang ingin memiliki kekayaan berlimpah tetapi tidak dapat mengatur keuangannya secara bijak. Kalaupun ada orang yang mendadak menjadi kaya raya, tanpa manajemen keuangan yang baik maka kekayaannya hanya akan bertahan dalam waktu singkat.

Lihat saja, banyak sekali peristiwa artis atau orang ternama yang mendadak bangkrut. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari kesalahan investasi, salah memilih pengatur keuangan, dan sebagainya?

Sebaliknya, para miliarder yang pintar bersiasat dalam mengatur keuangan, harta kekayaannya terus berkembang dan tidak berkurang dari waktu ke waktu. Bagaimana caranya?

Berikut 10 strategi manajemen keuangan ala miliarder yang bikin mereka makin kaya raya:

Tidak impulsif dalam mengambil keputusan

Para orang kaya ternyata memiliki kesamaan, yaitu tidak impulsif dalam mengambil keputusan yang berhubungan dengan uang. Maksudnya di sini, segala keputusan yang berhubungan dengan keuangan diambil setelah dipikirkan secara matang dan baik-baik.

Mereka tidak akan mudah tergoda untuk membeli hal-hal yang tidak dibutuhkan atau tidak diinginkan sebelumnya. Kalaupun tertarik untuk membeli sesuatu karena ada promo atau apapun itu, maka mereka akan memikirkan dan menghitung bagaimana dampak pembelian tersebut terhadap kondisi keuangan.

Mungkin kita kini masih dengan mudah tergoda oleh promo atau diskon saat belanja di mal dan toko online? Tanpa pikir panjang, kerap kali kita melakukan pembelian barang-barang yang tidak dibutuhkan. Alhasil, saldo di rekening sudah habis sebelum waktu gajian serta tagihan kartu kredit di akhir bulan membengkak.

Investasi lebih banyak dibanding menabung

investasi emas _ investasi - CekAja.com

Kebanyakan orang sejak kecil diajarkan, menabung bisa bikin kaya. Bisa! Namun mungkin butuh waktu lama atau mungkin pupus di tengah jalan! Mengapa?

Sebab saat menabung maka nilai uang yang kita miliki tidak akan berkembang secara pesat dan akan termakan oleh inflasi jika dilakukan dalam jangka panjang.

Sehingga nilai riil dari uang yang ditabung justru akan berkurang dan daya belinya menurun, mengingat harga barang-barang terus naik dari tahun ke tahun, alhasil uang tabungan tidak cukup untuk beli hal-hal sesuai keinginan kita.

Sementara jika dibandingkan dengan orang kaya, mereka lebih banyak mengalokasikan uang untuk investasi dibanding menabung.

Tentu ini merupakan langkah yang sangat baik, karena dengan berinvestasi – baik membuka bisnis atau investasi di instrumen keuangan seperti investasi saham – maka uang yang diinvestasikan bisa berkembang dan berlipat ganda dalam waktu yang singkat. Selain itu, dalam berinvestasi biasanya mereka juga berani mengambil risiko yang berpeluang memberikan hasil lebih besar di masa mendatang.

Tidak bergantung dari satu sumber pendapatan

Manajemen keuangan dari miliarder lainnya yang membuat mereka makin kaya adalah, mereka tidak bergantung terhadap satu sumber pendapatan. Biasanya mereka memiliki sumber pendapatan dua atau lebih.

Hal ini membuat mereka tidak kesulitan apabila salah satu sumber pendapatannya mendadak hilang atau menjadi kurang menghasilkan. Selain itu, semakin banyak sumber pendapatan maka semakin besar pula pendapatan yang dihasilkan setiap bulan sehingga kekayaan akan terus bertambah secara pesat.

(Baca: Cara Bisnis Undangan Pernikahan dengan Modal Minim)

Sementara orang biasa kerap kali bergantung terhadap satu sumber pendapatan, misalnya hanya mengandalkan gaji bulanan dari satu pekerjaan. Hal ini bukanlah hal yang baik, karena apabila kita kehilangan pekerjaan tersebut suatu saat nanti maka keran pendapatan akan tertutup rapat-rapat dan bisa menghadirkan kesulitan finansial.

Mencatat arus keuangan bulanan

tips karier _ KPR - CekAja.com

Dengan mencatat arus keuangan bulanan, orang-orang kaya dapat mempelajari berbagai hal dan melihat apakah ada keputusan finansial yang kurang baik yang telah dilakukan selama ini. Tentunya ini menjadi kebiasaan yang sangat baik dan membuat mereka dapat terus mengevaluasi diri dalam mengatur keuangan agar lebih baik dan bijak lagi.

Pastinya, dengan tersebut para orang kaya menjadi semakin jeli dalam melihat peluang dan mengambil keputusan finansial untuk menghasilkan keuntungan dan meminimalisir pengeluaran.

(Baca: Inilah Cara Menghitung PPH 21 Bagi Pekerja Lepas)

Maka dari itu, apabila kita ingin menjadi orang kaya mulai sekarang coba deh mencatat arus keuangan setiap bulannya. Jangan cuma dicatat, tapi juga dipelajari dan terua dievaluasi ya!

Utang bukan menjadi hal yang mengerikan

Bagi orang kaya, utang bukanlah momok menakutkan yang harus dihindari. Justru kebanyakan orang kaya begitu bersahabat dengan utang, karena apabila utang dikelola secara bijak untuk berbisnis justru akan menghasilkan keuntungan.

Dengan pinjaman modal usaha, maka peluang untuk mengembangkan bisnis akan menjadi lebih besar dan pastinya akan menghasilkan uang yang lebih banyak juga.

Belajar dari hal tersebut, mulai sekarang kita tidak perlu takut mengajukan pinjaman uang atau utang untuk berbisnis. Pokoknya jauhi “Alergi utang” yang selama ini menghinggapi kebanyakan dari kita.

Dalam mengelola keuangan, mau mendengar masukan

Ketika mengelola keuangan, kebanyakan orang kaya meminta pendapat dari orang lain terkait kondisi dan apa yang harus dilakukan kedepannya.

Tentu saja pendapat yang mereka dengar merupakan pendapat dari orang yang memiliki kapabilitas, misalnya dari konsultan keuangan. Hal ini membuat para orang kaya terus belajar dan menyerap banyak ilmu bagaimana cara mengatur keuangan yang baik.

Jadi, tidak heran bukan kalau mereka pintar menjaga dan mengembangkan harta kekayaan yang dimiliki?

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.