Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tip Maksimalkan Long Weekend untuk Karyawan Kantoran

by Rafly Aditia on 20 April, 2017

traveling karyawan_asuransi perjalanan - CekAja

Libur long weekend kerap menjadi ajang bagi para karyawan melepas lelah dan stres yang selama ini menumpuk saat bekerja.

Maka dari itu, sebisa mungkin kamu harus memaksimalkan libur long weekend tahun ini. Apalagi di tahun ini, jadwal libur long weekend alias hari libur nasional yang berurutan dengan akhir pekan cukup banyak.

Jangan sampai akhir pekan yang panjang di tahun ini kamu lewatkan begitu saja ya. Nah, untuk membantu kalian mempersiapkan diri dengan baik, berikut ini tips travel yang harus disimak.

Kunjungi saja wisata terdekat di daerahmu

Biasanya saat long weekend, tempat-tempat wisata akan menjadi sangat padat sehingga bukan hal yang aneh apabila waktu tempuh ke tempat tujuan bisa semakin bertambah panjang.

Maka dari itu, kalau ingin berlibur sebaiknya pilih saja tempat wisata terdekat di daerahmu. Misalkan untuk kamu yang tinggal di Jakarta, bisa memilih Kepulauan Seribu sebagai tempat berlibur dibanding harus pergi ke Puncak dan Bandung yang bisa membuatmu stres karena macet di perjalanan.

Dengan memilih tempat wisata yang tepat, kamu tidak membuang waktu secara sia-sia hanya untuk bermacet-macetan di jalan.

Biar kerjaan gak numpuk, coba cicil sedikit-sedikit

Salah satu hal yang paling dibenci para karyawan kantoran ketika liburan long weekend berakhir adalah pekerjaan yang menumpuk di hari berikutnya. Akibatnya, kamu bisa saja mengalami tekanan dan stres berat beberapa hari setelah liburan long weekend.

Untuk itu, apabila memang darurat atau sudah mepet dengan deadline tidak ada salahnya melakukan beberapa pekerjaan ketika berlibur sebentar saja. Tapi ingat, jangan sampai hari liburmu dikorbankan hanya untuk menyelesaikan pekerjaan. Kerjakan tugas-tugasmu di waktu senggang dalam rentang waktu yang singkat.

Muak dengan pekerjaan? Traveling jadi ajang untuk bersenang-senang!

Tips yang satu ini justru kebalikan dari yang sebelumnya, apabila di kantor kamu selalu tertekan dengan banyaknya pekerjaan dan sudah memberikan dampak buruk bagi tingkat stres dan performa kerjamu.

Justru yang harus kamu lakukan adalah melupakan semua pekerjaan tersebut di saat liburan. Bersenang-senanglah dan buat dirimu senyaman mungkin. Sudah bukan rahasia lagi, banyak penelitian mengungkapkan dengan jalan-jalan kamu dapat menurunkan tingkat stres yang nantinya bakal berdampak kepada peningkatan performa kerja.

Kamu bisa menyingkirkan smartphone, notebook, email dan hal-hal lain yang berhubungan dengan pekerjaan. Nikmatilah waktu liburanmu sebaik mungkin, bermain dengan anak, keluarga, atau menikmati petualangan seru bersama teman-teman.

Kongko bareng teman lama juga asyik!

Alternatif lainnya dalam memanfaatkan waktu libur long weekend adalah dengan cara kongkow bareng teman lama. Yup, kamu bisa mengumpulkan teman-teman atau sahabat yang sudah lama tidak bertemu karena pekerjaan masing-masing.

Buatlah pertemuan yang simpel seperti makan bersama atau karaoke bareng mengenang keseruan di masa lalu, bisa membuat libur long weekend jadi lebih berarti.

Tambah cuti, bulan madu lagi dengan pasangan

Selain itu, kamu bisa juga memanfaatkan libur long weekend ini dan membuatnya jadi lebih panjang lagi dengan cara menambahkan cuti lalu kamu bisa menjalankan bulan madu lagi bersama pasangan.

Dengan waktu cuti tambahan satu atau dua hari, kamu bisa mengunjungi tempat-tempat tertentu yang sesuai dengan keinginanmu dan pasangan. Misalnya kamu bisa pergi berlibur ke Bali dan menikmati romansa pulau Dewata bersama pasangan yang dicintai. Agar lebih murah, gunakan reward poin kartu kredit untuk mendapatkan tiket pesawat gratis.

Uang di dompet menipis? Nikmati waktu beristirahat di rumah

Terakhir, apabila keinginan untuk pergi ke sana-sini terbentur uang di dompet, apalagi long weekend kali ini jatuh di tanggal tua. Kamu masih bisa menikmati waktu libur lebih hemat di rumah.

Misalnya dengan nonton film bersama keluarga sepanjang hari, memasak bersama dengan pasangan atau menikmati waktu dengan bermain bersama si kecil di rumah.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.