Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Tips Membeli Sepatu Branded Bekas yang Wajib Diketahui

by Kyla Damasha on 12 Maret, 2020

Tips membeli sepatu branded bekas akan sangat penting untuk diketahui, terutama bagi kamu yang senang membeli sepatu bermerk namun dengan harga terjangkau. Memang membeli sepatu branded itu sendiri memiliki risiko yang cukup tinggi dibandingkan dengan membeli sepatu biasa.

tips membeli sepatu branded bekas

Mengapa? Karena sepatu branded bukan hanya memiliki kualitas mumpuni, tetapi juga harga yang cenderung mahal. Maka dari itu, tak jarang banyak orang yang cenderung berhati-hati dalam memilih sepatu branded, terutama jika yang ia beli adalah barang bekas.

Nah, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa tips membeli sepatu branded bekas beserta hal-hal yang perlu diketahui lainnya. Apa sajakah itu?

Tips Membeli Sepatu Branded Bekas
1. Pastikan Keasliannya

Tips membeli sepatu branded yang pertama harus kamu lakukan adalah dengan memastikan keaslian dari produk tersebut. Meskipun berupa barang bekas, tak jarang banyak orang yang menjual sepatu branded bekas dengan harga yang masih tergolong mahal, walaupun sebenarnya harga tersebut bisa lebih murah dibandingkan harga aslinya.

Tetapi, tentu akan sangat menjengkelkan apabila kamu mengeluarkan uang hingga berjuta-juta untuk barang yang ternyata palsu, bukan? Maka dari itu, sebelum membeli barang tersebut pastikanlah keasliannya.

Bagaimana caranya? Nah, dalam membeli sepatu branded bekas, cobalah untuk tidak membeli barang secara online. Hal tersebut agar kamu bisa memegang bahan sepatu secara langsung. Perlu diketahui bahwa bahan untuk sepatu branded dan sepatu palsu biasanya akan memiliki perbedaan yang signifikan.

Sepatu branded jelas menggunakan bahan yang berkualitas dan cenderung kokoh agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Tetapi apabila kamu justru lebih memilih untuk berbelanja secara online, maka tips membeli sepatu branded bekas yang harus kamu ketahui adalah dengan mempelajari return policy atau adanya peraturan untuk pengembalian produk.

Hal tersebut dibutuhkan guna menghindari risiko-risiko yang tidak diinginkan, seperti kualitas sepatu yang justru di luar ekspektasi.

2. Cek Kembali Kondisi Sepatu

Kondisi sepatu yang sudah pernah dipakai dan sepatu baru tentunya akan berbeda. Maka dari itu, ceklah kembali apakah sepatu yang akan kamu beli memiliki kecacatan atau tidak. Selain itu, jangan lupa juga untuk memperhatikan jahitan secara seksama.

Cek apakah terdapat sobekan dalam jahitan, warna pudar, dan hal-hal lainnya yang dianggap kurang sesuai dengan harganya yang lumayan mahal.

Bukan hanya itu, kamu juga harus memastikan bahwa sepatu tersebut dijual dengan keadaan lengkap, seperti box yang masih tersimpan, tags yang masih menempel, dan lain-lainnya.

3. Pastikan Bahwa Sepatu Nyaman untuk Dipakai

Tips membeli sepatu branded bekas selanjutnya adalah dengan memastikan bahwa sepatu tersebut akan sangat nyaman untuk dikenakan. Perlu diketahui bahwa kondisi kaki setiap orang berbeda-beda. Mungkin ada tipe kaki yang mudah lecet, mudah sakit, ataupun sensitif terhadap sol sepatu tertentu.

Sepatu branded tidak bisa menjamin kenyamanan dari sepatu itu sendiri ketika dikenakan. Maka dari itu, ketika kamu tengah mencoba, pastikan bahwa sepatu tersebut sangat nyaman untuk dipakai, terutama dalam jangka waktu yang lama.

4. Pemilihan Model Sepatu

Jangan hanya melihat merk dari sepatu itu sendiri, memilih model yang pas juga harus dijadikan sebagai pertimbangan. Tentu saja dengan harga yang cukup mahal kamu memerlukan sepatu tersebut untuk dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama pula.

Walaupun merupakan barang bekas dan memiliki harga yang lebih murah, jangan sampai sepatu yang kamu beli justru terbuang sia-sia karena jarang digunakan.

5. Mencari Tahu Harga

Nah, ini dia tips membeli sepatu branded bekas terakhir yang bisa kamu lakukan. Sebelum membeli sepatu, ada baiknya jika kamu mencari tahu terlebih dahulu mengenai harga asli dari sepatu tersebut.

Jangan sampai karena kamu tidak mengetahui harga aslinya, kamu justru membeli sepatu tersebut dengan harga yang lebih mahal. Selain itu, pertimbangkanlah kembali apabila sepatu yang akan kamu beli memiliki harga yang jauh lebih murah sampai bisa dikatakan tidak masuk akal.

(Baca Juga: 7 Brand Sepatu Basket Pemain NBA Terpopuler yang Paling Dicari)

Sebagai contoh, harga asli sepatu tersebut Rp1 juta. Namun orang yang akan menjual sepatu tersebut justru menghargainya Rp100.000 saja. Tentunya saja harga yang turun drastis seperti ini menjadi tanda tanya apakah sepatu yang ia jual merupakan barang original atau tidak.

Setelah mengetahui beberapa tips membeli sepatu branded bekas, sekarang saatnya untuk mengetahui beberapa cara dalam membedakan sepatu asli dan KW. Apa sajakah itu?

Cara Membedakan Sepatu Asli dan KW
  • Tempat Penjualan

Perbedaan satu ini mungkin menjadi salah satu yang paling mencolok. Sepatu original biasanya akan dijual di toko-toko resmi yang bekerja sama dengan perusahaan sepatu tersebut, seperti di mall atau toko-toko besar yang berdiri sendiri.

Selain itu, toko-toko yang menjual sepatu tersebut tentunya sudah memiliki lisensi penjualan sepatu. Nah, sementara itu sepatu KW atau palsu biasanya bisa dijual dimana saja. Baik itu di pinggir jalan, di toko-toko kecil biasa, ataupun di online shop.

·     Kardus / Box Sepatu

Mungkin ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu tips membeli sepatu branded bekas, yaitu memperhatikan kardus atau box sepatu yang akan kamu beli. Sepatu asli biasanya akan dijual bersamaan dengan box atau kardus yang terdapat logo sepatu di depannya.

Sedangkan untuk sepatu KW, biasanya tidak menggunakan kardus. Namun apabila sepatu tersebut memiliki kardus, namun bisa jadi kardus tersebut merupakan kardus palsu. Guna mengetahui cara satu ini, kamu bisa cek nomor produksi di dalam sepatu dengan nomor produksi yang terdapat di dalam kardus.

·     Bentuk Sepatu

Sepatu original biasanya memiliki bentuk yang rapi dan simetris. Dengan menggunakan bahan berkualitas dan memasang harga yang cukup mahal, tidak mungkin perusahaan sepatu memproduksi sepatu dengan bentuk yang tidak rapi.

Sebaliknya, sepatu KW biasanya memiliki bentuk yang tidak rapi, bahkan dengan cacat di beberapa bagian. Namun, saat ini perlu berhati-hati karena sepatu KW sudah mulai memiliki bentuk yang hampir sama dengan sepatu aslinya, terutama jika sepatu tersebut merupakan buatan Tiongkok.

·     Harga

Ini dia salah satu cara dan tips membeli sepatu branded bekas yang akan terlihat paling mencolok. Harga sepatu KW jelas memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan sepatu aslinya. Bahkan, harga sepatu KW bisa setengah lebih murah dari sepatu originalnya lho.

Hal tersebut dikarenakan sepatu KW menggunakan kualitas bahan yang kurang bagus. Lalu bagaimana jika justru kamu ingin membeli sepatu branded bekas? Walaupun sepatu branded yang ingin kamu beli misalkan sudah digunakan oleh pemilik aslinya terlebih dahulu, biasanya mereka tidak akan menurunkan harga terlalu jauh.

Sebagai contoh harga sepatu tersebut Rp1 juta. Maka biasanya mereka akan menjual dengan harga seputar Rp700 ribu – Rp900 ribu. Karena terkadang mereka tidak ingin menjadi terlalu rugi, melihat bahwa sepatu branded itu sendiri sudah cukup mahal.

Tetapi apabila kamu justru membeli sepatu branded bekas dengan harga yang nyaris setengahnya, maka coba pertimbangkanlah kembali.

Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya, hanya di CekAja.com, dimana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda