8 Tips Membersihkan Sepatu Putih hingga Cara Perawatannya, Dijamin Tetap Kinclong!

5 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Jalanan becek atau berdebu bikin sepatu putihmu kotor? Tenang, kamu masih bisa mencoba beberapa tips membersihkan sepatu putih berikut ini, biar tampilannya kinclong kembali.

Sepatu putih memang selalu jadi andalan, karena mudah di padu-padankan dengan outfit apapun.

Bahkan, untuk makan malam bersama pujaan hati sampai menghadiri acara formal pun, sepatu putih masih sangat cocok dikenakan.

Namun sayangnya, banyak orang yang justru menghindari pemakaian sepatu putih, karena rentan kotor dan sulit untuk dibersihkan.

Padahal nih, kalau sudah tahu akan tips membersihkan sepatu putih yang benar, pasti enggak bakal ada lagi alasan untuk tidak menggunakan sepatu putih.

8 Tips Membersihkan Sepatu Putih

Mau tahu apa sajakah tips membersihkan sepatu putih? Berikut ini CekAja rangkum informasinya dari berbagai sumber, khusus buat kamu si pecinta sneaker putih. Kepoin sampai akhir ya!

1. Menggunakan odol dan sikat gigi

Rasa-rasanya sih, tips membersihkan sepatu putih yang satu ini sudah sangat umum dilakukan oleh orang banyak ya.

Memang benar, sepatu putih sendiri bisa dibersihkan dengan menggunakan odol dan sikat gigi bekas. Caranya pun cukup gampang lho.

Kamu hanya perlu mengoleskan pasta gigi di beberapa titik noda pada sepatu, kemudian gosok secara perlahan dengan sikat gigi.

Setelah selesai, bersihkan kembali sepasang sepatu putihmu dengan lap atau handuk basah, agar bekas pasta gigi dan noda yang tertinggal benar-benar hilang. Gimana, praktis kan?

2. Menggunakan semir khusus

Siapa bilang semir hanya untuk sepatu berwarna hitam? Di zaman yang serba canggih saat ini, produk semir pun sudah tersedia khusus buat sepatu putih lho.

Berkatnya, kamu enggak perlu repot lagi membersihkan sepatu putih saat itu juga, terlebih jika terburu-buru ingin memakainya.

Beberapa merek yang bisa kamu coba dan paling direkomendasikan, seperti:

  • Bagus Glint Liquid Shoe Polish Neutral
  • Plac MA-014
  • Kiwi Liquid Shoe Polish Neutral
  • Cololite Instant Shine

Meski instan membersihkan, tetapi bercak noda pada sepatu enggak sepenuhnya hilang ya. Jadi memang, kamu juga harus membersihkannya kembali dilain waktu.

(Baca Juga: 10 Brand Sepatu Lokal Paling Direkomendasikan)

3. Menggunakan sabun cuci piring atau sampo dan kain

Tips membersihkan sepatu putih yang berikutnya adalah dengan menggunakan sabun cuci piring, ataupun sampo.

Keduanya punya fungsi yang sama yaitu untuk membersihkan noda membandel. Hanya saja untuk efektivitasnya sendiri, sabun cuci piring dianggap lebih maksimal.

Alasannya karena, sabun cuci piring tidak hanya bisa membersihkan kotoran saja, namun juga noda bekas minyak.

Serupa dengan memakai pasta gigi, kamu hanya perlu mengoleskan sabun cuci piring ataupun sampo pada bagian sepatu yang kotor.

Kemudian, gosok perlahan menggunakan bulu sikat gigi yang halus.

4. Cuci manual, jangan memakai mesin cuci

Beberapa diantara kita mungkin masih belum tahu mengenai tips membersihkan sepatu putih yang satu ini.

Ya, memang benar jika sepatu putih sebaiknya dicuci secara manual, dan jangan menggunakan mesin cuci meskipun itu dirancang khusus untuk membersihkan sepatu.

Sebab, ditakutkan alat elektronik ini justru merusak sepatu kulit sintetis, dimana perputaran mesinnya bakal meninggalkan bekas goresan di sepatu.

Kalau sudah begitu, mau enggak mau kamu harus menutupinya dengan cat kuku atau kuteks berwarna putih, pada bagian yang tergores.

Namun cara tersebut tidak sepenuhnya permanen, sehingga kamu harus mengoleskan kuteks kembali jika warnanya tampak memudar.

5. Menggunakan cuka dan soda kue

Kalau tips membersihkan sepatu putih yang ini sendiri prosesnya memang cukup lama.

Karena setelah selesai diaplikasikan, kamu pun harus menunggu campuran pasta cuka dan soda kue ini mengering, paling tidak selama 3 jam lebih.

Cuma ya jika kamu melakukannya di waktu luang, cara ini bisa dibilang efektif kok, bahkan maksimal hasilnya.

Nah berbicara mengenai bahan pastanya, kamu bisa menggunakan campuran cuka, soda kue dan air panas, masing-masing 1 sendok makan.

Aduk ketiga bahan tersebut hingga menjadi pasta kental. Lalu, gosokkan campuran pasta ini ke permukaan sepatu yang terdapat noda, dengan sikat gigi.

Diamkan kurang lebih selama 3 jam, sembari meletakkan sepatu di bawah paparan sinar matahari langsung.

Kalau campuran pasta tersebut sudah mengering, maka step terakhir adalah memakai kain basah untuk membersihkan kembali sepatu.

6. Menggunakan penghapus khusus

Hayo, siapa yang belum tahu atau baru mengetahui akan tips membersihkan sepatu putih yang satu ini?

Ajaibnya, ternyata ada penghapus khusus untuk membersihkan noda yang menempel di sepatu putih lho. Caranya juga persis seperti saat kita akan menghapus tulisan di buku.

Kamu bisa menemukan penghapus jenis ini di toko khusus perkakas atau lewat e-commerce seperti Shopee. Harganya juga terjangkau, bahkan enggak lebih dari Rp50 ribu.

Gimana, murah banget kan?

7. Menggunakan pemutih pakaian

Memakai pemutih pakaian untuk membersihkan sepatu putih bisa saja kamu coba, cuma memang harus lebih hati-hati.

Terlalu banyak menuang pemutih pakaian, justru bisa memudarkan kulit sepatu dan keseluruhan warnanya akan tampak menguning, karena zat di dalamnya bersifat korosif.

Makanya, untuk tips membersihkan sepatu putih yang satu ini, memang penggunaannya lebih disarankan hanya pada bagian yang tampak kotor saja.

Gunakan bulu sikat halus yang sudah dicelupkan ke pemutih, kemudian gosok bagian yang bernoda. Bilas dengan kain basah yang sebelumnya dicelupkan dalam air hangat.

8. Cuci tali sepatu juga!

Tips membersihkan sepatu putih yang terakhir sebetulnya lebih “berpusat” pada bagaimana cara membersihkan tali sepatu.

Mungkin bagian ini memang tampak sepele, namun jika tidak dibersihkan secara wajar justru tampilan sepatu akan terlihat tidak menarik.

Oleh karenanya, saat hendak mencuci sepatu putih, usahakan untuk melepas talinya dan cuci secara terpisah dengan sabun ataupun sampo.

Jangan mencampurnya dengan warna lain apalagi di dalam mesin cuci.

Bagaimana dengan Perawatannya?

Kalau tadi kita sudah ngomongin tips membersihkan sepatu putih, di poin ini CekAja bakal berfokus pada cara merawat sepatu putih.

Perawatannya enggak ribet kok sebenarnya, hanya saja memang kamu harus telaten.

Pertama-tama yang bisa kamu lakukan agar sepatu putih tetap kinclong adalah dengan meletakkannya di dalam ruangan.

Jangan menaruh sepatu di luar ruangan apalagi terkena paparan langsung sinar matahari. Sebab, lama-kelamaan warna sepatunya bisa memudar.

Selain itu, pertimbangkan juga waktu pemakaiannya. Di mana sebaiknya sepatu putih hanya digunakan saat jalan-jalan ke mall atau café, serta dengan cuaca yang mendukung.

Ya intinya, jangan sampai salah kostum ya!

(Baca Juga: 11 Merek Sepatu Lari Paling Awet Pemakaian)

Jadi, sudah tahukan tips membersihkan sepatu putih hingga perawatannya?

Memakai sepatu putih memang rawan ya, tapi sekali digunakan pasti kamu bakal ketagihan untuk kembali membelinya. Sebab, sepatu putih ini cocok sekali digunakan di berbagai acara.

Untuk pembeliannya sendiri, kamu bisa membeli sepatu lewat official account brand sepatu di e-commerce seperti Tokopedia, Lazada, dan Shopee lho.

Merek-merek ternama seperti Converse dan Vans, sekarang ini banyak memasarkan produknya di platform belanja online tersebut lho.

Terus, menyoal pembeliannya, selalu gunakan kartu kredit ya. Supaya nantinya, kamu mendapat poin reward maupun potongan harga.

Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa mencicil belanjaan dengan bunga 0 persen. Lebih untung bukan?

Nah, kalau belum memiliki kartu kredit, kamu bisa langsung akses laman CekAja, dan bandingkan seluruh produk kartu kredit terbaik di sana.

Yuk, akses laman CekAja sekarang juga, dan dapatkan beragam promo dan penawaran terbaik, biar semakin puas bertransaksi.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri