Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Tips Membuat Rambut Bergelombang Tanpa Blow, Ini Caranya!

by Vera Khairifah on 1 April, 2020

Keindahan gaya rambut bergelombang memang selalu jadi favorit para perempuan. Buat kamu yang menginginkan gaya rambut ini, berikut tips membuat gaya rambut bergelombang dengan cara paling mudah. Yuk, coba!

Tips Membuat Rambut Bergelombang Tanpa Blow, Ini Caranya!

Tips Membuat Rambut Bergelombang

Ada beberapa tips membuat rambut bergelombang yang bisa kamu lakukan. Jika tips ini konsisten dilakukan, bukan tidak mungkin kamu bisa memiliki rambut bergelombang alami tanpa blow.

  • Sering keramas

Keramas adalah tips membuat rambut bergelombang yang paling mudah. Rambut yang sering mendapat nutrisi dari shampo bisa membantu pertumbuhan rambut agar lebih lebat. Jika rambut sudah lebat, maka bentuk rambut bergelombang akan lebih mudah didapat.

Idealnya, rambut dikeramas dua hari sekali. Namun jika kamu melakukan aktivitas yang padat dan membuat rambut lebih berminyak dan kotor, kamu  bisa keramas sesuai dengan kebutuhanmu sendiri.

  • Gunakan kondisioner

Penggunaan kondisioner juga masuk ke dalam tips membuat rambut bergelombang. Dengan menggunakan kondisioner setelah keramas, rambut akan lebih lembut dan mudah dibentuk menjadi rambut bergelombang. Maka dari itu, penting untukmu menjaga kelembapan rambut.

Kondisioner juga mengandung banyak vitamin baik untuk rambut, yang baik untuk mencegah terjadinya rambut rontok, mengembang, susah diatur, atau ujung rambut yang bercabang.

  • Keringkan rambut dengan handuk lembut

Karena kelembapan rambut sangat penting, maka tips membuat rambut bergelombang selanjutnya adalah dengan mengeringkan rambut dengan handuk lembut. Hindari menggunakan handuk bertekstur kasar yang digosok-gosokkan ke rambut dengan keras, apalagi menggunakan hair dryer.

Balut rambut dengan handuk lembut yang kering, diamkan sekitar 10 menit agar sisa air di rambut menyerap ke handuk, lalu angina-anginkan rambut hingga kering sempurna.

  • Pakai produk penambah volume rambut

Selain itu, memakai produk penambah volume rambut juga menjadi salah satu tips membuat rambut bergelombang. Ya, untuk mendapat rambut bergelombang, dibutuhkan rambut yang bervolume.

Beberapa produk yang bisa kamu pakai di antaranya shampoo dan kondisioner khusus penambah volume yang biasanya memiliki kandungan aloe vera, ataupun gel dan mousse pengembang rambut.

Pakai secara rutin agar rambut menjadi tebal dan lebih mudah dibentuk bergelombang alami.

(Baca Juga: 5 Cara Mencegah Kerontokan Rambut Secara Alami)

Cara Membuat Rambut Bergelombang

Setelah mengetahui tips membuat rambut bergelombang, kamu juga bisa mencoba cara membentuk rambut bergelombang alami ini. Caranya mudah, tanpa blow maupun styling lainnya. Cukup melilit rambut seharian secara rutin.

1. Cara Membuat Rambut Bergelombang: Kepang

Teknik kepang memang cara termudah membuat rambut bergelombang. Jika kamu menginginkan rambut bergelombang yang rapat, maka kepanglah rambut dengan ukuran belahan kecil.

Sebaliknya, jika ingin rambut bergelombang yang longgar, maka cukup belah dan kepang rambut menjadi 4 sampai 5 bagian saja.

Biarkan rambutmu terkepang seharian atau semalaman, lalu buka kepangan untuk melihat hasil rambut bergelombang. Biarkan kepangan terbuka tanpa perlu disisir kembali, cukup rapikan dengan tanganmu.

2. Cara Membuat Rambut Bergelombang: Lilit Atas

Kemudian, kamu juga bisa melilitkan rambut dengan teknik lilit atas. Belah rambut menjadi beberapa bagian, lalu putar dengan gerakan melilin satu per satu belahan tersebut.

Tarik ujung setiap belahan yang sudah terlilit ke bagian atas kepala, lalu jepit dengan jepitan rambut. Lakukan hal yang sama untuk belahan lainnya yang sudah terlilit pula nantinya.

Biarkan semalaman, lalu buka lilitan, dan rapikan dengan tangan. Jika sudah mendapatkan rambut bergelombang yang diinginkan, semprot dengan hairspray agar tatanan ini tahan lebih lama.

3. Cara Membuat Rambut Bergelombang: Lilit Headband

Cara membuat rambut bergelombang ini masih mirip dengan teknik lilit atas. Bedanya, kamu memanfaatkan bandana atau headband untuk mempermudah melilitkan rambut.

Letakkan banda di atas kepala seperti penggunaan flower crown. Buat beberapa belahan rambut, lalu putar setiap belahan. Setelah itu, selipkan rambut yang sudah diputar ke bandana tersebut. Agar tak mudah terlepas, kamu juga bisa menjepit ujung rambut ke bandana.

Buka lilitan keesokan harinya, dan dapatkan rambut bergelombang impianmu.

4. Cara Membuat Rambut Bergelombang: Cepol dengan Jedai

Cara membuat rambut bergelombang yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Jedai atau jepitan badai memang terbilang efektif untuk membentuk rambut bergelombang.

Caranya, kuncir rambut dengan bentuk hair bun, lalu cepol dengan mantap. Setelah itu, jepit cepolan dengan jedai, dan biarkan seharian.

Cara ini banyak direkomendasikan para beauty vlogger lokal. Pastikan jedai yang kamu beli adalah jedai dengan cengkraman yang kencang, ya.

Jika cara dan tips membuat rambut bergelombang di atas kamu lakukan secara rutin, maka rambut lurusmu bisa perlahan membentuk gelombang alami. Untuk awal menerapan cara membuat rambut bergelombang, kamu bisa menggunakan hairspray agar tahan lebih lama.

Nikmati berbagai treatment dan styling rambut di salon berkualitas dengan potongan harga dari kartu kredit masa kini. Belum punya kartu kredit? Kamu bisa bandingkan dan pilih sesuai kebutuhan, lalu ajukan secara online dengan mudah via CekAja.com.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast