Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Tips Membuka Toko Pakaian Online

by Satrya Agung on 22 Desember, 2016

tips jualan online - CekAja.com

Berjualan online sudah bukan jadi hal aneh saat ini. Sudah banyak orang mencoba peruntungannya dengan berdagang secara online.

Perkembangannya pun sangat pesat, bahkan sampai mengancam keberadaan penjual yang masih berjualan secara offline. Ini terbukti banyaknya pedagang yang harus menutup toko mereka dan beralih ke toko online.

Kalau kamu tidak percaya coba saja datang ke daerah Mangga Dua. Pertokoan yang dulu ramai penjual sekarang sudah berangsur sepi. Dan salah satu jenis dagangan yang ramai digelar adalah toko pakaian online.

Ada kelebihan dan ini menjadi alasan kenapa toko baju online menjadi pilihan, yakni:

Bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja

Kamu bisa menjual dagangan kamu kepada siapa saja, di mana saja, dan kapan saja. Dunia online memberi kita kebebasan dalam memasarkan produk yang kita jual. Sehingga kamu tidak hanya bisa menjual ke seluruh pelosok di Indonesia, tapi juga dunia. Dengan demikian keuntungan yang bisa diperoleh pun akan semakin besar.

(Baca juga: Saat Imlek Manfaatkan Diskon Dari Toko Online Berikut Ini)

Fashion terus berkembang

Sementara di sisi lain, dunia fashion tidak akan pernah mati. Dimana model yang terus berkembang dan pakaian adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Dan jika kedua aspek ini disatukan maka akan menghasilkan salah satu jenis bisnis yang akan berumur panjang. Toko pakaian online tidak akan kehabisan ide dalam menjajakan dagangan mereka.

Prospek cerah ini pun memancing gairah bisnis di semua kalangan. Orang-orang berbondong-bondong membuat toko online sendiri. Perkembangannya amatlah sangat pesat seperti jamur yang tumbuh di musim hujan.

Untuk membuktikannya tidak perlu bingung, cukup buka laman Facebook kamu dan hitung ada berapa orang dari teman kamu yang berjualan online di situs pertemanan itu? Setidaknya ada 1 orang yang berjualan online, bukan?!

Di sini terbukti bahwa banyaknya pemain di lahan ini maka itu berarti sebuah persaingan yang ketat, dan untuk mengatasinya dibutuhkan jurus-jurus ampuh agar menjadi pemenang.

Ada beberapa kebiasaan para pembeli saat berbelanja online. Dan ini harus menjadi catatan penting bagi kamu yang berniat atau sedang menggeluti bisnis ini tapi masih belum mendapatkan hasil yang maksimal.

Pertama, Wanita lebih suka dan sering berbelanja pakaian ketimbang pria. Bagi wanita pakaian adalah sesuatu yang penting, beda cerita dengan pria yang lebih cuek. Itulah sebabnya seorang wanita di akun Instagramnya setidaknya mengikuti lebih dari satu toko online.

Kedua, sebelum memilih pembeli akan memperhatikan stok yang tersedia.

Terkahir, ketiga, pembeli akan sangat memperhatikan detail dari pakaian yang hendak dibeli. Maka pastikan barang yang kamu jual sudah melewati Quality Control yang ketat.

(Baca juga: Cara Sukses Jualan Barang Fashion Saat Musim Belanja Online)

Sekarang kita akan beralih pada poin apa saja yang wajib ada dalam sebuah toko online dan yang menjadi pendorong kemajuannya.

  1. Tidak jauh berbeda dengan toko konvensional yang mana butuh media dalam memajang barang dagangan, toko online pun sama. Kamu harus mempunyai sebuah media yang mana semua informasi yang dibutuhkan calon pembeli bisa diperoleh. Untuk hal ini adalah Website. Pada website kamu bukan hanya saja memajang apa saja yang dijual, tapi juga informasi lain, seperti cara pembelian, layanan CS, sistem pengiriman, dan lainnya. Sedangkan media sosial sebagai media promonya.
  2. Foto produk dengan resolusi yang tinggi, dengan demikian calon pembeli bisa melihat tiap detail dari pakaian yang kamu jual itu. Siapkan juga dalam beberapa posisi agar keyakinan calon pembeli semakin tinggi. Dan jangan lupa, gunakan model juga. Selain jadi enak dilihat dan bisa memberi bayangan kalau pakaian itu dipakai.
  3. Update terus dengan trend yang sedang ramai saat ini. Jangan sampai pelangganmu lari karena yang kamu jual dianggap kuno.
  4. Deskripsi adalah yang paling penting. Detail dari pakaian tersebut harus jelas. Ukuran yang tersedia, variasi warna, dan bahannya.

Dengan mengikuti poin-poin ini maka toko pakaian online kamu akan bertahan terhadap tingginya persaingan. Dan kalau kamu butuh modal, ajukan aja Kredit Usaha Rakyat (UKR) di sini. Selamat mencoba.

Tentang Penulis

Satrya Agung

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami