Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Tips Memilih Asuransi Mobil Paling Menguntungkan

by Rini Agustina on 6 February, 2020

Ada dua jenis asuransi yang bisa jadi pilihan yakni  all risk dan total loss only, dua faktor penting yang dapat digunakan untuk menilai asuransi mobil paling menguntungkan adalah fitur, besaran premi dan kebutuhan kita. 

Tips Memilih Asuransi Mobil Paling Menguntungkan

Kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya asuransi kendaraan belum tinggi. Mereka menganggap besaran premi yang diminta rata-rata perusahaan asuransi terbilang tinggi. Belum lagi jika dalam tempo setahun tidak ada kerusakan yang terjadi maka total premi yang telah dibayar jadi hak milik perusahaan. Skema ini menurut masyarakat justru merugikan mereka.

Nyatanya, asuransi kendaraan justru menjadi kebutuhan mendasar bagi pemilik mobil. Untung ruginya dinilai berdasarkan bagaimana Anda memilih dan membeli proteksi yang tepat. Penentuan perusahaan asuransi juga turut andil dalam perkara untung rugi memiliki asuransi. Sebelum membeli proteksi untuk mobil kesayangan ketahui dulu jenis-jenis asuransi kendaraan yang jamak ditawarkan di Indonesia

Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Jenis asuransi kendaraan atau mobil di Indonesia umumnya terdapat dua jenis yakni Asuransi Total Lost Only (TLO) dan Asuransi All Risk/Comprehensive. Berikut pemaparan lengkapnya.

Asuransi Total Lost Only (TLO)

Asuransi jenis ini adalah proteksi bagi kerusakan kendaraan diatas 75% atau kehilangan karena pencurian ataupun karena perampokan di jalan raya atau di mana pun. Klaim tidak dapat dicairkan jika kerusakan mobil dianggap belum sampai 75%. Mengapa angka 75% yang dipilih? Sebab ketika tingkat kerusakan mobil mencapai angka tersebut mobil sudah pasti tidak dapat digunakan. Asuransi TLO ini paling banyak dipilih masyarakat Indonesia karena preminya yang ramah kantong.

Plus : Harga premi rendah dan terjangkau, klaim tepat sasaran

Minus : Klaim tidak dapat cair jika kerusakan yang terjadi tergolong ringan. Nyatanya kerusakan ringan pada mobil tetap membutuhkan biaya perbaikan besar

Asuransi All Risk/Comprehensive

All risk yang dalam Bahasa Indonesia berarti resiko, jenis asuransi ini memang memberikan ganti rugi untuk semua kerusakan mobil pemegang polis, termasuk juga mengganti kehilangan akibat pencurian dan perampokan. Klaim dapat diajukan untuk kerusakan ringan maupun berat. Bahkan kerusakan yang berupa lecet dan baret saja akan diganti oleh perusahaan. Namun manfaat ekstra ini harus Anda bayar dengan premi mahal.

Plus: Melindungi semua kerusakan mobil

Minus: Harga premi tinggi, klaim belum tentu digunakan dalam satu tahun, total biaya premi bisa jadi lebih tinggi dibanding biaya perbaikan

Memilih Asuransi Mobil Paling Menguntungkan

Memilih asuransi mobil yang paling menguntungkan ini cukup sulit, sebab ada sejumlah faktor yang mesti dipetimbangkan. Ada yang menyebut jenis asuransi TLO lebih menguntungkan ada pula yang menilai bahwa jenis asuransi all risk dapat memberikan perlindungan lebih. Lalu mana yang benar?

1. Pertimbangkan premi

Karena kondisi finansial setiap orang berbeda maka harga premi yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi juga menimbulkan efek beragam. Namun umumnya all risk membebankan biaya premi tahunan yang cukup besar berkisar yakni sekitar 2% – 3% dari harga mobil sementara TLO nilai asuransi mobil rata-ratanya adalah sebesar 0.8% – 1%.

Contoh, jika Anda mempunyai mobil seharga Rp 150 juta, dan mengambil premi asuransi TLO dengan nilai asuransi 0.8%, biaya yang harus dibayarkan adalah:

0.8% x Rp 150.000.000 =  Rp 1.200.000

Sementara jika asuransi all risk yang dipilih untuk mobil seharga Rp 150 juta, maka premi asuransi yang mesti dibayar adalah :

2% x Rp 150.000.000 = Rp 3.000.000

Jumlah pembayaran premi all risk seringkali dua kali lipat lebih tinggi dibanding TLO. Lebih tinggi premi tidak selalu lebih baik, terutama ketika mobil Anda tak mengalami kerusakan apapun. Ingat seluruh premi yang dibayar tahunan ini tidak dapat dikembalikan meskipun tanpa klaim.

2. Pertimbangkan Tahun Mobil

Memilih asuransi mobil paling menguntungkan juga dapat kita lihat dari usia mobil yang diproteksi. Semakin tua usia mobil biasanya semakin murah harga jualnya. Hal ini tentu akan berimbas pada besaran nilai asuransi yang didapatkan, terlebih jika mobil sudah berusia diatas 10 tahun. Perlu diketahui juga bahwa rata-rata perusahaan asuransi tidak menerima pengajuan untuk mobil diatas 15 tahun.

( Baca juga : Dari Bokong Hingga Kumis, Intip Uniknya Asuransi Para Artis )

Usia mobil yang semakin tua artinya resiko rusak juga lebih tinggi dan lebih luas. Maka untuk yang satu ini disarankan untuk membeli jenis asuransi all risk saja. Sebab nilai yang akan didapat bisa menutupi hampir seluruh biaya perbaikan kendaraan. Meskipun tidak menanggung 100% namun cukup meringankan. Sementara untuk mobil keluaran baru yang mungkin bakal jarang mengalami kerusakan sebaiknya pertimbangkan untuk memilih jenis asuransi TLO saja. Sebab kemungkinan besar kerusakan hanya dialami pada beberapa bagian mobil saja, yang tidak memerlukan biaya perbaikan tinggi. Bahkan mobil baru dibawah lima tahun biasanya hanya mengalami kerusakan minor seperti baret dan lecet saja.

3. Pertimbangkan Lokasi Tempat Tinggal

Pertimbangkan lokasi tempat Anda tinggal untuk memilih asuransi mobil paling menguntungkan. Jika daerah lokasi tempat Anda tinggal cenderung sepi dengan lalu lintas yang tidak begitu padat, biasanya resiko kecelakaan juga rendah sehingga asuransi TLO bisa jadi pilihan, lain soal jika Anda tinggal di lingkungan padat penduduk kendaraan dengan jumlah kecelakaan tinggi seperti di Jakarta dan sekitarnya maka tipe all risk jadi yang paling ideal karena dapat melindungi kendaraan dengan maksimal.

4. Pilihan Perusahaan yang Kredibel

Saat ini sudah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan jasanya di Indonesia. Rata-rata memberikan manfaat yang sama dengan premi yang tidak jauh berbeda, yang membedakan adalah kualitas layanan mereka. Sebelum membeli polis usahakan untuk mencari lebih banyak informasi mengenai perusahaan asuransi yang jadi pilihan.

Selain besaran premi dan nilai pertanggungan yang didapat, hal penting lain yang mesti diperhatikan adalah lokasi yang menjadi pertanggungan mereka. Ya, pasalnya sebagian besar perusahaan asuransi swasta belum memiliki layanan merata diseluruh Indonesia. Jika kebetulan Anda sering bepergian keluar kota, maka pilihkan produk proteksi yang punya fasilitas meliputi daerah-daerah yang lebih luas.

Sayang kan jika selama beberapa tahun Anda harus mengeluarkan biaya perbaikan sendiri hanya karena kecelakaan berada di luar radius pertanggungan? Terpenting adalah hanya memilih perusahaan yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

5. Lakukan Perbandingan

Memilih asuransi mobil paling menguntungkan tidak bisa lepas dari bagaimana cara kita melakukan perbandingan. Karena perusahaan asuransi yang menawarkan perlindungan kendaraan di Indonesia cukup banyak, Anda harus menimbang mana yang memberikan lebih banyak manfaat yang dibutuhkan. Biasanya setiap jenis asuransi  memiliki perbedaan dari segi premi, polis, maupun manfaat .

Terlebih pada perusahaan asuransi kendaraan baru, banyak promo yang mereka tawarkan biasanya gratis potongan biaya premi. Namun, jangan terjebak pada harga semata jika ternyata perlindungan yang diberikan tidak sesuai dengan ekspektasi Anda. lihat track recordnya, jika sering mengacuhkan klaim nasabah bisa jadi perusahaan asuransi ini tidak sehat.

Setidaknya dari sebuah forum percakapan menyoal asuransi, jika 70% nya membicarakan sisi negatif sebuah perusahaan maka besar kemungkinan produk yang ditawarkan tidak menguntungkan nasabah.

6. Pertimbangkan Kuantitas Penggunaan Mobil

Seringkali pemegang polis merasa dirugikan lantaran terus membayar premi tinggi namun tidak pernah mengajukan klaim. Pemegang polis sering merasa dicurangi atau ditipu. Padahal sejak awal setiap calon pembeli asuransi sudah dijelaskan mengenai hal ini. Bahwa ada klaim maupun tidak jumlah premi yang disetor nasabah akan menjadi hak milik perusahaan asuransi. Karena itu bagi Anda yang lebih sering memarkirkan mobil di garasi sebaiknya pilih perlindungan TLO saja dibanding all risk karena resiko kerusakan yang akan terjadi relatif kecil.

Beda halnya dengan pemilik mobil yang sering menggunakan kendaraannya, atau memang sehari-hari bepergian menggunakan mobil maka sebaiknya pilih all risk plus tambahan perlindungan untuk demo, banjir dan bencana alam lain yang menimbulkan resiko lain pada kendaraan.

7. Pertimbangkan Perlindungan dari Showroom

Memilih asuransi mobil paling menguntungkan juga bisa kita pertimbangkan dari showroom tempat Anda membeli mobil. Saat ini banyak showroom mobil yang menawarkan gratis perawatan dan perlindungan selama beberapa tahun untuk para konsumennya. Perlindungan mencakup perbaikan terhadap kerusakan-kerusakan minor seperti lecet dan baret. Karena mobil Anda juga tergolong masih baru sehingga resiko kerusakan mayor kecil, sementara showroom juga memberikan perlindungan tambahan sebaiknya pilih asuransi jenis TLO saja yang memberikan perlindungan untuk kerusakan-kerusakan kecil.

Saat membeli mobil coba tanyakan pada pihak showroom adakah mereka memberikan fasilitas perawatan dan perlindungan gratis? Namun biasanya harga di showroom yang menawarkan manfaat ini sedikit lebih tinggi dan perbaikan hanya dapat dilakukan pada bengkel rekanan yang lokasinya bisa jadi jauh dari lokasi mobil berada ketika mengalami kerusakan.

8. Pertimbangkan Budget

Semua pemilik mobil pastinya menginginkan perlindungan maksimal dengan membeli polis untuk jenis all risk. Namun harga premi yang tinggi kerap jadi kendala yang menyurutkan niat mereka untuk membeli asuransi. Padahal ada premi yang lebih rendah jika memilih jenis asuransi TLO. Namun karena klaim hanya bisa dicairkan ketika kerusakan mobil mencapai 75% masyarakat lebih memilih untuk tidak memiliki asuransi kendaraan apapun.

Padahal, perlindungan minor tetap akan meringankan biaya perbaikan ketika mobil mengalami kerusakan. Jangan memaksa mengeluarkan budget inggi hanya karena menginginkan perlindungan menyeluruh untuk mobil Anda, namun pilihlah yang sesuai dengan kemampuan keuangan. Paling tidak besarnya premi tahunan jangan sampai menyedot lebih dari 10% pendapatan bulanan Anda.

9. Pertimbangkan Manfaat Tambahan

Beberapa perusahaan asuransi kendaraan ada yang memberikan layanan tambahan berupa asuransi jiwa dan kesehatan untuk pemegang polis. Hal ini dapat melindungi Anda jika sewaktu-waktu terlibat kecelakaan. Selain itu rata-rata asuransi kendaraan juga menawarkan perluasan untuk berbagai perlindungan kendaraan seperti kerusakan akibat bencana alam. Tapi, selalu ada biaya tambahan untuk perluasan ini. Kenali besaran tambahan biaya dan cakupan perlindungan tambahannya. Mana yang memberikan perlindungan paling luas itulah yang idealnya dipilih.

Itulah beberapa tips dan trik memilih asuransi mobil paling menguntungkan. Pahami jenis, manfaat dan besaran premi, sesuaikan dengan kondisi finansial. Jangan memaksakan diri membeli polisi paling tinggi, sebab perlindungan kendaraan pada satu individu tidak sama dengan individu lain. Berhati-hati dalam memilih perusahaan, karena banyak juga perusahaan lama yang buruk dalam sisi manajemen dan pelayanannya.

Segera asuransikan kendaraan kamu secepatnya!

Tentang Penulis