Tips Memilih Kaca Film untuk Mobil Agar Tak Salah Pasang

6 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari pada

Bukan cuma hiasan, kaca film mobil juga digunakan sebagai pelindung. Sehingga, bagi para pemilik mobil pastikan mengetahui tips memilih kaca film untuk mobil, agar tidak salah pasang, seperti terlalu gelap, terlalu tipis, dan cepat mengelupas.

Seberapa penting penggunaan kaca film pada mobil? Ibarat layar handphone tanpa tempered glass, ketika jatuh, maka akan pecah, begitu pun kaca mobil.

Ketika kaca mobil tanpa pelindung, dan terbentur sesuatu yang keras, maka kaca mobil akan pecah berkeping-keping.

Namun, jika dipasang kaca film, kaca mobil akan tetap pecah, tapi akan tertahan oleh lapisan film, sehingga partikel kaca tidak terlempar kemana-mana.

Selain itu, sinar biru dari layar handphone juga akan langsung terkena mata, jika tanpa pelindung layar. Begitu juga kaca mobil, dengan kaca film sinar matahari tidak langsung masuk ke dalam kabin mobil.

Nah, sebelum mengetahui tips memilih kaca film untuk mobil, yuk ketahui dulu manfaat kaca film mobil, berikut ini.

Manfaat Kaca Film untuk Mobil

  • Sebagai Pelindung dari Paparan Sinar UV

Manfaat dari kaca film mobil yang pertama adalah sebagai pelindung dari paparan sinar UV, sehingga sinar yang masuk ke dalam kabin bisa tersaring.

(Baca Juga: 10 Kaca Film Mobil Terbaik)

Pasalnya, paparan cahaya matahari langsung, bisa menimbulkan gelombang inframerah dan ultraviolet (UV, yang bisa membahayakan mata dan kulit.

Jadi, semua penumpang termasuk supir, bisa terhindari dari paparan sinar matahari langsung, dan mencegah bahaya yang ditimbulkan.

  • Dapat Meningkatkan Penampilan Mobil

Manfaat kaca film mobil yang selanjutnya adalah bisa meningkatan penampilan mobil, agar terlihat lebih elegan.

Pasalnya, kaca mobil tanpa film akan terlihat tembus pandang, ke bagian dalam kabin. Hal tersebut tentu akan mengganggu penampilan mobil.

Kaca film juga akan memberikan kesan eksklusif pada mobil. Pasalnya, tidak hanya hitam, kaca film juga tersedia dalam berbagai warna dan tingkat kegelapan.

Sehingga, kamu bisa pilih sendiri untuk menyesuaikan dengan warna dan karakter mobilmu.

  • Efisiensi Energi

Manfaat selanjutnya adalah efisiensi energi, karena kaca film dapat mengurangi cahaya matahari yang masuk ke kabin.

Hal tersebut bisa mencegah kenaikan temperatur dalam mobil, serta membantu menjaga aktifitas AC, agar tidak berlebihan dan membuat mobil semakin irit dalam mengkonsumsi bahan bakar.

  • Sebagai Penjaga Privasi

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, tanpa kaca film mobil, kaca akan tembus pandang, ke bagian dalam mobil.

Hal tersebut tentu akan memperlihatkan segala kegiatan kamu di dalam mobil, tanpa adanya privasi.

Nah, dengan kaca film mobil, maka privasi kamu akan semakin terjaga. Terlebih kini privasi menjadi unsur penting disaat kamu berkendara.

Dengan begitu, orang-orang di luar mobil tidak bisa leluasa melihat isi mobil, maupun aktivitas kamu dan penumpang lainnya, yang ada di dalam mobil.

  • Mengurangi Resiko Kejahatan

Selain itu, ada manfaat kaca film mobil juga yang tak kalah luar biasa, yakni bisa mengurangi dari risiko kejahatan.

Pasalnya, dengan kaca film mobil, pandangan akan terhalang, dan orang dari luar tidak akan bisa melihat barang-barang yang berada di dalam mobil.

Dengan pandangan yang terbatas, maka bisa mempersulit orang yang berniat mencuri barang berharga, di dalam mobil atau bahkan hingga melakukan sesuatu, terhadap penumpang di dalam mobil.

Tingkat Kegelapan Kaca Film Mobil

  • Kaca depan

Demi keselamatan dan kenyamanan penglihatan, tingkat kegelapan kaca film mobil pada kaca depan, dianjurkan hanya 20 persen.

Namun, jika masih terlalu terang, maka tingkat kegelapannya bisa ditambah maksimal 40 persen.

  • Kaca samping kanan-kiri pengemudi

Meski fokus utama ada di depan, namun jangan pasang kaca film terlalu gelap di kaca samping kiri dan kanan. Mengapa?

Ada alasan khusus, karena ketika mata kita melihat kaca depan yang terang, kemudian tiba-tiba melihat kaca spion dari jendela samping yang gelap, maka mata kita butuh waktu lama untuk menangkap bayangan di spion.

Jadi disarankan, bila kaca depan 20 persen, maka untuk kaca samping kiri dan kanan pengemudi cukup gunakan 40 persen.

Bagaimana jika kaca depan menggunakan 40 persen? Nah, jika demikian, maka kamu bisa gunakan 60 persen di jendela samping ini.

  • Kaca Belakang

Siapa bilang kaca belakang tidak butuh perlindungan? Untuk tingkat kegelapan kaca belakang, biasanya hampir disamakan dengan kaca depan.

Pasalnya, pengemudi juga akan melihat kondisi jalan dari arah belakang, menggunakan kaca spion tengah.

Jadi, disarankan kaca belakang bisa menggunakan 20 persen atau 40 persen, jangan lebih.

Tips Memilih Kaca Film untuk Mobil

1. Pilih Kaca Film dari Merek Ternama

Tips memilih kaca film untuk mobil yang pertama adalah pilihlah kaca film dari merk ternama.

Pasalnya, setiap jenis kaca film, tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehingga, kamu sebaiknya mencari yang memiliki karakter, dan sesuai dengan mobil, domisili hingga budget.

Nah, agar kualitasnya tidak main-main, maka cari brand yang cukup lama eksis di Indonesia.

Hal tersebut dilakukan, bukan hanya punya nama dan berkualitas, tapi juga telah mengenal dengan baik karakter cuaca, suhu dan karakter pemakaian, rata-rata pengguna mobil di Indonesia.

2. Sesuaikan Kebutuhan dan Budget

Tips memilih kaca film untuk mobil yang selanjutnya adalah menyesuaikan budget, kebutuhan, dan selera kamu.

Kaca film dengan kualitas terbaik, dipastikan tahan lama, lebih menarik mata, memiliki kemampuan penolak panas yang lebih baik, dan tentu saja lebih mahal.

Tapi demi kebutuhan, kamu juga bisa pilih kaca film yang kualitasnya oke namun harga standar.

Daripada yang kualitas biasa harga murah tapi tidak melindungi, lebih baik yang bisa melindungi, karena kenyamanan dan keamanan adalah nomor satu.

Kamu sendiri, tidak mau bukan membiarkan kulit terpapar dengan radiasi sinar UV, dalam jangka waktu lama dan tentu saja tidak menyehatkan.

3. Perhatikan Tingkat Kegelapan Atau Kepekatan Warna Kaca Film

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa memperhatikan tingkat kegelapan kaca film, juga termasuk tips memilih kaca film untuk mobil yang benar.

Pasalnya, dalam Peraturan tentang penggunaan kaca film di Indonesia, ternyata sudah ada sejak lama.

Peraturan tersebut bahkan tercatat dalam undang-undang, yakni PP Nomor 55/2012 tentang Kendaraan, UU Nomor 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, PP Nomor 44/1993, tentang Kendaraan dan Pengemudi, Permenhub Nomor 10/2012 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Massal Berbasis Jalan, serta Permenhub Nomor 98/2013 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum.

Meski tidak menyebutkan berapa persentasenya, namun dari sekian banyak peraturan tersebut, memang tidak menyebutkan tingkat kegelapan maksimal si kaca film.

Akan tetapi, secara eksplisit, penggunaan kaca film hanya disarankan oleh pihak berwenang, agar tingkat kegelapannya tidak melebihi 60%. Mengapa?

Selain mengganggu penglihatan, penggunaan kaca film yang terlalu gelap sering disalahgunakan, untuk tindakan-tindakan yang menyalahi hukum.

4. Pastikan Pemasangan Harus Dilakukan Secara Profesional

Meski mudah dipasang, namun dalam tips memilih kaca film untuk mobil juga harus diperhatikan, pemasangannya.

Bisa memasang, bukan berarti hasilnya bisa sesempurna yang ahli memasang kaca film. Pasalnya, dalam memasang kaca film, dibutuhkan keterampilan dan alat seperti para teknisi.

Jadi, disarankan, gunakan jasa pemasangan secara profesional agar hasilnya sempurna, dan gak gampang mengelupas.

(Baca Juga: 5 Sarung Jok Mobil Terbaik)

5. Pilih Warna Kaca Film yang Cocok dengan Warna Mobil

Tidak hanya hitam, warna kaca film juga beragam. Nah, di sini kamu juga perlu tahu sebagai salah satu tips memilih kaca film untuk mobil.

Pemilihan kaca film di sini, lebih ke arah estetika. Pasalnya, jika asal pilih, akan berpengaruh ke tampilan mobil.

Pemilihan warna kaca film yang tidak tepat, bisa jadi akan ada ketidak cocokan dengan warna mobil.

Jadi, selain sebagai pelindung, jadikan juga kaca film untuk mengubah tampilan mobil yang menjadi lebih atraktif.

Nah, itu dia beberapa informasi terkait tips memilih kaca film untuk mobil, bagi para pemilik mobil.

Namun, tidak hanya kaca saja yang perlu perlindungan, mobil beserta penumpangnya juga butuh perlindungan, dari berbagai risiko kecelakaan, apalagi kalau bukan dengan asuransi kendaraan.

Dengan asuransi kendaraan, kamu bisa terlindungi dari berbagai macam risiko, kecelakaan, hingga risiko kerugian finansial.

Yuk, Ajukan Asuransi Kendaraan Terbaik Hanya di CekAja.com!

CekAja.com menawarkan banyak produk asuransi kendaraan, dari berbagai perusahaan asuransi kendaraan ternama di Indonesia.

Jadi, kamu tidak perlu cari-cari agen asuransi, untuk mendapatkan produk asuransi kendaraan, yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhanmu.

Yuk, tunggu apa lagi? Segera ajukan asuransi kendaraan terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com.