Tips Memilih Lipstik yang Bebas Bahan Kimia Berbahaya, Wanita Wajib Tau!

4 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Penggunaan lipstik seakan telah menjadi item wajib untuk menunjang penampilan tiap wanita. Namun yang perlu diperhatikan, tidak semua lipstik diproduksi dengan bahan alami. Oleh karenanya, penting bagi kamu untuk mengetahui tips memilih lipstik yang bebas bahan kimia, agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang dapat merusak keindahan bibir.

Tips Memilih Lipstik yang Bebas Bahan Kimia

Kebanyakan wanita sepertinya jarang sekali mengecek kandungan yang ada di dalam lipstik mereka. Karena biasanya lipstik yang akan dibeli hanya dilihat berdasarkan warna unik dari lipstik tersebut. Padahal dengan mengetahui apa saja kandungan yang terdapat dalam lipstik bisa membuat kamu lebih aware akan kesehatan bibir.

Menurut laman New Vision, banyak lipstik mengandung bahan kimia berbahaya seperti timbal. Bahan ini enggak hanya membuat pengguna lipstik mengalami alergi atau pecah-pecah bibir saja, lebih dari itu bila digunakan terus menerus dapat menyebabkan gagal ginjal maupun kanker.

Bisa dikatakan penggunaan lipstik berbahan kimia tidak hanya memberikan efek berbahaya bagi bibir, namun juga mempengaruhi kesehatan organ tubuh lainnya yang justru lebih fatal akibatnya.

Sehingga penting bagi kamu untuk mengetahui tips memilih lipstik yang bebas bahan kimia beserta kiat jitu membuat lipstik alami berikut ini. Yuk, kepoin!

Tips Memilih Lipstik yang Bebas Bahan Kimia

1. Cek kandungannya sebelum membeli

Pemilihan lipstik untuk digunakan sehari-hari tidak hanya didasarkan dari warna uniknya saja. Kamu juga harus jeli dalam melihat apa saja kandungan yang terdapat dalam lipstik tersebut.

Tips memilih lipstik yang bebas bahan kimia ini perlu diterapkan demi menjaga bibir agar tetap sehat. Sebab salah membeli lipstik yang mengandung bahan kimia berbahaya justru akan menyebabkan alergi hingga bibir menjadi hitam.

(Baca Juga: Mengenal Varian dan Kegunaan Essential Oil Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit)

2. Gunakan lipstik yang sudah terdaftar di BPOM

Badan Pengawasan Obat dan Makanan atau disingkat BPOM merupakan lembaga milik negara yang bertugas untuk mengawasi peredaran obat-obatan dan makanan di Indonesia. Lembaga ini juga sekaligus mengawasi berbagai merek kosmetik yang beredar luas di pasaran.

Di tahun 2018 lalu, BPOM sempat merilis daftar produk kosmetik termasuk lipstik yang dinilai tidak lolos uji coba. Ini berarti produk-produk tersebut mengandung zat kimia berbahaya yang seharusnya tidak digunakan oleh manusia.

Beberapa diantaranya adalah merek OZERA Lipstik, SALSA MEIXIIE Lip Liner, Cassandra Superior Lip Gloss, GLD Garland Lipstik, dan Sutsyu Lipstik.

Untuk mengetahui apakah lipstik yang kamu gunakan sudah lolos uji coba BPOM, kamu bisa langsung mengunjungi laman https://cekbpom.pom.go.id/. Ini termasuk tips memilih lisptik yang bebas bahan kimia dan sudah terbukti ampuh.

3. Jangan memilih lipstik dengan aroma menyengat

Aroma yang menyengat dari lipstik juga bisa menjadi penanda bahwa produk tersebut mengandung zat kimia berbahaya. Zat ini nantinya bakal membuat bibirmu menjadi gosong.

Tetapi bukan berarti semua merek lipstik yang memiliki aroma menyengat itu berbahaya. Untuk mengakalinya, kamu bisa mengikuti tips memilih lipstik yang bebas bahan kimia berbahaya pada poin satu dan dua di atas.

4. Hindari lipstik dengan kandungan berbahaya

Tips memilih lipstik yang bebas bahan kimia berikutnya adalah dengan menghindari kandungan berbahayanya. Dilansir dari laman Hello Sehat, setidaknya terdapat enam zat kimia yang wajib dihindari oleh wanita saat menggunakan lipstik. Mulai dari yang berbahan petroleum, paraffin, ozokerite, parabens, BHT, hingga formaldehyde.

5. Pilih lipstik dengan bahan alami

Ketimbang memilih lipstik yang memiliki kandungan parabens, cobalah mulai menggunakan lipstik yang sudah terbukti mengandung bahan-bahan alami, seperti shea butter, vitamin E, titanium dioksida, candelilla, dan beeswax.

Tips memilih lipstik yang bebas bahan kimia ini bisa kamu terapkan saat ingin membeli suatu merek lipstik atau bahkan membuatnya sendiri di rumah.

(Baca Juga: Sebelum Merintis Karier Sebagai Makeup Artist, Perhatikan Dulu 6 Hal Ini)

Kiat Jitu Membuat Lipstik Alami di Rumah

Sebagaimana tips memilih lipstik yang bebas bahan kimia berbahaya di atas telah dipaparkan, sekarang kamu mesti lebih aware akan kesehatan bibir mu sendiri. Salah satu langkah kecilnya adalah dengan membuat lipstik sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan alami.

Pertama-tama yang kamu butuhkan dalam meracik lipstik alami adalah komposisi bahan yang digunakan. Ini juga menjadi alasan para wanita untuk lebih memilih menggunakan lipstik buatan sendiri ketimbang produk abal-abal yang saat ini banyak beredar di pasar.

Kamu bisa menggunakan lilin lebah atau beeswax, minyak almond, maupun shea butter sebagai base lipstik. Kemudian untuk pewarna alaminya, gunakan bubuk buah bit, pomegranate, dan kayu manis untuk menghasilkan warna-warna cantik yang mempesona, seperti merah keunguan, merah, dan cokelat kemerahan.

Setelah semua bahan dipersiapkan, saatnya kamu mulai mencampurkan bahan-bahan tersebut ke dalam wadah tahan panas. Wadah ini nantinya bakal dimasukkan ke dalam microwave selama kurang lebih 30 detik hingga mentahan lipstik tersebut mencair. Lalu, mix and match warna dengan menggunakan pewarna alami seperti yang telah disebutkan di atas.

Jika sudah, masukkan lipstik tersebut ke dalam wadah penyimpanan dan biarkan mengeras pada suhu dingin atau masukkan ke dalam kulkas. Liptstik berbahan alami siap kamu gunakan dan ini juga termasuk tips memilih lipstik yang bebas bahan kimia berbahaya. Mudah bukan?

Dapatkan informasi lainnya seputar gaya hidup, strategi kelola keuangan, dan cara memilih produk finansial di CekAja.com. Lewat situs ini, kamu juga bisa mengajukan pembuatan kartu kredit dari beberapa mitra bank ternama yang dimiliki. Yuk, tunggu apalagi? Segera miliki kartu kredit dari CekAja dan nikmati ragam penawaran terbaiknya.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri