Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Tips Menata Rumah Jelang Hari Raya Idul Fitri

by JTO on 22 Juni, 2015

tips menata rumah _ KPR - CekAja.com

Tak ada salahnya mengubah tampilan rumah saat Hari Raya Idul Fitri mendatang. Sentuhan-sentuhan kecil yang berbeda sangat mungkin menjadikan rumah lebih nyaman dan menyenangkan untuk menyambut tamu.

Sedikit perubahan tetap membantu membangun suasana yang lebih segar di rumah. Intinya, perubahan yang dilakukan harus menyesuaikan dengan bujet yang telah dipersiapkan. Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mendekor ulang rumah demi menyambut momen Lebaran.

Tentukan tema

Biasanya setiap penghuni rumah memiliki selera dekorasi interior masing-masing. Biasanya ibu yang akan menjadi penentu tema dekorasi seperti apa yang akan diterapkan di dalam rumah. Namun, bisa juga setiap anggota keluarga lainnya ikut memberikan masukan mereka untuk menentukan tema dekorasi rumah.

Tema ini bisa menjadi penyegaran suasana rumah. Tradisi mendekor ulang rumah menjelang Lebaran seperti ini memang menjadi momen tepat untuk mengaplikasikan dekorasi impian yang mungkin sudah ditunggu-tunggu sejak lama. (Baca juga: Punya Cicilan Kredit Lain Tapi Ingin Ajukan KPR, Pelajari Dulu Simulasinya)

Gunakan wallpaper dan wallsticker untuk ruang tamu

Dengan tema yang sudah mantap dipilih, kamu bisa dengan mudah mencoba sedikit perubahan di ruang tamu. Mungkin sebelumnya kamu lebih suka dengan cat polos warna tertentu. Sudah saatnya kali ini mencoba yang sedikit berbeda. Kamu bisa memberi sentuhan baru melalui wallpaper atau wallsticker. Pilihan motif dan warna yang tepat akan mengubah suasana di ruang tamu.

Ruangan dengan plafon rendah akan lebih cocok dengan wallpaper bermotif garis vertikal. Motif semacam itu bisa memberikan kesan dinding lebih tinggi. Untuk ruang tamu yang luas, kamu bisa menggunakan wallpaper warna gelap atau motif-motif besar. Ini akan membuat ruangan terasa lebih hangat dan intim. (Baca Juga: Cara Mudah Beli Rumah di Usia 20-an)

Jika tak ingin menggunakan wallpaper, wallsticker bisa menjadi pilihan. Penggunaannya memang lebih mudah karena ada beraneka ragam bentuk dan ukuran. Pilihan gambar yang ditawarkan biasanya juga cukup beragam mulai dari karakter binatang, pepohonan, atau pilihan desain lainnya. Dengan wallsticker , kamu bisa lebih berhemat karena tidak perlu menutupi seluruh area dinding yang mungkin masih belum terlalu pudar catnya. Selain itu, kamu bisa menyembunyikan noda atau kerusakan dinding.

Percantik area dapur

Tentu akan lebih menyenangkan jika area dapur, terutama bila dapurmu adalah jenis dapur bersih, menjadi tempat baru untuk berkumpul bersama keluarga saat Idul Fitri. Jadi, kamu bisa mencoba melengkapi dapur dengan area makan yang mungkin selama ini tak pernah digunakan karena keluarga lebih sering menggunakan area lain.

Siapkan kursi sesuai jumlah anggota keluarga pada meja makan atau meja bar yang terdapat di area dapur. Pastikan kembali kondisinya sudah bersih dan tak berbau ataupun berminyak. Setelah itu, siapkan perabot makan yang baru untuk memberikan suasana makan yang baru.

Tampilkan perabotan baru

Sofa-sofa di ruang tamu atau ruang keluarga bisa mendapat giliran untuk dicuci jika masih dalam kondisi bagus. Atau, sudah saatnya mengganti beberapa sofa yang sudah using. Jika ingin mencoba suasana baru saat lebaran. Singkirkan semua sofa, kursi, meja, dan furnitur lainnya di ruang keluarga. Bentangkan karpet mengisi seluruh ruangan. Ganti kursi-kursi dan sofa dengan bantal beraneka ukuran, beanbag berukuran medium, serta aksesoris berbahan busa di atas karpet.

Perubahan semacam ini bisa menambah suasana kekeluargaan pada saat Lebaran tiba. Kamu dan seluruh anggota keluarga dan sanak saudara yang datang bersilahturahmi bisa mendapatkan suasana lebih hangat dan nyaman. (Baca juga: Sudahkah Rumah Anda Diasuransikan? Ini Alasannya)

Lalu, bagaimana dengan sajian kue lebaran dan kue-kue kering? Cukup tempat meja-meja di beberapa sudut ruangan untuk menjadi tempat sajian hidangan.

Ajukan KPR bunga murah di sini.

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.