Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Tips Menata Rumah yang Sesuai dengan Feng Shui

by Tisyrin N. T on 30 Januari, 2017

rumah subsidi - CekAja.com

Memasuki Tahun Ayam Api, mari cermati Feng Shui yang menurut kepercayaan Tionghoa dapat membantu kamu menjauhi energi negatif dan membawa keberuntungan dalam hidup.

Dengan Feng Shui, kamu akan lebih mengenali elemen dari setiap bagian di rumah atau kantor sehingga lebih mudah dalam menatanya. Berikut ini beberapa tips feng shui untuk Tahun Ayam Api imlek 2017.

Jalan masuk

Keberuntungan akan memasuki rumah melalui pintu, maka dari itu penting sekali menjaga pintu masuk tetap bersih dan menarik. Bersihkan area ini, kamu bisa menyapu dan mengepel teras, tangga, lobi, dan lorong pintu masuk. Hias dan tempatkan keset yang baru. Lapisan cat yang baru juga akan membuat bagian rumah yang satu ini ‘mengundang’ hal-hal positif.

Ruang tamu

Konsentrasi berikutnya adalah ruang tamu, yang dianggap sebagai elemen api. Berdiri di pintu masuk ruang tamu dan mulailah dengan hal pertama yang kamu lihat. Bersihkan dan hiaslah ruang tamu. Dan pastikan ruang ini selalu rapi. Hal yang pertama kali terlihat di ruang tamu akan menetapkan nada untuk seluruh ruangan yang menyenangkan. Oleh karena itu, ruang tamu harus menginspirasi dan tidak berantakan.

Area yang baik dalam Feng Shui
Timur – energi kekayaan

Untuk 2017 ini, area ini dominan dengan unsur Tanah. Hindari elemen Api di bagian timur rumahmu. Namun, kamu boleh saja menggunakan elemen Kayu. Jadi, pastikan bahwa warna Api yaitu  merah, pink, oranye, dan kuning tidak berlebihan penggunaannya di sini.

Tenggara – kekayaan dan kemakmuran

Arah yang berpengaruh terhadap kekayaan dan kemakmuran berikutnya adalah tenggara. Karena unsur dominan di tahun ini adalah Api, hindari unsur Tanah seperti batu, tembikar, kristal, atau gambar pemandangan. Sebaliknya, gunakan elemen yang mendukung Api seperti Kayu, misalnya bunga-bunga segar dan dekorasi kayu. Untuk melipatgandakan keuntungan, perbanyak barang dekoratif sebanyak sembilan buah.

Timur laut – percintaan dan hubungan

Unsur yang dominan di zona ini pada 2017 adalah Kayu. Oleh karena itu, hindari dekorasi dengan unsur Api serta Logam Feng Shui yang akan menghancurkan unsur Kayu. Karena warna biru dan hitam memelihara unsur Kayu, wilayah Timur Laut di rumah bisa kamu hias dengan warna-warna ini. Selanjutnya, tanaman hijau, gambar destinasi wisata, atau gambar romantis, bisa jadi ide yang bagus  untuk area ini.

Utara – karir

Elemen Logam dominan di area ini. Oleh karena itu, gunakan warna-warna seperti putih dan abu-abu. Menggantung sebuah lonceng angin di area ini sangat cocok untuk mengundang keberuntungan dan nasib baik dalam hal karir di Tahun Ayam Api. Kamu juga bisa menggunakan unsur Feng shui Tanah untuk area ini. Atau, kamu bisa menempatkan koin China dan patung logam.

Tengah – keseluruhan kesuksesan

Area ini bertanggung jawab untuk membawa keberuntunagn dalam semua bidang kehidupan. Baik unsur Logam ataupun Air sangat baik untuk bagian Tengah tahun ini. Hindari warna dan elemen Api. Sebaiknya gunakan warna seperti hitam, biru, abu-abu charcoal, dan putih. Dekorasi air mancur dan kura-kura kepala naga dapat ditempatkan di sini. Kamu juga bisa menyimpan papan visi kamu, yang memperlihatkan apa tujuan kamu di 2017.

Area yang buruk dalam Feng Shui

Selatan – hindari nasib buruk

Beri perhatian khusus ke daerah ini karena mungkin bertanggung jawab untuk membawa nasib buruk. Jaga daerah ini setenang mungkin. Oleh karena itu, hindari pekerjaan konstruksi, renovasi, dan mesin-mesin yang bising di sini. Gunakan logam Feng Shui untuk menetralisir nasib buruk, misalnya enam koin China dapat ditempatkan di suatu sudut. Lemahkan elemen Tanah dengan menggunakan dekorasi semacam itu.

Barat – mempertahankan hubungan

Daerah ini berpengaruh terhadap munculnya rintangan dalam hubungan yang kamu jalani. Gunakan elemen Api untuk menetralisir energi negatif di sini. Hindari Feng Shui air seperti cermin, hindari juga Feng Shui Kayu dan Logam. Gunakan warna merah, ungu, kuning, dan oranye. Bentuk segitiga baik untuk area ini. Sedangkan elemen yang mengganggu dan renovasi dapat dihindari.

Barat laut – netralkan energi penyakit

Untuk menetralkan energi penyakit, gunakan elemen Logam di bagian rumah kamu dan hindari unsur Api. Kamu dapat menggunakan unsur Air secukupnya. Namun, ingat untuk menghindari menggunakan warna api seperti merah, ungu, kuning, pink, dan oranye.  Selain itu, hindari bentuk segitiga.

(Baca juga: Kota-kota di Indonesia dengan Perayaan Imlek Paling Meriah)

Barat daya – melindungi rumah

Untuk melindungi rumah, gunakan unsur Air di sini dan hindari elemen Tanag serta Api. Dekorasi berbentuk gajah biru dan badak mungkin akan memiliki pengaruh besar

Tips Feng Shui tambahan di Tahun Ayam Api adalah jaga rumah dan kantor tetap bersih dan rapi sebelum meninggalkannya. Hal ini akan memastikan energi positif kamu akan kembali. Jika mungkin, cat rumah kamu karena akan mengubah energi lingkungan.

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami