Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tips Menawar Harga Mobil Bekas

by Satrya Agung on 13 Oktober, 2016

mobil bekas murah - CekAja.com

Ketika hendak membeli mobil namun keuangan terbatas untuk membeli yang masih diplastikin alias baru, maka pilihannya adalah yang sudah bekas. Meski demikian, tentunya kita berharap mobil yang akan dibeli masih dalam keadaan baik.

Kemudian kendala selanjutnya adalah bagaimana caranya menawar harga mobil bekas sehingga kita bisa mendapatkan yang sesuai. Untuk informasi harga mungkin bisa kita dapatkan dengan mencari di mesin pencari google.

Namun apakah dengan data yang kita terima tersebut bisa membuat kita percaya diri saat berhadapan dengan penjual. Kita tahu, bagi seorang penjual pasti akan berusaha mendapatkan keuntungan yang sebesar mungkin dengan memberikan harga yang tinggi.

cekaja-pinjaman-tanpa-jaminan-kta-tanpa-agunan

Sedangkan di sisi lain mobil yang ditawarkan pun tidak sesuai dengan harga yang diberikan. Kalau kita tidak mempunyai bekal untuk menawar mobil tersebut maka proses tawar menawar ini akan menjadi canggung.

Agar kamu tidak mengalami kerugian karena mobil bekas yang kamu pilih ternyata tidak sesuai dengan harga yang dibayarkan, ada baiknya kamu menyimak beberapa tips di bawah sehingga kamu bisa menawar harga mobil bekas dengan tepat.

  • Langkah pertama sebelum kamu membeli mobil bekas adalah, kamu harus pastikan dulu model mobil apa yang ingin kamu beli. Baik itu merk dan versinya. Misal, mobil Honda Jazz tahun 2012. Dengan spesifik yang jelas seperti ini akan meminalisir kebingungan saat membeli dan juga perkiraan harga mobil tersebut di pasaran saat ini.
  • Datangi kawasan penjualan mobil bekas yang mana showroom-nya berjejer dan bersebelahan dengan penjual sejenis. Karena di kawasan seperti ini biasanya harga yang diberikan akan sangat kompetitif. Dengan persainan ketat maka para penjual tidak akan membandrol dagangan mereka dengan harga yang tidak masuk akal. Poin lainnya adalah kamu bisa leluasa memilih mobil yang sekiranya cocok dengan yang kamu impikan, dan satu lagi ternyata mobil bekas juga bisa kredit
  • Setelah menemukan jenis mobil yang kamu impikan, periksalah bodi mobil tersebut. Yang pasti pilih mobil yang bodinya bagus dan mendekati sempurna. Kamu bisa dengan melihatnya dari kejauhan baik dari depan, belakang, dan samping kiri kanan.
  • Bagian mobil yang sering mengalami benturan adalah belakang dan samping. Mobil yang pernah penyok akan direparasi dengan dempul. Dan kalau diketok dengan pelan akan menghasilkan suara yang khas.
  • Pandangan pertama itu penting. Sebaiknya jangan memilih mobil yang pada pandangan pertamanya saja sudah terlihat kekurangannya.
  • Pastikan bodi, tipe, dan cat mobil tersebut sudah kamu anggap ok. Kemudian barulah lanjut ke tahap penyeleksian selanjutnya.
  • Mintalah si penjual untuk menghidupkan mesin mobil, lalu dengarkan dengan seksama. Perhatikan apakah ada suara yang aneh atau memang terdengar aman. Kamu juga bisa membuka kap mesin untuk menelisik lebih jauh.
  • Jika sejauh ini kamu menemukan beberapa kekurangan, yang mana wajar pada produk yang sudah bekas, dan kamu masih anggap tidak masalah yang berarti maka lanjutkan pengecakan mobil tersebut. Jika yang terjadi hal sebaliknya, maka berpindahlah pada pedagang yang lain.
  • Masuklah ke dalam kabin dan teliti semua panel dan tombol yang ada apakah aktif atau tidak serta aksesoris di dalamnya. Jangan lupa periksa juga kerapian kabel-kabelnya. Kalau berantakan maka ada indikasi pernah dioprek-oprek dan dikhawatirkan akan menimbulkan masalah nanti.
  • Test ride! Ini sangat vital. Karena dengan test ride kamu bisa tahu apakah mobil tersebut bermasalah atau tidak. Salah satu cara pengecekan yang sederhana saat test ride adalah dengan melepaskan tangan dari kemudi saat berjalan. Jika ternyata mobil berubah haluan maka ada masalah pada spooring dan balancing.

Sekarang kamu sudah mempunyai bekal untuk melakukan tawar menawar. Dengan penemuan-penemuan tersebut kamu bisa tawar harga mobil bekas tersebut dengan angka yang menurut kamu sesuai. Dan kamu juga bisa mengajukan kredit kendaraan lho di sini. Selamat mencoba!

Permudah pembelian mobil impianmu dengan kredit mobil online di sini

Tentang Penulis

Satrya Agung

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami