Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Tips Mencegah Kebablasan Belanja saat Mengunjungi Midnight Sale Akhir Tahun

by Tisyrin on 13 Desember, 2016

Setiap akhir tahun, mal-mal di kota besar kerap menyelenggarakan midnight sale alias diskon gila-gilaan pada malam hari. Tak jarang, saat ajang midnight sale berlangsung, orang datang berbondong-bondong ke pusat perbelanjaan dan harus berdesak-desakan.

Kamu yang sudah menanti-nanti kehadiran midnight sale, coba perhatikan beberapa hal berikut ini ya sebelum belanja.

Apa benda yang benar-benar paling kamu butuhkan sekarang ini?

Belanja saat midnight sale bisa jadi lebih hemat karena kamu mendapatkan potongan harga hingga 80%. Sayangnya jika kamu belanja jor-joran tanpa melihat apa saja yang sebenarnya kamu butuhkan, kamu justru akan boros.

Membeli barang dengan mengikuti nafsu saja tentu punya risiko mulai dari mulai dari barang tak terpakai hingga belanja melebihi bujet dan kemudian mengandalkan kartu kredit padahal tak mampu membayarnya.

Sebelum mendatangi mal incaranmu, pikirkan baik-baik apa saja yang akan kamu beli, dengan syarat benda itu memang kamu butuhkan. Kalau perlu, catat daftar belanjamu. Saat tiba di lokasi belanja, upayakan fokus pada benda-benda yang tertulis pada catatanmu saja. (Baca juga: Susah Tidur? Ini Cara Atasi Insomnia Tanpa Perlu ke Dokter)

Bawa uang tunai ke tempat belanja, tinggalkan kartu debit di rumah

Setelah membuat daftar belanja, buatlah estimasi bujetnya. Hanya bawa uang tunai dengan jumlah sesuai bujet tersebut. Sebisa mungkin tinggalkan kartu debit dan kartu kredit di rumah. Namun, jika kamu ingin mencicil pembayaran barang belanjaanmu atau ingin merasakan promosi kartu kredit, kamu boleh membawanya asalkan mampu membayar tagihannya kelak ya.

Ajak orang terdekat yang bisa mengingatkan agar tidak kalap

Cara lainnya, belanjalah bersama orang terdekat yang tidak terlalu suka belanja. Jangan membawa orang yang suka belanja karena akan membuatmu semakin kalap. Orang terdekatmu akan mengingatkan ketika kamu mulai mengambil barang yang tidak terlalu kamu butuhkan.

cekaja-daftar-kartu-kredit-belanja-online-harbolnas-CekAja.com

Sebelum membeli, bandingkan dahulu

Saat menemukan barang yang tepat, jangan langsung membayarnya. Lirik dahulu outlet lain siapa tahu ada yang menawarkan barang dengan kualitas sama tetapi harganya tak jauh berbeda. Jangan menyesal setelah membeli. (Baca juga: Serba-serbi Gimmick Harbolnas yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Belanja Online)

Tentukan batas waktu belanja

Meski kamu harus membandingkan harga terlebih dahulu, tetapi bukan berarti kamu bisa belanja selama mungkin. Tetapkan batas waktu belanjamu agar kamu fokus mencari barang yang kamu butuhkan saja sehingga tidak kalap.

Ajukan kartu kredit yang berikan promo & diskon belanja bahkan cash back jutaan rupiah!

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami