Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tips Mencegah Kerugian KPR Tanpa DP

by Satrya Agung on 16 Juni, 2016

indent rumah _ KPR - CekAja.com

Melihat kondisi saat ini sepertinya hampir tidak mungkin jika membeli rumah tanpa menggunakan kredit pemilikan rumah (KPR). Namun apakah bisa jika menggunakan KPR tanpa DP?

Harga tanah dan properti yang semakin meningkat pun sangat menyulitkan orang untuk bisa membeli rumah secara tunai. Kredit pemilikan rumah pun pada umumnya selalu diawali dengan pembayaran dp atau uang muka. Namun kenyataan yang banyak ditemukan adalah masyarakat justru kesulitan menyiapkan dana untuk membayar dp.

Alasannya beragam mulai dari dana untuk dp yang belum ada hingga asumsi bahwa pihak bank meminta dp yang terlalu tinggi.

Apakah mungkin membeli rumah tanpa membayar uang muka ? Tentu saja mungkin, namun caranya memang terbilang cukup rumit dibandingkan dengan yang membayar dp terlebih dahulu. Masyarakat juga perlu mengetahui bahwa pembayaran uang muka itu sebenarnya lebih terjamin karena ada dana yang sudah dialirkan untuk mengikat transaksi penjualan.

Jika Anda termasuk orang yang kesulitan menyediakan uang untuk dp dan memiliki niat untuk membeli rumah tanpa dp, baiknya pahami dulu apa saja yang harus diketahui untuk mencegah kerugian KPR tanpa dp. Berikut beberapa tipsnya yang perlu diingat.

Pilih developer yang terpercaya

Kepercayaan memang hal penting yang perlu diperhatikan terkait transaksi jual beli, mengingat adanya uang dan dokumen penting yang terlibat di dalamnya. Persoalan membeli rumah tanpa uang muka yang mengikutsertakan developer ini juga tidak bisa sembarangan. Developer yang sudah berkembang biasanya sering menawarkan harga diskon kepada konsumen.

Terlebih lagi dengan adanya persaingan dari banyaknya developer yang hadir di lingkungan masyarakat, tentu masing-masing akan berlomba untuk mencari konsumen potensial yang mampu membeli rumah. Menyikapi hal tersebut, pilihlah developer yang sudah punya nama baik disertai dengan bukti konkret serta tidak ada sengketa dalam sejarah developer tersebut.

Anda juga bisa melakukan cek ke kantor pajak untuk membuktikan developer itu bisa dipercaya dan sah dalam menjalankan bisnisnya. Jangan mudah tergiur dengan adanya potongan harga yang mereka berikan, pastikan Anda memilih developer yang memang sudah terbukti jam terbangnya.

Menggunakan jasa notaris

Dengan menggunakan notaris, Anda harus mampu meyakinkan penjual rumah bahwa Anda serius untuk membayar rumah dalam jangka waktu yang ditentukan. Melalui cara ini, pembelian rumah tidak melalui developer. Untuk lebih meyakinkan dalam proses jual beli ini, maka jasa notaris digunakan untuk melakukan perjanjian cicilan rumah tanpa uang muka.

Dalam perjanjian tersebut bisa disepakati bahwa selama cicilan belum lunas maka sertifikat rumah masih atas nama penjual dan disimpan oleh notaris. Baiknya Anda juga perlu menjaga hubungan baik dengan penjual rumah agar kepercayaan dapat dibangun dan tidak ada rasa cemas selama proses cicilan berlangsung.

Apabila ingin menggunakan jasa notaris, maka sebagai gantinya Anda perlu menyiapkan dana untuk membayar notaris tersebut.

Hindari transaksi di bawah tangan

Meskipun saat ini transaksi di bawah tangan terbilang sudah sangat jarang dilakukan oleh masyarakat, namun ternyata masih ada beberapa orang yang begitu mudahnya melakukan cara seperti ini karena tidak memiliki pengetahuan yang cukup dalam persoalan jual beli rumah.

Mengambil rumah dengan dp nol persen bisa dipastikan memiliki kelemahan, apalagi jika dilakukan hanya dengan transaksi di bawah tangan. Hindari cara tersebut, baiknya datangi tempat yang memang khusus menangani prosedur ini seperti bank maupun developer.

Kpr tanpa dp memang bukan lagi hal yang mustahil untuk dilakukan, namun patut juga disadari apa yang menjadi kerugiannya. Setelah mengetahui tips tersebut, diharapkan Anda dapat lebih cermat dan waspada dalam proses pembelian rumah. Apapun transaksi yang dipilih, semoga tidak akan merugikan Anda untuk ke depannya.

Tentang Penulis

Satrya Agung

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami