Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Tips Mengatur Uang Buat Orangtua yang Punya Banyak Anak

by Rafly Aditia on 21 September, 2016

Ada pepatah mengatakan “banyak anak banyak rezeki”, tetapi sepertinya tidak semua orang setuju akan hal tersebut. Malah ada yang meyakini sebaliknya “semakin banyak ana,  maka semakin berat beban hidup,”.

Tunggu dulu, jangan langsung main ambil kesimpulan. Sebenarnya itu semua tergantung dari bagaimana kamu mengatur keuangan keluarga. Meski kamu punya banyak anak, keuangan masih bisa tetap stabil kok. Coba terapkan 9 tips mengatur keuangan buat orangtua yang punya banyak anak berikut ini:

Wariskan barang si kakak untuk sang adik

Pertama dan paling sering dilakukan oleh orangtua adalah menyimpan barang nak tertua diwariskan pada adik. Dibanding kamu beli barang baru setiap kali ada anggota baru di rumah, cara ini terbilang sangat membantumu menghemat.

Tapi ingat, hanya gunakan perlengkapan dan pakaian yang layak saja yah. Kalau sudah jelek dan tidak layak pakai, sebaiknya tidak perlu lagi digunakan.

(Baca juga: 5 Tip untuk Membantu Teman yang Sedang Kesulitan Keuangan Karena Utang)

Lebih baik olah makanan sendiri

Banyak orangtua sekarang yang serba instan. Terutama dalam hal konsumsi anak, tidak sedikit yang lebih memilih memberikan anak makanan instan. Padahal kalau kamu mau sedikit berusaha, makanan yang dibuat sendiri jauh lebih murah dan sehat.

Wajib asi dua tahun

Kalau yang satu ini sih sudah dicanangkan oleh pemerintah. Bagi para mama muda wajib untuk memberikan asupan asi selama dua tahun. Selain membuat si kecil makin sehat, hal ini juga mengirit pengeluaran untuk beli susu formula yang tidak murah harganya.

Harus punya asuransi jiwa

Sebagai orangtua, melindungi diri dengan asuransi jiwa adalah sebuah keharusan. Coba bayangkan kalau kamu atau pasangan yang menjadi tulang punggung keluarga mengalami kecelakaan hingga tidak bisa bekerja atau bahkan meninggal dunia? Apakah anak-anak tercinta harus merasakan kesulitan ekonomi? Dengan asuransi jiwa, kamu bisa menghindari risiko yang membuat masa depan anak terancam.

Ajak jalan-jalan ke museum

Rekreasi atau liburan memang penting, tak terkecuali buat kamu yang punya tiga anak atau lebih. Namun, kendala yang sering muncul adalah masalah biaya. Sebab, liburan dengan anggota keluarga yang banyak tentu tidak murah.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa pilih berbagai macam objek wisata gratis atau murah seperti museum. Selain murah, jalan-jalan ke museum bisa mengedukasi anak.

(Baca juga: Kamu Adalah Kelas Menengah Yang Susah Kaya Jika Punya 10 Pemikiran Ini)

Hemat listrik

Biaya listrik merupakan pengeluaran yang cukup membebani setiap keluarga. Maka dari itu, lakukan kebiasaan disiplin dalam penggunaan listrik. Misalnya, matikan lampu saat tidak dibutuhkan seperti siang dan tengah malam.

Selain itu, jangan terlalu sering menyalakan TV atau elektronik lain dalam waktu lama. Kalau kamu sudah menggunakan listrik secara efektif dan efisien, pasti bakal terasa manfaatnya ketika tagihan datang.

Arahkan anak untuk aktif dan ikut ekstrakulikuler di sekolah

Dibanding memasukkan anak ke tempat latihan kebugaran atau les musik berbayar, lebih baik arahkan dia untuk aktif di kegiatan ekstrakulilkuler sekolah. Coba semangati anak untuk mengembangkan diri lewat program sekolah tersebut. Kamu dan pasangan tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membiayai kegiatan di luar sekolah..

Belanja online bisa lebih murah

Dengan berkembangnya teknologi digital berbelanja tidak harus selalu pergi ke pusat perbelanjaan. Kamu bisa belanja secara online yang tentunya jauh menghemat biaya.

(Baca juga: Apakah Mungkin Hidup Bisa Lebih Bahagia Tanpa Banyak Uang?)

Hindari kecanduan merokok

Buat kamu yang merokok atau punya pasangan perokok, ingatlah pengeluaran untuk membeli rokok sebenarnya tidak sedikit dan jauh lebih bermanfaat kalau digunakan untuk konsumsi sehari-hari.

[wdig-hlt]

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.