Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Tips Mengejar Pahala Berbonus Badan Langsing Saat Ramadan

by Gentur Putro Jati on 7 Mei, 2019

Setiap tahun, pemeluk agama Islam selalu menjalankan perintah untuk berpuasa selama satu bulan penuh saat Ramadan tiba. Dengan berpuasa, kamu diharapkan bisa menjadi lebih sabar, dapat mengendalikan hawa nafsu, dan lebih mendekatkan diri kepada-Nya sampai Hari Kemenangan yaitu Idul Fitri tiba.

Namun, tidak sedikit orang yang memanfaatkan momentum bulan puasa untuk menurunkan berat badan. Jadi selain dapat pahala, para penggiatnya juga bisa mendapatkan bentuk tubuh yang lebih ideal.

Berikut adalah beberapa cara yang tepat dalam menurunkan berat badan selama Ramadan:

  1. Wajib sahur

Cara untuk menurunkan berat badan saat Ramadan bukan dengan melewatkan santap sahur. Dengan tidak sahur, bisa jadi kamu akan merasa kelaparan dan kalap untuk menyantap makanan saat berbuka puasa. Risiko tidak sahur lainnya bagi kesehatan adalah metabolisme tubuh menjadi lambat, akibat kandungan gula darah yang turun sehingga kamu merasa lemas sepanjang hari.

Daripada melewatkan sahur, lebih baik memilih menu yang tepat untuk disantap di pagi buta. Coba konsumsi putih telur rebus selama sahur serta hindari makanan-makanan berminyak yang digoreng, serta makanan yang terlalu asin karena akan membuat haus.

(Baca juga: Biar Kantong Gak Jebol, Begini Cara Kelola Pengeluaran Selama Ramadan)

Kamu juga bisa mengonsumsi bahan makanan yang memiliki karbohidrat tinggi seperti nasi merah, roti gandum, plus keju dan telur. Menu ini dapat menjaga kadar gula darahmu tetap stabil sehingga tidak mudah lapar saat puasa.

  1. Tetap olahraga

Siapa bilang orang yang berpuasa tidak bisa berolahraga? Kalau kamu memiliki waktu luang yang cukup untuk berolahraga di sore hari, mengapa tidak menggunakannya?

Kamu bisa berolahraga jalan cepat atau jogging selama 30 menit sebelum masuk waktu berkumandangnya azan magrib. Kamu juga bisa berjalan kaki ke masjid untuk tarawih bukan?

  1. Jangan kalap saat berbuka puasa

Lapar yang dirasakan di siang hari, kerap membuat seseorang kalap dalam menyantap makanan saat waktu berbuka puasa tiba. Kalau sudah kalap begini, sudah jelas cita-cita untuk memiliki tubuh langsing saat Idul Fitri bisa sirna.

Berbukalah secukupnya dengan makanan ringan yang seimbang seperti yang dilakukan Nabi Muhammad SAW. Rasulullah selalu membatalkan puasa dengan beberapa buah kurma dan minuman hangat secukupnya.

Kurma mengandung gula alami yang dibutuhkan tubuhmu dan dapat diserap dengan cepat. Selain itu, kalau mau menikmati makanan yang segar kamu bisa memilih salad sayur atau buah-buahan.

  1. Salat magrib dulu, jangan langsung makan

Sebagian orang memilih untuk menghabiskan menu makan malamnya dahulu dan mengesampingkan kewajiban untuk salat magrib. Jika kamu meniatkan salat dalam kondisi perut yang terisi penuh, bisa jadi kamu malah ngantuk dan kebablasan.

Selain itu ingat bahwa saat puasa metabolisme tubuhmu melamban, jadi dengan mendahulukan salat artinya kamu juga memberi waktu bagi pencernaan untuk beradaptasi.

  1. Hindari sirup dan gorengan

Iklan sirup yang kamu saksikan di televisi memang menggiurkan. Selama tidak berlebihan mengonsumsinya, alias hanya satu gelas per hari, mengapa tidak? Sisanya isi lambung kamu dengan memperbanyak air putih.

Aktivitas minum delapan gelas air putih sehari juga masih bisa kamu lakukan saat puasa, yaitu dua gelas saat berbuka, empat gelas di malam hari, dan dua gelas saat sahur.

Hindari juga mengkonsumsi gorengan yang biasanya selalu wajib tersaji di meja makan, sebelum azan magrib berkumandang. Kamu tentu sudah paham kerugian bagi kesehatan jika mengonsumsi gorengan bukan?

Itu tadi beberapa tips menurunkan berat badan sambil meraup pahala selama ramadan. Semoga puasa kamu lancar sampai datangnya Hari Kemenangan.

(Baca juga: Tradisi Sambut Ramadan, Makan Daging Hingga Mandi untuk Menyucikan Diri)

Jika kamu berencana untuk mudik ke kampung halaman, jangan lupa untuk mengajarkan saudara kamu di kampung tips tersebut ya.

Selain itu lindungi diri dan keluarga tercinta dengan asuransi perjalanan atau asuransi kecelakaan sebelum mudik, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Ego in debitum, ergo sum