Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Tips Mengendarai Mobil Bersama Bayi yang Aman dan Anti Rewel

by Ayunindya Annistri on 1 Maret, 2020

Berkendara sambil mengajak buah hati memang bukan perkara mudah. Selain takut rewel, kamu juga harus meningkatkan kewaspadaan dengan cara fokus menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan lalu lintas. Maka dari itu, CekAja bakal berbagi info seputar tips mengendarai mobil bersama bayi yang tentu saja aman dan bisa kamu tirukan.

tips mengendarai mobil bersama bayi

Berapa Usia Ideal Bayi Bisa Diajak Bepergian?

Sebagian orang tua mungkin tak masalah bila mengajak si kecil bepergian meski usianya belum menginjak 3 bulan. Namun ada pula yang menentang pemahaman ini karena anggapan takut tertular penyakit berbahaya.

Hal tersebut tidaklah salah sebab menurut sebuah penelitian, daya tahan bayi yang masih rentan memungkinkan ia tertular penyakit kulit, demam, gangguan pernapasan, atau bahkan diare.

Idealnya memang bayi yang ingin diajak bepergian adalah usia diatas 3 bulan baik dengan menggunakan mobil atau transportasi lainnya. Usahakan untuk selalu membawa perlengkapan seperti mainan, makanan dan camilan bayi, kotak P3K lengkap dengan obat-obatan, selimut kecil, hingga baju serta popok untuk buah hatimu.

(Baca Juga: Lindungi Si Kecil Sejak Dini Dengan Asuransi Untuk Bayi)
Tips Mengendarai Mobil Bersama Bayi

Meski terlihat mudah namun sebetulnya mengendarai mobil sambil mengajak bayi itu sulit. Sebab diperlukan tingkat kewaspadaan yang tinggi khususnya bagi si pengemudi untuk menghindari berbagai risiko kecelakaan yang kerap mengintai saat perjalanan.

Terlebih bila bayi tiba-tiba rewel dan mau tak mau kamu harus memangkunya sambil mengemudi, dengan harapan agar si kecil tenang. Padahal cara ini sangat tidak dianjurkan dan justru membahayakan keselamatan.

Maka dari itu, diperlukan pemahaman lebih seputar tips mengendarai mobil bersama bayi. Ini dimaksudkan agar perjalanan yang dilakukan aman serta bayi pun tak akan lagi rewel. Dan berikut CekAja berikan tipsnya seperti yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Beri asupan makanan terlebih dulu

Hal mendasar dalam tips mengendarai mobil bersama bayi yang perlu kamu tirukan adalah selalu berikan asupan makanan seperti menu pendamping ASI sebelum bepergian.

Pasalnya bila kamu baru memberikan makanan di dalam mobil, kondisi tak terduga seperti bayi tersedak bisa terjadi karena kondisi jalan yang tidak rata atau tiba-tiba saja mengerem.

2. Child seat sebaiknya menghadap ke belakang

Mungkin awalnya terdengar aneh, namun memang disarankan child seat yang digunakan oleh bayi dengan berat 9 kg atau paling tidak berusia sampai 2 tahun menghadap ke bagian belakang.

Dengan penggunaan child seat menghadap ke belakang, bagian tubuh seperti kepala, leher, dan tulang punggung tetap tersangga dengan baik meski mobil berhenti secara tiba-tiba atau bahkan kecelakaan.

3. Jangan menempatkan bayi di kursi depan samping pengemudi

Tips mengendarai mobil bersama bayi berikutnya yang wajib kamu terapkan adalah tidak menempatkan bayi di kursi depan samping pengemudi. Ini merupakan upaya untuk menghindari kantung udara yang biasanya keluar dan mengembang setelah benturan keras saat kecelakaan terjadi.

Karena bila kantung udara mencapai kursi penumpang dan si kecil diletakan pada bagian depan, beberapa kondisi fatal seperti cedera hingga kematian bisa saja terjadi. Untuk itu sebaiknya tempatkan bayi pada kursi penumpang bagian belakang, dengan menggunakan baby car seat.

4. Kenakan pakaian yang nyaman dan bawa selalu selimut

Adalah wajib hukumnya untuk memberikan pakaian yang nyaman digunakan pada bayi. Tujuannya tak lain agar saat berkendara dengan mobil, bayi tetap tenang tanpa rewel sekalipun. Berikan bayi pakaian yang cukup longgar seperti t-shirt dengan bahan katun ataupun serat alami.

Tidak lupa pula untuk membawa selimut kecil bila perjalanan yang dilakukan melewati jam tidur siangnya. Ini termasuk tips mengendarai mobil bersama bayi yang tak kalah pentingnya selain menggunakan baby car seat.

5. Bawa camilan ringan agar ia tak bosan

Terkadang selama di perjalanan, kamu bakal menemukan macet yang tak jarang membuatmu harus berlama-lama di mobil. Kondisi seperti ini tentu saja bakal membuat buah hatimu juga tidak merasa nyaman.

Maka dari itu, penting untuk kamu menerapkan tips mengendarai mobil bersama bayi yang satu ini, di mana kamu wajib membawa berbagai camilan ringan khusus bayi agar ia tak merasa bosan.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan buah hatimu mainan seperti buku kain, boneka, dan teether supaya ia tidak lagi rewel selama perjalanan.

(Baca Juga: 5 Cara Aman Menggunakan Car Seat untuk Bayi)
6. Gunakan baby car seat

Sabuk pengaman atau safety belt memang tersedia di mobil. Namun ukurannya enggak bisa untuk digunakan oleh bayi. Makanya kamu butuh baby car seat untuk bayimu.

Pemilihan baby car seat sendiri juga tak bisa dilakukan sembarangan. Jika salah memilih justru membahayakan keselamatan bayi. Sebaiknya pilih baby car seat berdasarkan ukuran, yang mana untuk berat hingga 10 kg, dapat digunakan oleh buah hatimu sampai ia berusia 9 bulan.

Kamu juga bisa menggunakan baby car seat berjenis infant-capsule. Jenis ini sangat cocok dipakai untuk bayi yang baru lahir hingga menginjak usia 6 bulan. Ada pula jenis convertible seat yang dapat digunakan oleh si kecil dengan berat tubuh hingga 36 kg.

Bagaimana, sangat mudah bukan menerapkan tips mengendarai mobil bersama bayi? Mengenai pembelian baby car seat dengan kualitas yang bagus, gunakan saja kartu kredit. Karena ada banyak penawaran berupa cashback atau bahkan potongan harga bila menggunakannya.

Tidak punya kartu kredit? Tenang saja! Kamu bisa mengajukan pembuatan kartu kredit dari berbagai mitra bank hanya di CekAja.com. Yuk, apply sekarang dan dapatkan sejumlah promo menarik yang menguntungkan khusus untuk kamu.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau