Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tips Mengepak Ransel untuk Traveling Jangka Panjang

by Ariesta on 28 Januari, 2016

Packing untuk traveling dapat menjadi momen yang menyenangkan karena kita bisa sambil membayangkan apa yang akan kita lakukan di tempat tujuan. Namun bagi sebagian orang, packing justru mengesalkan karena membutuhkan ketelitian dan pertimbangan yang banyak.

Packing yang salah dapat menghancurkan liburanmu. Apalagi jika kamu seorang backpacker sejati yang membawa ransel dengan barang bawaan sedikit. Kalau kamu seorang backpacker dan berencana traveling jangka panjang, ini tips mengepak ranselmu.

1. Pilih ransel yang tepat

Traveling jangka panjang tentu membutuhkan ransel yang nyaman. Kunci memilih ransel nyaman adalah berat dan ukuran yang sesuai tubuh sehingga ransel tidak melorot dari bahu. Sekarang ini ransel sudah semakin canggih dengan bentuk yang disesuaikan kebutuhan.

(Baca juga: Kondisi Tidak Menyenangkan yang Butuh Perlindungan Ketika Liburan)

Pilih yang memiliki tali punggung empuk dan punya sirkulasi udara yang baik di bagian punggung. Jangan lupa juga untuk membawa cover ransel anti air.

Berikut panduan memilih ukuran ransel sesuai lamanya perjalanan.

1-3 malam : 35-50 liter

3-5 malam : 50-80 liter

Lebih dari 5 malam : minimal 70 liter atau lebih besar

2. Bawa pakaian sesuai tujuan dan sesuai kebutuhan

Katakanlah kamu akan mengelilingi Asia Tenggara selama satu bulan, ini pakaian yang sebaiknya kamu bawa : Kaos (3), kemeja (1), celana pendek (1), celana panjang (1), jaket (1), kaus kaki (4). Untuk travel wanita juga bisa membawa dress berbahan ringan jika bosan difoto menggunakan kaos.

Kamu yang tidak ingin ribet dan malas mencuci bisa membeli pakaian dalam sekali pakai. Tips lainnya adalah membawa kain pantai karena bisa berfungsi sebagai handuk, syal, alas di pantai, atau bahkan rok untuk traveler wanita. Semua pakaian yang dibawa harus menyerap keringat, berbahan ringan, dan cepat kering.

3. Alat mandi dan obat-obatan pertolongan pertama

Tempatkan sabun, sampo, sikat gigi, pasta gigi, dalam wadah anti air. Jangan sepelekan obat-obatan pertolongan pertama karena kamu tidak akan tahu apa yang akan terjadi di perjalanan. Oleh karenanya, betadine dan plester harus selalu kamu bawa. Obat-obatan pribadi seperti parasetamol, obat diare, obat masuk angin, obat anemia, dan vitamin jangan sampai ketinggalan.

4. Gadget

Traveling di zaman sekarang tak lengkap tanpa update di media sosial. Jangan lupa untuk mengepak adaptor universal, dan charger untuk ponsel, kamera, maupun tablet.

(Baca juga: Aplikasi Gratis di Smartphone yang Wajib Dimiliki Traveler Kalau Mau Keliling Dunia)

5. Cara mengepak

Pertama, gulung semua kaos dan kemejamu lalu ikat dengan karet agar gulungan tidak lepas. Pakaian yang digulung tidak akan mudah kusut sehingga siap pakai tanpa disetrika. Cara ini juga bisa menghemat tempat di ransel. Letakkan kaos, kemeja, dan kaos kaki di bagian dasar ransel.

Kedua, tempatkan sepatu, sandal, kamera, tablet, di tengah ransel.

Ketiga, tempatkan celana dan jaket di bagian atas untuk memberikan struktur pada ranselmu. Selebihnya, gunakan ruang yang ada untuk menaruh benda-benda kecil.

(Baca juga: Wisata Peninggalan Perang di Asia yang Wajib Kamu Kunjungi, Sedikit Menyeramkan Lho)

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami