Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

Tips Mengetahui Harga Mobil Bekas yang Pas di Kantong

by lhmdi on 20 Juli, 2017

mobil bekas murah_kredit kendaraan - CekAja.com

Harga mobil bekas atau mobil second yang relatif terjangkau tentunya menjadi buruan banyak masyarakat yang sedang mencari kendaraan namun dengan harga yang pas di kantong.

Rata-rata, mobil bekas (mobkas) ini diburu masyarakat menjelang momen-momen tertentu. Tujuannya pun beragam. Jika di saat Lebaran, biasanya digunakan untuk keperluan mudik.

Namun, meskipun mobkas diburu banyak masyarakat menjelang momen-momen tersebut, harga mobil second atau bekas biasanya akan relatif turun setelahnya. Penurunan harga juga biasa terjadi saat awal tahun. Pasalnya mobil akan lebih murah karena akan bersaing dengan promosi mobil baru dari berbagai produsen otomotif yang baru saja mengeluarkan versi terbaru.

Sementara itu, usai lebaran, masyarakat cenderung tidak lagi menjadikan pembelian mobil sebagai salah satu prioritas kebutuhannya. Sehingga diler mobil bekas pun ikut menawarkan mobil bekas yang tersimpan dengan harga yang lebih murah. Beberapa mobil yang paling laris diburu diantaranya adalah mobil dengan jenis multi porpose vehicle. Berikut adalah tip dan daftar harga mobil bekas yang bisa diburu.

Harga Mobil Bekas Toyota Paling Diburu

mobil mpv vs mobil sedan _ kredit kendaraan bermotor - CekAja.com

Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, mobil dengan jenis multi porpose vehicle adalah kendaraan bekas yang paling banyak dicari. Seperti yang kita ketahui multi porpose vehicle atau disingkat dengan MPV, merupakan jenis kendaraan roda empat yang mampu mengangkut banyak penumpang, atau dikenal juga dengan istilah “mobil untuk keluarga”

Keuntungan dari mobil ini adalah ukurannya lebih besar dibandingkan dengan mobil sedan dan yang paling penting mampu mengangkut maksimal tujuh penumpang.  Hal ini masih ditambah dengan kemampuan bagasinya yang dapat dimaksimalkan untuk mengangkut barang-barang perlengkapan untuk keperluan mudik misalnya.

Jika bicara MPV dari Toyota, maka nama Toyota Avanza akan sangat familiar. Mobil bekas Toyota inilah yang paling banyak diburu oleh masyarakat menjelang lebaran hingga usai lebaran.

Sebagai contoh, mobil Toyota Avanza G keluaran tahun 2005 bahkan dijual dengan harga dibawah Rp 100.000.000. Melihat harganya yang sangat murah, tentunya tidak jarang pula membuat banyak masyarakat tergiur untuk memilikinya.

Tips Mengetahui Harga Mobil Bekas yang Pas di Kantong

Dana sudah siap, keinginan memiliki mobil bekas sudah mantap. Sekarang saatnya menentukan cara untuk mengetahui harga mobkas yang sesuai dengan dana yang dimiliki.

Bagi kamu yang sedang mencari mobil bekas, khususnya seusai lebaran, beberapa tips berikut ini sebaiknya dijalankan agar kamu mendapatkan gambaran berapa biaya yang dikeluarkan untuk membeli mobkas yang kamu cari.

  1. Temukan informasi sebanyak mungkin

kesalahan mengendarai mobil-CekAja.com

Saat ini banyak diler yang secara offline atau daring (online) yang meawarkan berbagai macam mobil bekas. Nah! Disinilah tugas kamu mencari sebanyak mungkin informasi tentang beragam harga mobil bekas.

Misalnya, jika kamu mencari berapa kisaran harga mobil second atau mobkas Jakarta, kamu bisa berkunjung ke diler mobil yang ada di sekitar Jakarta. Begitu pula jika kamu mencari mobil bekas secara online pastikan juga untuk mencari yang sesuai dengan lokasi yang diinginkan.

  1. Nego dulu sebelum beli

beli mobil bekas mudik-CekAja.com

Agar mendapatkan harga mobil bekas yang sesuai dengan kantong kita, kamu juga bisa melakukan trik negoisasi yang tepat. Salah satunya adalah memilih waktu ketika pihak diler  sedang berpromosi atau menjelang akhir bulan. Apalagi, jika setelah lebaran, tidak jarang pihak diler yang menyajikan harga yang rendah ketika akan menjual mobil.

Nah! Inilah waktu yang tepat untuk membuktikan bahwa negoisasi bisa menjadi salah satu trik dalam membeli mobil bekas. Misalnya, kamu bisa bernegoisasi kepada pihak diler untuk menurunkan uang muka pembelian mobil bekas.

Apalagi rata-rata pihak diler mobil bekas biasanya akan sangat fleksibel dalam memberikan harga atau uang muka untuk penjualan mobil bekas yang ditawarkan. Sebagai contoh, ketika uang muka pembelian mobil yang biasanya berada di angka Rp 30.000.000 bisa turun menjadi Rp 25.000.000.

  1. Tawar lagi harganya

mobil murah _ kredit mobil - CekAja.com

Selain bernegoisasi tentang uang muka, bagi kamu yang ingin membeli mobil secara tunai, dapat melakukan proses tawar menawar. Proses ini biasanya akan sering terjadi antara calon pembeli dengan

pihak diler atau pemilik mobil sebelumnya. Misalnya, pihak diler atau pemilik mobil menawarkan mobil bekas mereka dengan harga Rp 145.000.000.

Kamu bisa menawarkanya dengan harga yang lebih ringan yaitu di angka Rp 138.000.000 hingga Rp 140.000.000 untuk pembelian mobil yang akan dilakukan secara tunai. Cara ini mungkin bisa efektif karena pihak diler tentunya menginginkan mobil yang mereka jual dapat laku dengan cepat.

  1. Tanyakan menu penawaran atau potongan harga

beli mobil_kredit kendaraan - CekAja.com

Trik berikutnya yang bisa kamu coba adalah menanyakan penawaran khusus atau apabila pihak diler memiliki penawaran potongan harga.

Misalnya, kamu bisa bertanya apakan ada penawaran menarik dari diler seperti bonus atau hadiah langsung, potongan harga jika dibeli secara kredit hingga kemudahan dalam urusan perawatan

Jika membeli mobil bekas di beberapa diler biasanya akan dilengkapi dengan berbagai macam penawaran spesial untuk calon pembeli. Jadi jangan ragu untuk bertanya tentang “daftar menu” yang disiapkan oleh para diler dalam menjual mobil-mobil bekas mereka.

  1. Siapkan DP untuk mobil bekas kredit

tips pilih mobil mudik - CekAja.com

Jika kamu memiliki dana yang cukup, membeli mobil bekas tentunya cukup mudah dilakukan karena pembayaran bisa dilakukan secara tunai. Namun, bagaimana jika kamu berniat membeli mobil bekas secara kredit? Sebagai persiapan awal, jangan lupa untuk menyiapkan dana sebesar 20% untuk uang muka atau Down Payment.

Down Payment atau dikenal juga dengan singkatan DP ini nantinya bisa disesuaikan juga sebagai tambahan uang muka sehingga jumlah cicilan per bulan tidak membebani keuangan kamu.

Selain itu, pihak diler biasanya juga akan memberikan nilai harga yang fleksibel, apalagi untuk mobil bekas, sehingga kamu akan mengeluarkan uang yang tidak terlalu besar akan membelinya secara kredit.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.