Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Tips Menggelar Resepsi Pernikahan Aman di Musim Hujan dan Corona

by Anes Saputra on 18 Maret, 2020

Kalau mengikuti pelajaran zaman dahulu, seharusnya sesudah bulan Februari sudah tidak musim hujan dan bagi kamu yang ingin mengadakan pernikahan di luar ruangan pada musim ini seharusnya sudah aman dari hujan. Namun sayangnya, hal itu tidak bisa diprediksi lagi pada hari-hari ini.

persiapan menikah

Pemanasan global telah membuat musim hujan dan musim kemarau di Indonesia sangat sulit diprediksi. Oleh karena itu sangat penting sedia payung sebelum hujan, bagi kamu yang ingin menyelenggarakan pernikahan di musim hujan, terutama dengan tema outdoor alias di luar ruangan.

Belum lagi, belakangan Indonesia dihantam wabah Virus Corona alias COVID-19, bisa jadi banyak diantara tamu undangan yang mengurungkan niatnya untuk hadir demi alasan keamanan dan Kesehatan diri serta keluarganya.

Berikut adalah beberapa tips untuk menyelenggarakan resepsi pernikahan yang aman di tengah musim hujan dan badai Corona:

  1. Sediakan Makanan dan Minuman yang Tepat

Makan dan minum adalah dua hal yang amat penting bagi tamu saat datang ke acara pernikahan. Apalagi bagi kamu yang ingin melakukan pernikahan outdoor di musim penghujan, kamu tentu ingin mendapat pujian makanan enak meski hujan turun.

Upayakan menyediakan makanan yang cocok dengan musim penghujan, misalnya dengan minuman dan makanan hangat.

Bakso menjadi salah satu makanan yang amat digemari dan juga cocok kalau pernikahan kamu diguyur hujan. Meski jarang, sediakan pula minuman hangat yang semoga juga bisa makin menghangatkan acara pernikahan kamu.

(Baca juga: Obat Alami Untuk Menangkal Virus Corona, Mulai dari Bawang hingga Jahe)

Di tengah isu Virus Corona, tidak ada salahnya juga menyediakan minuman tradisional seperti jahe merah yang disebut-sebut bermanfaat untuk mencegah serangan virus tersebut.

  1. Dress Code Nyaman

Meski hujan bukan menjadi bagian dari acara kamu, ada baiknya menyiapkan juga para tamu untuk bisa mengantisipasi hal ini, apalagi kalau sedari awal acara kamu di luar ruangan.

Beritahu para tamu kalau acaramu adalah outdoor dan acaranya dilakukan kala musim hujan, sehingga ada baiknya menggunakan sepatu yang nyaman dan bukan yang berhak tinggi (heels) terutama bagi perempuan.

Tidak usah khawatir, saat ini banyak pengantin yang sengaja menggunakan boot ataupun sneakers sebagai alas kaki pernikahan. Para tamu tentu akan makin senang kalau tidak harus menggunakan sepatu yang terkesan formal seperti heels dan pantofel bagi pria.

Selain alas kaki, para tamu wanita juga bisa menyesuaikan agar menggunakan gaun yang tidak terlalu menjuntai ke lantai atau pun rok yang membuat mereka sulit bergerak.

  1. Siapkan Banyak Tenda dan Payung

Memasang tenda di area outdoor sudah pasti akan membantu banyak kala hujan yang turun. Setidaknya makanan yang tersedia dan para tamu undangan tetap aman dari hujan yang turun, selain itu acara juga bisa tetap berjalan tanpa perlu khawatir akan kehujanan.

Beruntung jika di tempat pernikahan kamu memiliki area yang semi outdoor. Sehingga area indoor yang ada bisa kamu manfaatkan untuk antisipasi dari hujan yang turun.

Ditambah lagi, sediakan payung dalam jumlah besar agar tamu undangan bisa langsung menggunakannya saat hujan turun. Cuaca yang susah diprediksi memang bisa bikin deg–degan pengantin, namun mempersiapkan segala sesuatunya akan jauh lebih baik.

Payung ini juga bisa dijadikan dekorasi yang manis kalau tidak terjadi hujan dengan cara digantung di langit-langit seperti banyak lokasi Instagramable kekinian.

  1. Komunikasi yang Baik dengan Wedding Organizer

Kalau kamu menggunakan wedding organizer (WO) pastikan untuk berkomunikasi dengan jelas mengenai musim hujan tersebut, sehingga hal ini bisa diantisipasi jauh-jauh hari, dengan berbagai persiapan.

Saat hujan, air rembesannya sering jadi hal yang mengkhawatirkan karena takut baju atau sepatu jadi kotor. Kamu disarankan untuk menyewa wooden floor.

Selain itu, bahas juga mengenai busana pengantin, tamu memang penting, namun sebagai raja dan ratu sehari kenyamanan pengantin juga sangat penting.

Untuk pengantin wanitanya disarankan untuk mengenakan gaun yang simple dan tidak ribet. Kenakan baju yang nyaman agar kamu lebih mudah bergerak.

  1. Berpikiran Positif

Konon hujan adalah berkah, namun jadi momok bagi pengantin di hari pernikahan. Meski begitum cobalah untuk selalu berpikiran positif sebab, sukses tidaknya suatu acara sebenarnya tidak hanya bergantung dari cuaca tapi dari pikiran positif juga.

Cuaca memang sulit untuk diprediksi, jadi selain banyak berdoa cara lainnya adalah dengan berpikir positif. Jangan jadikan hujan menjadi suatu kekhawatiran yang berlebih, malah sebenarnya rintik hujan yang turun bisa menambah suasana menjadi lebih hangat dan juga romantis.

Apalagi kamu sudah menentukan hari tersebut sebagai hari baikmu, jadi cobalah untuk menikmatinya, kalau kamu bahagia, tentu tamu yang datang pun akan turut berbahagia.

  1. Siapkan plan B

Kalau kamu kesulitan menemukan pengelola gedung yang bersedia menyelenggarakan pesta pernikahan kamu akibat merebaknya Virus Corona.

Atau sudah banyak teman-teman dan keluarga yang menginformasikan ke kamu kalau mereka tidak bisa memenuhi undangan menghadiri resepsi pernikahan kamu, jangan berkecil hati apalagi sampai bersedih.

(Baca juga: Jangan Panik! Ini Asuransi Di Indonesia Yang Mengcover Virus Corona)

Di tengah kondisi sulit seperti sekarang ini, kamu dan pasangan harus memahami apabila mengalami hal tersebut demi kebaikan dan keselamatan bersama.

Jika tanggal telah ditetapkan, kamu bisa beralih ke plan B dalam menggelar resepsi pernikahan kamu secara kecil-kecilan. Misal, hanya melakukan ijab kabul pernikahan kamu di rumah atau masjid terdekat dengan disaksikan orang tua dan keluarga inti saja. Itu saja sudah cukup serta sah menurut agama dan negara.

Toh, kamu masih bisa menyelenggarakan pesta resepsi pernikahan setelah situasi kondusif dan virus Corona enyah dari Indonesia.

Agar persiapan pernikahan kamu lancar, pastikan kamu memiliki dana yang cukup. kamu bisa meminjam dana melalui layanan pinjaman online JULO karena sangat  mudah dan terjangkau.

Ditambah lagi, hanya dengan aplikasi dengan inovasi dalam seleksi risiko kredit dengan menggunakan teknologi big data, machine learning & algoritma mutakhir untuk menguji kelayakan kredit kamu. Ditambah lagi, bunga yang ditawarkan juga rendah dan memastikan data yang kamu input tersimpan aman.

Cara mengajukan pinjaman online JULO

Cepat dan mudah merupakan proses yang disiapkan untuk  mensyarakat untuk mendapatkan pinjaman online dari JULO. Caranya?

  1. Download aplikasi dan lengkapi data JULO melalui CekAja.com
  2. Pilih produk pinjaman sesuai dengan kebutuhan, lalu lengkapi formulir pengajuannya.
  3. Verifikasi dan terima pinjaman yang telah kamu ajukan sesuai kebutuhan.
  4. Cicil sesuai jangka waktu yang telah disepakati.

 

Tentang Penulis

Anes Saputra

Artikulasi Sinekdoke